Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metodologi Penelitian. Sebelum mempersiapkan sebuah presentasi beberapa hal perlu diketahui terlebih dahulu: (SPAM) ◦ Situation: Perhatikan waktu dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metodologi Penelitian. Sebelum mempersiapkan sebuah presentasi beberapa hal perlu diketahui terlebih dahulu: (SPAM) ◦ Situation: Perhatikan waktu dan."— Transcript presentasi:

1 Metodologi Penelitian

2 Sebelum mempersiapkan sebuah presentasi beberapa hal perlu diketahui terlebih dahulu: (SPAM) ◦ Situation: Perhatikan waktu dan tempat Anda akan memberikan presentasi ◦ Purpose (Tujuan): Apa tujuan yang ingin dicapai dari presentasi yang dilakukan ◦ Audience: perhatikan siapa saja yang menjadi peserta dari presentasi Anda ◦ Method: metode apa yang akan Anda pakai sehingga tujuan presentasi dapat tercapai

3  Informasi: menyampaikan suatu informasi baru kepada peserta dengan harapan mereka akan mengetahui dan memahami topik yang dipresentasikan.  Persuasi: bertujuan untuk mengubah perilaku atau kebiasaan dari peserta.  Entertaining: bertujuan untuk menghibur peserta  berusaha agar peserta tetap memperhatikan kita.

4  Langkah pertama dalam presentasi adalah memilih topik (apa yg akan dipresentasikan): ◦ Apakah Anda tertarik dengan topik tersebut? ◦ Apakah Anda senang berbicara tentang topik tersebut? ◦ Apakah Anda ingin tipe: entertain, inform atau persuasi? ◦ Apakah peserta akan tertarik dengan topik tersebut? ◦ Apakah topik yang dibicarakan sensitif terhadap sekelompok pihak dari peserta? ◦ Apakah ada peristiwa tertentu yang berkaitan dengan topik?

5  Setelah mendapatkan topik presentasi, selanjutnya bagaimana membuat dan menyampaikannya.  Beberapa hal yang dipersiapkan: ◦ Apa yang dibutuhkan untuk disampaikan ◦ Kumpulkan materi-materi presentasi yang terkait ◦ Buatlah materi presentasi yang baik, dan ◦ Gunakan komputer (PPT) sedapat mungkin

6  Sering disebut juga dengan “Agenda Presentasi”  point-point utama yang akan dipresentasikan.  Isi presentasi yang disampaikan agar tetap diingat peserta.  Materi presentasi perlu outline yang baik.  Apakah materinya sudah cukup? Atau terlalu banyak?

7  Kecepatan presentasi  Pembukaan yang menarik  perlu contoh riil  Transisi yang benar  Konklusi (relevansi topik)  Panjang presentasi: jangan melebihi waktu yang tersedia!  Peserta mendengarkan!

8  Latihan akan membantu menghasilkan presentasi yang baik.  Mendapatkan bagaimana presentasi tersebut mengalir.  Mendapatkan umpan balik.  Lakukan beberapa kali.

9  Kalau bisa, sehari sebelumnya coba lagi presentasi anda (dapat dibantu dengan kaca)  Atur slide sesuai urutan.  Pastikan alat-alat bantu bekerja dengan baik.  Pastikan siapa yang membantu (apabila diperlukan).  Pastikan pengeras suara bekerja dengan baik  Datang lebih awal.  Perhatikan: penampilan  Jangan berdiri dibelakang meja, jangan menghalangi slide, usahakan dekat dengan peserta.

10  Utarakan objective anda diawal prsentasi, dan ulangi kembali di akhir presentasi.  Jangan membuat lawakan kalau anda tidak ahli untuk itu.  Perhatikan kelakuan anda, hindari kebiasaan tidak baik.  Gunakan laser pointer dengan benar, dan jangan ganggu peserta anda dengannya.  Awasi waktu anda!  Jangan mengkritik hal-hal diluar topik.

11  Hindari membaca notes atau kata per kata yang tersaji di slide show.  Usahakan Anda lihat terlebih dahulu setiap transisi slide ke layar…apakah peserta dapat melihat slide Anda dengan baik?

12  Pertanyaan peserta tidak selalu bisa diprediksi  Ulangi pertanyaan peserta agar yang lain tahu apa yang ditanyakan.  Berikan jawaban yang sesuai.  Tunggu penanya selesai sebelum menjawabnya. ◦ Atau potonglah dengan taktis.  Apabila ada pertanyaannya selama presentasi mengenai ketidakjelasan/kerancuan jawablah segera.

13  Mempersiapkan segala keperluan  Memastikan semua siap (pastikan Anda sudah memahami materi dengan baik)  Menarik nafas dalam-dalam  Membayangkan keberhasilan

14  Perhatikan posisi  Perhatikan tangan  Kontak mata  Hindari kebiasaan buruk ◦ Berayun-ayun ◦ Mempermainkan alat tulis, kacamata, dsb

15 Lakukan:  Pastikan tampilan terlihat oleh semua  Tampilkan apa yang dibicarakan Jangan lakukan:  Menghalangi pandangan ke tampilan  Membicarakan yang berbeda dengan tampilan

16  Usahakan tepat waktu ◦ Meningkatkan kepercayaan pendengar  Kendalikan waktu anda sendiri ◦ Jangan tergantung kepada moderator  Jangan sampai mendapat teguran

17  Dengarkan pertanyaan baik-baik  Ulangi pertanyaan kalau perlu  Simpulkan kenapa pertanyaan diajukan  Jangan meremehkan penanya  Jangan merasa HARUS menjawab  Jangan menjawab terlalu panjang


Download ppt "Metodologi Penelitian. Sebelum mempersiapkan sebuah presentasi beberapa hal perlu diketahui terlebih dahulu: (SPAM) ◦ Situation: Perhatikan waktu dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google