Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEBIJAKAN MONETER 12. DEFINISI Kebijakan moneter adalah kebijakan pemerintah dalam mengatur penawaran uang dan tingkat bunga. Kebijakan ini dilakukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEBIJAKAN MONETER 12. DEFINISI Kebijakan moneter adalah kebijakan pemerintah dalam mengatur penawaran uang dan tingkat bunga. Kebijakan ini dilakukan."— Transcript presentasi:

1 KEBIJAKAN MONETER 12

2 DEFINISI Kebijakan moneter adalah kebijakan pemerintah dalam mengatur penawaran uang dan tingkat bunga. Kebijakan ini dilakukan oleh Bank Sentral.

3 Kebijakan moneter dibedakan menjadi dua, yaitu :  Kebijakan moneter yang bersifat kuantitatif, yaitu kebijakan umum yang bertujuan untuk mempengaruhi jumlah penawaran uang dan tingkat bunga dalam perekonomian.  Kebijakan moneter yang bersifat kualitatif

4 KEBIJAKAN MONETER KUALITATIF : Pengawasan pinjaman secara selektif, yaitu menentukan jenis-jenis pinjaman mana yang harus dikurangi atau digalakkan Pembujukan moral, yaitu Bank Sentral mengadakan pertemuan-pertemuan langsung dengan pimpinan-pimpinan bank umum untuk meminta bank-bank umum melakukan langkah-langkah tertentu.

5 Banyak faktor yang mempengaruhi pemerintah dan sistem bank dalam menentukan jumlah penawaran uang pada suatu waktu tertentu. Tingkat bunga tidak mempunyai peranan dalam menentukan jumlah uang yang ditawarkan pada suatu waktu tertentu.

6 The Determination of the Interest Rate In equilibrium, the supply of central bank money (H) is equal to the demand for central bank money

7 Deriving the Demand for Money Motives for Holding Money Transactions demand – to make transactions without first having to convert other assets to money. Speculative demand – to avoid risks of capital loss from holding assets the price of which goes down. Precautionary demand – Tends to rise in times of uncertainty.

8 For a given level of nominal income, a lower interest rate increases the demand for money. At a given interest rate, an increase in nominal income shifts the demand for money to the right.

9 Equilibrium in the Market for Central Bank Money, and the Determination of the Interest Rate

10 Perubahan tingkat bunga dalam analisis parsial saat ada pergeseran baik permintaan dan penawaran uang 0 0 Jml Uang Beredar Tingkat Bunga r2r2 r1r1 r1r1 r2r2 D mY1 D mY2 DmDm MSMS M S1 M S2

11 Kebijakan moneter dijalankan dalam rangkaian perubahan dalam perekonomian yang akhirnya menyebabkan perubahan pendapatan nasional dan penggunaan tenaga kerja. Rangkaian perubahan ini disebut dengan mekanisme transmis, yaitu ∆r → ∆I → ∆AE → ∆Y Dimana : 1. Kebijakan moneter merubah tingkat bunga (∆r) 2. Tingkat bunga merubah investasi (∆I) 3. Investasi merubah pembelanjaan agregat (∆AE) 4. Perubahan pembelanjaan agregat dapat merubah pendapatan nasional dan penggunaan tenaga kerja dalam perekonomian (∆Y)

12 FAKTOR YANG MENENTUKAN EFEKTIFITAS KEBIJAKAN MONETER  Perbedaan tingkat elastisitas permintaan uang  Perbedaan elastisitas efisiensi modal marginal (MEI)  Perubahan dalam marginal propensity to consume (MPC)

13 Kebijakan moneter sangat kuat mempengaruhi pada harga. Berikut ini grafik kebijakan moneter dan tingkat harga. 0 P0P0 P1P1 P2P2 AS AD AD 0 AD 1 AD 2 Y Y0Y0 Y1Y1 YFYF Pendapatan nasional riil Tingkat Harga

14 TERIMAKASIH


Download ppt "KEBIJAKAN MONETER 12. DEFINISI Kebijakan moneter adalah kebijakan pemerintah dalam mengatur penawaran uang dan tingkat bunga. Kebijakan ini dilakukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google