Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN KOTA 1.Pengertian kota dihubungkan dengan fungsi kota. 2.Pengertian kota berkait dengan hukum. Misal, Kota administratif 3.Pengertian kota dikaitkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN KOTA 1.Pengertian kota dihubungkan dengan fungsi kota. 2.Pengertian kota berkait dengan hukum. Misal, Kota administratif 3.Pengertian kota dikaitkan."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN KOTA 1.Pengertian kota dihubungkan dengan fungsi kota. 2.Pengertian kota berkait dengan hukum. Misal, Kota administratif 3.Pengertian kota dikaitkan dengan angka. Misal, yang dilakukan BPS. 4. Pengertian kota ditinjau dari Sosiologi.

2 1. PENGERTIAN KOTA DILIHAT DARI FUNGSI Kota adalah merupakan integrasi fungsional dari elemen-elemen (indikator2) yang konkrit kota, seperti pemukiman,transportasi, instalasi, dan lain-lain.

3 2. PENGERTIAN DIKAITKAN DENGAN HUKUM Kota adalah suatu daerah yang ditetapkan sebagai kota berdasarkan produk hukum, seperti peraturan pemerintah, Undang- undang. Salah satu contoh konkrit di Indonesia, adalah kota administratif.

4 3. PENGERTIAN KOTA DIKAITKAN DENGAN ANGKA Definisi kota berdasarkan angka statistik penduduk. Misalnya yang dilakukan BPS. Tahun 1961 dan 1971, yang disebut Kota: 1. Jakarta, Semua ibukota propinsi, ibu kota Kab./Kodya. 2. Tempat2 yang berpenduduk orang atau lebih, tetapi memiliki fasilitas modern. Tahun 1980, yang disebut, Kota: 1. Unit-unit desa yang kepadatan penduduknya 5000 orang / km2 2. kurang dari 25% penduduknya bekerja disektor pertanian. 3. memiliki 8 dari 13 fasilitas modern

5 13 FASILITAS MODERN: 1. Jalan yang dilalui kendaran umum bermotor. 2. SD 3. SMP 4. SMA 5. Gedung Bioskop 6. Rumah sakit 7. BKIA Rumah Bersalin 8. Puskesmas, Klinik/Balai Pengobatan 9. Pesawat Telepon/kantor pos 10. Bank 11. Pasar dengan bangunan 12. Pabrik 13. Kelompok pertokoan yang terdiri dari 10 toko

6 4. PENGERTIAN KOTA SECARA SOSIOLOGIS. Menurut Sombart, kota adalah tempat yang menjadi luas dimanaan penduduknya tidak saling mengenal.. Menurut Sorokin dan Zimmerman, menguraikan delapan ciri kota yang membedakan dengan desa: 1. Pekerjaan 2. Lingkungan 3. Besar masyarakat 4. Kepadatan penduduk 5. Heterogenitas/homogenitas penduduk 6. Diferensiasi dan startifikasi penduduk 7. Mobilitas 8. Sistem Interaksi

7 Sebenarnya perkataan kota dalam Bahasa Indonesia mempunyai beberapa arti, yaitu: 1. dinding (tembok) yang mengelilingi benteng (tempat pertahanan); 2. daerah perkampungan yang terdiri atas bangunan rumah yang merupakan kesatuan tempat tinggal dan berbagai lapisan masyarakat; dan 3. daerah yang merupakan pusat kegiatan pemerintahan, ekonomi, dan kebudayaan. Di Indonesia yang menggunakan kata kota atau kuta, misalnya Kutaraja (Banda Aceh sekarang) dan Kutarenon di Lumajang. Dalam bahasa Sansekerta, kuta berarti benteng atau kubu pertahanan (Williams 1899:288). Kuta dalam bahasa Jawa Kuna berarti ‘benteng’


Download ppt "PENGERTIAN KOTA 1.Pengertian kota dihubungkan dengan fungsi kota. 2.Pengertian kota berkait dengan hukum. Misal, Kota administratif 3.Pengertian kota dikaitkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google