Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Informasi dan Riset Pemasaran Global Minggu ke - 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Informasi dan Riset Pemasaran Global Minggu ke - 5."— Transcript presentasi:

1 Sistem Informasi dan Riset Pemasaran Global Minggu ke - 5

2 Unsur penyusunan sistem informasi global Sistem Informasi secara teknis dapat didefinisikan sebagai kumpulan komponen yang saling berhubungan, mengumpulkan (mendapatkan), memproses Menyimpan, dan mendistribusi informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi.

3 Sumber Informasi 1.Sumber primer (primary sources) merupakan informasi yang berasal dari penemuan baru atau ilmu pengetahuan baru. Sumber primer disebut juga informasi yangberasal dari asalnya, yang dihasilkan penulis atau peneliti. Sumber primer, adayang diterbitkan dan ada yang tidak diterbitkan. 2.Sumber sekunder (secondary sources) penilaian, ringkasan atau kritikan terhadap suatu karya atau penelitian seseorang. Informasi tentang sumber primer yang disusun secara sistematis supaya mudah diakses.

4 Lanjutan … 3. Sumber tersier (tertiary sources) memuat informasi berupa saringan,rangkuman atau kumpulan dari sumber primer dan sekunder.

5 Riset pemasaran suatu proses mengumpulkan informasi secara sistematis mengenai pemasaran dan seluk beluknya. Tujuan dari riset pemasaran ialah membantu pengambilan keputusan, peningkatan produk, dan mengurangi risiko kegagalan.

6 Tipe riset pemasaran 1. Riset sekunder  kita mengambil data yang sudah ada, misal dari perpustakaan dan internet. Riset jenis ini lebih murah dan lebih cepat. Kelemahannya, kita kesulitan mencari data dan seringkali tidak aktual sehingga tidak relevan dengan kondisi saat ini. 2. Riset primer  kita ambil data langsung ke target riset kita, konsumen atau responden. Kelebihan riset jenis ini ialah lebih aktual, bisa customized, tapi lebih mahal dan memakan waktu. 3. Riset kuantitatif  adanya kuesioner (bentuknya numbering) yang bersifat statistik. 4. Riset kualitatif  bisa dilakukan dengan grup diskusi, observasi, dan interview.

7 Teknik analisis riset pemasaran global Cara untuk melakukan riset yaitu : a)Mendesain dan mengimplementasikan suatu studi dengan staf dalam perusahaan. b)Menggunakan perusahaan luar yang mengkhususkan diri dalam riset pemasaran. Proses pengumpulan data : a)Mengidentifikasi permasalahan riset. b)Mengembangkan rencana riset. c)Mengumpulkan data. d)Menganalisis data riset. Dan Menyajikan hasil penemuan.

8 kendali kantor pusat atas riset pemasaran global Isu penting untuk perusahaan global ialah di mana meletakkan kendali dari kemampuan organisasi penelitian. Perbedaan antara perusahaan multinasional, perusahaan polisentris dan global, serta perusahaan geosentris mengenai isu ini sudah jelas. Perusahaan multinasional bertanggung jawab atas penelitian yang didelegasikan kepada anak perusahaan operasional. Perusahaan global mendelegasikan tanggung jawab untuk penelitian kepada anak perusahaan operasional tetapi mempertahankan tanggung jawab keseluruhan dan mengendalikan penelitian sebagai fungsi kantor pusat. Dalam prakteknya, hal ini diartikan bahwa perusahaan global akan memastikan bahwa penelitian dirancang dan dilaksanakan sehingga menghasilkan data yang dapat dibandingkan.

9 TERIMA KASIH


Download ppt "Sistem Informasi dan Riset Pemasaran Global Minggu ke - 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google