Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Data dapat diartikan sebagai sesuatu yang diketahui atau dianggap atau anggapan. Anggapan atau asumsi  Perkiraan/dugaan Perkiraan/dugaan bersifat  sementara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Data dapat diartikan sebagai sesuatu yang diketahui atau dianggap atau anggapan. Anggapan atau asumsi  Perkiraan/dugaan Perkiraan/dugaan bersifat  sementara."— Transcript presentasi:

1 Data dapat diartikan sebagai sesuatu yang diketahui atau dianggap atau anggapan. Anggapan atau asumsi  Perkiraan/dugaan Perkiraan/dugaan bersifat  sementara --> Angapan belum tentu benar (perlu diuji kebenarannya) A. Pengertian Data

2 1.Obyektif 2.Representatif 3.Kesalahan baku kecil 4.Tepat waktu 5.Relevan

3  Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka.  Data kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka.

4  Data Internal adalah data yang bersumber dari keadaan atau kegiatan suatu kelompok atau organisasi.  Data Eksternal adalah data yang bersumber dari luar kelompok atau organisasi.

5  Data Primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perorangan langsung dari obyeknya.  Data Sekunder adalah data yang diperoleh dalam bentuk jadi dan telah diolah oleh pihak lain, biasanya dalam bentuk publikasi.

6  Data cross section adalah data yang dikumpulkan dalam suatu periode tertentu.  Data berkala ( time series ) adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu. Data ini sering juga disebut sebagai data historis.

7  Elemen : Unit terkecil dari obyek penelitian.  Karakteristik : Sifat-sifat, ciri-ciri atau hal-hal yang dimiliki oleh elemen, atau semua keterangan mengenai elemen.  Variabel atau peubah : Sesuatu yang nilainya dapat berubah. Nilai karakteristik suatu elemen merupakan nilai variabel.

8 1. Berdasarkan Jenis Cara Pengumpulannya a. Pengamatan ( Observasi ) b. Penelusuran Literatur c. Penggunaan Kuesioner (angket) d. Wawancara (interviu) 2. Berdasarkan Banyaknya Data yang diambil a. Sensus b. Sampling

9 Cara pengumpulan data dengan terjun dan melihat langsung ke lapangan (laboratorium), terhadap obyek yang diteliti (populasi). Pengamatan disebut juga penelitian lapangan.

10 Cara pengumpulan data dengan menggunakan sebagian atau seluruh data yang telah ada atau laporan data dari peneliti sebelumnya. Penelusuran literatur disebut juga pengamatan tidak langsung.

11 Cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan (angket) atau daftar isian terhadap obyek yang diteliti (populasi)

12 1. Memperoleh informasi data yang berhubungan dengan maksud dan tujuan penelitian. 2. Mengumpulkan informasi dengan kecermatan dan ketelitian yang dapat dipertanggung jawabkan.

13  Pertanyaan Terbuka Memungkinkan responden memberikan jawaban yang dikehendaki dengan kata- kata yang dipilihnya sendiri.  Pertanyaan Tertutup Membatasi jawaban responden dengan keharusan memilih jawaban yang tersedia.

14 Pengumpulan data dengan langsung mengadakan tanya jawab kepada obyek yang diteliti

15 Cara pengumpulan data dimana seluruh elemen populasi diselidiki satu per satu. Data yang diperoleh dari hasil sensus disebut data sebenarnya, atau sering disebut parameter.

16 Cara pengumpulan data dimana yang diselidiki adalah elemen sample dari suatu populasi. Cara pengambilan sample : 1.Acak ( random ) 2.Bukan acak ( non random )

17 Suatu cara pemilihan sejumlah elemen dari populasi untuk menjadi sample, dimana setiap elemen mempunyai kesempatan yang sama. Cara ini dianggap obyektif. Samplingnya disebut probability sampling, yang mempunyai probabilitas sama.

18 Suatu cara pemilihan sejumlah elemen dari populasi untuk menjadi anggota sample, dimana setiap elemen tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih. Cara bukan acak lebih bersifat subyektif.

19 Data mentah adalah hasil pencatatan peristiwa atau karakteristik elemen yang dilakukan pada tahap pengumpulan data. Pengolahan data merupakan suatu proses untuk memperoleh data / angka ringkasan berdasarkan data mentah.

20 Metode Pengolahan data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : 1. Manual 2. Elektronik

21 Penyajian Data Selain berupa angka-angka ringkasan, penyajian data dapat berbentuk dan

22 Tabel dan Grafik bisa dipergunakan untuk menyajikan Cross Section Data (data yang dikumpulkan dalam suatu periode tertentu.) Dan Data Berkala (data Historis yang dikumpulkan dari waktu ke waktu)

23 Tabel satu arah ( Tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu karakteristik saja) Contoh: Table Produksi Kayu Menurut Jenis produksinnya dalam 000 M3 JenisBanyaknya Kayu Bulat Kayu Gergajian3.427 Kayu Lapis Jumlah40.444

24 Tabel dua arah ( Tabel yang menunjukkan hubungan dua hal atau dua karakteristik) Contoh: Jumlah Mahasiswa Universitas X Menurut Fakultas Dan Agamanya. FakultasIslamBukan IslamJumlah Ekonomi Fasilkom FKIP Pertanian Hukum Teknik Jumlah

25 Tabel tiga arah ( Tabel yang menunjukkan tiga hal atau tiga karakteristik) Contoh: Jumlah Kendaraan Perusahaan X Menurut Umur, Merk, dan Jenisnya pada Tahun 2007 UmurTOYOTAMITSUBISHIHINOJumlah SedanBisdllSdnBisDllSdnBisDll <1 tahun 1th < 2 th 2th < 3 th 3th < 4 th 4th < 5 th >= 5th

26 Grafik Garis Grafik Batangan Grafik Lingkaran Grafik Peta (Cartogram Chart) Grafik Gambar (Pictogram Chart)

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39 Grafik Lingkaran Berganda

40

41 1979: 1980: 1981: 1982: 1983: 1984: 1985:


Download ppt "Data dapat diartikan sebagai sesuatu yang diketahui atau dianggap atau anggapan. Anggapan atau asumsi  Perkiraan/dugaan Perkiraan/dugaan bersifat  sementara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google