Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

9. MENENTUKAN VARIABEL A. Pengertian dan macam variabel VARIABEL : objek penelitian yang bervariasi. Makna variasi menjadi ciri dan keharusan dari suatu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "9. MENENTUKAN VARIABEL A. Pengertian dan macam variabel VARIABEL : objek penelitian yang bervariasi. Makna variasi menjadi ciri dan keharusan dari suatu."— Transcript presentasi:

1 9. MENENTUKAN VARIABEL A. Pengertian dan macam variabel VARIABEL : objek penelitian yang bervariasi. Makna variasi menjadi ciri dan keharusan dari suatu variabel. Variabel dapat dibedakan atas: 1. variabel kuantitatif (luas kota) 2. variabel kualitatif (kepandaian)

2 VARIABEL KUANTITATIF DIKLASIFIKASIKAN MENJADI 2 KELOMPOK: 1. VARIABEL DISKRIT/NOMINAL/KATEGORIK Hanya dikategorikan atas 2 kutup yang berlawanan, yakni : ya x tidak pria x wanita - angka-angka yang digunakan dalam variabel diskrit ini untuk menghitung. Angka dinyatakan sebagai frekuensi. ex: banyaknya pria - penomoran: no telf

3 2. VARIABEL KONTINUM DIPISAHKAN MENJADI 3 VARIABEL KECIL, YAITU A. VARIABEL ORDINAL : menunjukkan tingkatan, disebut juga variabel lebih kurang. Karena yang satu mempunyai kelebihan dibanding yang lain ex: panjang, kurang panjang, pendek B. VARIABEL INTERVAL: mempunyai jarak, jika dibandingkan dengan variabel lain. Jarak itu sendiri dapat diketahui dengan pasti. ex: suhu lingkungan : 31 0 C suhu tubuh : 36 0 C selisih suhu: 5 0 C

4 C. VARIABEL RASIO: VARIABEL PEMBANDING Var. ini dalam hubungan antar sesamanya merupakan sekian kali. Contoh: Berat badan Pak Karto : 70 kg Anaknya : 35 kg Berat badan Pak Karto 2 kali anaknya. Penelitian dalam ilmu sosial jarang menggunakan variabel rasio.

5 B. VARIABEL DAN DATA Variabel : - objek penelitian / apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian Data ialah: hasil pencatatan penelitian, baik berupa fakta ataupun angka Data dari variabel diskrit, disebut data diskrit berupa frekuensi. Data Diskrit: data yang hanya dapat digolongkan secara terpisah, secara kategori, dan diperoleh dengan cara menghitung. Data berbentuk bilangan bulat dan asli.

6 Data dari variabel kontinum disebut data kontinum. DATA KONTINUM: data hasil pengukuran yang bervariasi menurut tingkatan, terdiri dari data ordinal, interval, dan rasio. Data ordinal: data yang berbentuk rangking / peringkat ( dari yang tinggi sampai terendah / sebaliknya) Data interval : data yang jaraknya sama satu dengan yang lain tapi tidak mempunyai nilai nol mutlak. Data rasio : data yang jaraknya sama satu dengan yang lain dan mempunyai nilai nol mutlak dan dapat diberlakukan hukum matematik.

7 Secara umum data dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam, yaitu: 1. Menurut sifatnya: a. data kualitatif: kata, kalimat, dan gambar b. data kuantitatif: angka, data kualitatif yang diangkakan 2. menurut sumbernya: a. data internal: diperoleh dari perusahaan / organisasi b. data eksternal: diluar organisasi (BPS) 3. menurut cara memperolehnya: a. data primer: observasi, wawancara dan kuesioner. b. data sekunder : data telah diolah pihak lain dalam bentuk publikasi.

8 4. Menurut waktu pengumpulan A. Data Cross section (data 1 waktu): data tentang fenomena suatu objek dalam 1 kurun waktu tertentu. ex: data tentang jumlah penjualan komputer di MDP pada tahun B. Data time series (data deret waktu / berkala) data yang dikumpulkan mengenai perkembangan fenomena suatu objek dari waktu ke waktu ( harian, mingguan, tahunan). ex: data tentang fluktuasi nilai rupiah terhadap US dolar per hari selama tahun 2000

9 C. VARIABEL SEBAGAI OBJEK PENELITIAN Dalam penelitian yang mempelajari pengaruh suatu perlakuan terdapat : 1. VARIABEL PENYEBAB / BEBAS / INDEPENDENT VARIABLE: variabel yang mempengaruhi variabel tak bebas, baik secara positif maupun negatif. 2. VARIABEL AKIBAT/ TAK BEBAS / TERIKAT / DEPENDENT VARIABLE: menjadi tujuan utama peneliti untuk mengerti, menjelaskan, menerangkan faktor- faktor yang menjadi penyebab timbulnya suatu masalah

10 VARIABEL INTERVENING Variabel Intervening disebut juga VARIABEL PENGGANGGU. Variabel yang muncul antara waktu variabel bebas bekerja, mempengaruhi variabel akibat dan dampaknya terhadap variabel akibat.


Download ppt "9. MENENTUKAN VARIABEL A. Pengertian dan macam variabel VARIABEL : objek penelitian yang bervariasi. Makna variasi menjadi ciri dan keharusan dari suatu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google