Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POPULASI DAN SAMPEL. POPULASI Pengertian : -Kumpulan dari seluruh elemen sejenis tetapi dapat dibedakan satu sama lain karena karakteristiknya. Contoh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POPULASI DAN SAMPEL. POPULASI Pengertian : -Kumpulan dari seluruh elemen sejenis tetapi dapat dibedakan satu sama lain karena karakteristiknya. Contoh."— Transcript presentasi:

1 POPULASI DAN SAMPEL

2 POPULASI Pengertian : -Kumpulan dari seluruh elemen sejenis tetapi dapat dibedakan satu sama lain karena karakteristiknya. Contoh Populasi : Seluruh karyawan STIKOM  populasi; elemennya berupa orang yaitu karyawan STIKOM. Jenisnya sama namun karakteristiknya bisa dibedakan misal : umur, masa kerja, jenjang pendidikan, dsb. Ukuran Populasi = banyaknya elemen/anggota populasi  Notasi N

3 SAMPEL Pengertian -Bagian dari populasi (Sebagian atau wakil populasi yang diteliti) yang memiliki ciri-ciri atau keadaan tertentu yang akan diteliti. Contoh sampel : Populasinya adalah seluruh karyawan STIKOM, maka sampelnya dosen, staff, dll. Notasi n adalah jumlah sampel, maka n < N

4 DATA

5 PENGERTIAN DATA Data : keterangan mengenai satu atau beberapa hal. Menurut Donald Cooper, data merupakan kumpulan sejumlah fakta atau kenyataan yang dapat dipercaya kebenarannya sehingga dapat digunakan untuk menarik suatu kesimpulan.

6 SYARAT-SYARAT DATA YANG BAIK (1) 1. Objektif: data harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 2. Representatif (mewakili): data harus mewakili objek yang diamati. 3. Kesalahan sampling (sampling error) kecil: Estimasi (perkiraan) dikatakan baik (memiliki tingkat ketelitian tinggi) bila kesalahan samplingnya kecil. Ketiga syarat tersebut dikatakan syarat data yang Reliable (dapat diandalkan).

7 SYARAT-SYARAT DATA YANG BAIK (2) 4. Tepat waktu: Apabila data akan digunakan untuk pengendalian atau evaluasi, maka syarat tepat waktu sangat penting agar dapat segera dilakukan koreksi apabila ada kesalahan/penyimpangan dalam implementasi suatu perencanaan. 5. Relevan: data yang dikumpulkan harus ada hubungannya dengan masalah yang akan dipecahkan.

8 JENIS-JENIS DATA (1) A. Menurut SIFAT 1. Data Kualitatif : data yang tidak berbentuk angka (non-numeris) Contoh : - Harga daging sapi mahal. - Produksi padi di Jawa Tengah meningkat. 2. Data Kuantitatif : data yang berbentuk angka. Contoh : - Harga daging ayam naik jadi Rp /kg - Produksi kerajinan tas kulit menurun 10%

9 JENIS-JENIS DATA (2) Data sebagai nilai variabel. Ada 4 tingkatan variabel/Skala Pengukuran : a.Nominal (N) : angka berfungsi hanya untuk membedakan (sebagai lambang/simbol). b. Ordinal (O) : angka selain berfungsi nominal, juga untuk menunjukkan urutan dan jarak tidak sama. c. Interval (I) : angka yang menunjukkan jarak yg sama tetapi tidak sampai brp kali & tidak mempunyai titik asal nol. d. Rasio (R) : angka yang menunjukkan berapa kali, sebab mempunyai titik asal nol.

10 JENIS-JENIS DATA (3) N dan O disebut skala pengukuran non- metrik (kualitatif) I dan R disebut skala pengukuran metrik (kuantitatif)

11 JENIS-JENIS DATA (4) B. Menurut SUMBER-nya 1. Data Internal : bersumber pada keadaan/kegiatan dalam suatu organisasi/kelompok. Contoh : - Data pengadaan barang di perpustakaan STIKOM. - Data hasil produksi di pabrik sepatu A. 2. Data Eksternal : bersumber dari luar suatu organisasi/kelompok. Contoh : - Apotek A mencari data ketersediaan obat-obatan di perusahaan obat X. -Dinas Pendidikan mencari data anak-anak putus sekolah di Dinas Sosial.

12 JENIS-JENIS DATA (5) C. Menurut CARA MEMPEROLEH-nya 1. Data Primer : data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi/perorangan langsung dari objeknya. Contoh: - Perusahaan susu ingin mencari data konsumsi susu di daerah X, lalu melakukan survey dan wawancara langsung ke penduduk daerah X. 2. Data Sekunder : data yang diperoleh dalam bentuk jadi dan telah diolah oleh pihak lain. Contoh : - Perusahaan X ingin mencari data saham-saham di bursa saham. - Media massa mencari data presentase partai-partai pemenang pemilu di KPU.

13 JENIS-JENIS DATA (6) D. Menurut WAKTU PENGUMPULAN-nya 1. Data Cross Section : data yang dikumpulkan dalam suatu periode tertentu. Contoh : - Data sensus penduduk Indonesia th 1990 (menggambarkan keadaan penduduk Indonesia th 1990 berdasar umur, pendidikan, jenis kelamin, pekerjaan, dll). - Data jumlah pegawai di STIKOM tahun 2007.

14 JENIS-JENIS DATA (7) 2. Data Time Series (berkala) : data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu. Disebut juga Data Historis. Contoh: - Data perkembangan hasil produksi padi selama 5 tahun terakhir. - Data pertumbuhan ekonomi di sektor migas selama 3 tahun terakhir. - Data perkembangan situs belanja online X dari tahun 2010 sampai 2012.

15 TUGAS KELOMPOK (maksimal 3 org) Cari beberapa (usahakan LEBIH DARI 1) contoh dari masing-masing jenis data SELAIN yg sudah ada di slide sblmnya, usahakan hasil pemikiran bersama kelompok (tidak ambil dari internet). Format Penulisan : 1. Data menurut sifat a. Data Kualitatif : Beri Contoh! b. Data Kuantitatif : Beri Contoh! 2. Data menurut sumber a. Data Internal : Beri Contoh! b. Data Eksternal : Beri Contoh! 3. Data menurut cara memperoleh a. Data Primer : Beri Contoh! b. Data Sekunder : Beri Contoh! 4. Data Menurut Waktu Pengumpulannya a. Data Cross Section : Beri Contoh! b. Data Time Series : Beri Contoh!


Download ppt "POPULASI DAN SAMPEL. POPULASI Pengertian : -Kumpulan dari seluruh elemen sejenis tetapi dapat dibedakan satu sama lain karena karakteristiknya. Contoh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google