Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANK SIZE RULE RANK SIZE RULE (RSR): Cara mengukur besar kota di dalam satu wilayah propinsi/negara. RSR menyatakan bahwa besar suatu kota dapat diperhitungkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANK SIZE RULE RANK SIZE RULE (RSR): Cara mengukur besar kota di dalam satu wilayah propinsi/negara. RSR menyatakan bahwa besar suatu kota dapat diperhitungkan."— Transcript presentasi:

1 RANK SIZE RULE RANK SIZE RULE (RSR): Cara mengukur besar kota di dalam satu wilayah propinsi/negara. RSR menyatakan bahwa besar suatu kota dapat diperhitungkan secara sederhana dengan hanya mengetahui besar jumlah penduduk suatu kota dibandingkan dengan jumlah penduduk yang terbesar.

2 RUMUS RANK SIZE RULE Dengan rumus sederhana bisa dengan mudah diketahui penduduk kota nomor berapa yang diinginkan. Pn = P1. Rnˉ¹ Pn : jumlah penduduk kota yang dihitung P1: jumlah penduduk kota terbesar (no.1) Rn: Rank kota yang akan dicari Contoh: mencari kota no. 3 di Jatim Penduduk kota no.1 jumlahnya Maka penduduk kota no. 3: P3 = P1.3ˉ¹ = x 1/3 =

3 INTERMEDIATE CITIES Brian Berry telah menemukan perbedaan antara kota-kota di negara-negara maju dengan kota-kota di negara-negara sedang berkembang. Kota-kota di negara-negara maju tidak menunjukkan perbedaan jumlah penduduk yang menyolok antara kota nomor satu dengan kota nomor 2 dan 3 (INTERMEDIATE CITIES)

4 Kota Utama/Prima (Primate City) Sedangkan kota-kota di negara sedang berkembang jumlah penduduk kota nomor 2 atau 3 sangat kecil kalau dibandingkan dengan kota nomor 1. Kota nomor 1 yang sangat besar penduduknya tersebut disebut Kota Utama/Prima (Primate City)


Download ppt "RANK SIZE RULE RANK SIZE RULE (RSR): Cara mengukur besar kota di dalam satu wilayah propinsi/negara. RSR menyatakan bahwa besar suatu kota dapat diperhitungkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google