Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

10 Konsep Esensial Geografi KARYA : ANAK X-8. Pengenalan: Andre ChrisnataX-8/2 Hanindita Budhi P. M.X-8/13 Harenda Aditiyoso PX-8/14 Rangga DeckyX-8/24.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "10 Konsep Esensial Geografi KARYA : ANAK X-8. Pengenalan: Andre ChrisnataX-8/2 Hanindita Budhi P. M.X-8/13 Harenda Aditiyoso PX-8/14 Rangga DeckyX-8/24."— Transcript presentasi:

1 10 Konsep Esensial Geografi KARYA : ANAK X-8

2 Pengenalan: Andre ChrisnataX-8/2 Hanindita Budhi P. M.X-8/13 Harenda Aditiyoso PX-8/14 Rangga DeckyX-8/24 Satrio Sakti UX-8/26

3 PENGERTIAN GEOGRAFI Apakah geografi itu? Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan").

4 PEMAHAMAN KONSEP- KONSEP GEOGRAFI Banyak pendapat yang menyatakan bahwa di permukaan bumi terdapat hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan alam. Dengan adanya hubungan tersebut, kita mungkin sering berpikir bagaimana hubungan timbal balik itu bisa terjadi. Hal-hal inilah yang kemudian membawa kita kearah pemahaman konsep-konsep geografi dan dari pemahaman itulah melalui ”Seminar dan Lokakarya Ahli Geografi” tahun 1998, 10 konsep geografi atau yang lebih sering disebut 10 konsep esensial geografi pun disepakati.

5 10 Konsep Esensial Geografi Konsep esensial geografi terbagi menjadi 10 bagian

6 Konsep Lokasi Pengertian : Suatu tempat di permukaan bumi memiliki nilai ekonomi apabila dihubungkan dengan harga. Misal : Nilai tanah untuk pemukiman akan berkurang apabila berdekatan dengan makam, pabrik, dan pasar karena daerah tersebut rawan kebisingan dan polusi. Secara garis besar, konsep lokasi dibedakan menjadi 2 yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif.  a.) Lokasi absolut, adalah lokasi yang tetap berdasarkan letak koordiinatnya menggunakan sistem koordinat garis lintang dan garis bujur yang lebih sering dikenal sebagai letak astronomis.  b.) Lokasi relatif, adalah suatu lokasi yang memiliki arti yang sangat penting terhadap wilayah di sekitarnya. Dalam arti lain lokasinya tergantung dari pengaruh daerah sekitar.

7 Konsep Jarak Pengertian : Jarak yang dihubungkan dengan keuntungan yang dapat diperoleh, sehingga manusia cenderung akan memperhitungkan jarak. Misal : Peternakan ayam cenderung mendekati kota sehingga manusia cenderung akan memperhitungkan jarak Konsep ini memiliki 3 dimensi yakni dimensi geometris, dimensi waktu, dan dimensi ekonomi.

8 Konsep Keterjangkauan + Konsep Pola 3. Konsep Keterjangkauan Pengertian : Hubungan atau interaksi antartempat dapat dicapai, baik menggunakan sarana transportasi umum, tradisional, atau jalan kaki. Konsep ini juga bergantung pada faktor alam dan faktor sosial budaya. Misalnya suatu daerah tidak akan berkembang jika tidak ada sarana transportasi. 4. Konsep Pola Pengertian : Bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya atau interaksi alam dengan alam, dan hubungannya dengan pola persebaran. Misalnya pola pemukiman di dekat sungai pasti akan mengikuti bentuk sungai tersebut.

9 Konsep Morfologi + Konsep Aglomerasi 5. Konsep Morfologi Pengertian : Bentuk permukaan bumi sebagai hasil proses alam dan hubungannya dengan aktivitas manusia. Misalnya : Bentuk lahan akan terkait dengan erosi dan pengendapan, penggunaan lahan, ketebalan lapisan tanah, ketersediaan air, dan sebagainya. 6. Konsep Aglomerasi Pengertian :Konsep ini mempelajari tentang pengelompokkan penduduk beserta aktivitasnya di suatu daerah. Misalnya perkumpulan orang kaya akan memunculkan perumahan yang elit sementara perkumpulan orang yang kurang mampu akan cenderung memunculkan perumahan kumuh.

10 Konsep Nilai Kegunaan + Konsep Interaksi/Interdependensi 7. Konsep Nilai kegunaan Pengertian : Manfaat suatu wilayah atau daerah memiliki nilai tersendiri bagi orang yang menggunakannya. Misal : kantor akan berguna bagi pekerja kantor atau pegawai kantor dibandingkan bagi kuli bangunan atau nelayan. 8. Konsep Interaksi atau interdependensi Pengertian : Setiap wilayah tentu tidak dapat memenuhi kebutuhan wilayahnya sendiri, tetapi memerlukan hubungan dari wilayah lain sehingga memunculkan adanya hubungan timbal balik.

11 Konsep Diferensiasi area + Konsep Keterkaitan Keruangan 9. Konsep Diferensiasi area Pengertian : Suatu wilayah kaitannya dengan wilayah lain. Wilayah di permukaan bumi memiliki perbedaan nilai yang terdapat di dalamnya. Misal pertanian sayuran dihasilkan di daerah pegunungan, perikanan di daerah pantai, dan lain- lain. 10. Konsep Keterkaitan Keruangan Pengertian : Suatu wilayah dapat berkembang karena adanya hubungan wilayah lain. Konsep ini hampir sama dengan konsep interaksi atau interdependensi.

12 Sekian dan Terima Kasih Atas perhatiannya, anda layak mendapat senyuman dari kami.


Download ppt "10 Konsep Esensial Geografi KARYA : ANAK X-8. Pengenalan: Andre ChrisnataX-8/2 Hanindita Budhi P. M.X-8/13 Harenda Aditiyoso PX-8/14 Rangga DeckyX-8/24."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google