Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rehabilitasi Lahan Pesisir. Pengertian Tanah adalah akumulasi tubuh alam bebas yang menduduki sebagian besar planet bumi, yang mampu menumbuhkan tanaman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rehabilitasi Lahan Pesisir. Pengertian Tanah adalah akumulasi tubuh alam bebas yang menduduki sebagian besar planet bumi, yang mampu menumbuhkan tanaman."— Transcript presentasi:

1 Rehabilitasi Lahan Pesisir

2 Pengertian Tanah adalah akumulasi tubuh alam bebas yang menduduki sebagian besar planet bumi, yang mampu menumbuhkan tanaman dan memiliki sifat sebagai pengaruh iklim, dan jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induk kesatuan relief tertentu selama jangka waktu tertentu pula. Lahan pesisir adalah: lahan yang terdapat di daerah pesisir pantai yang sebagian besar terdiri atas tanah dengan struktur pasiran.

3 Ciri-ciri lahan pasir Sifat utama: -kering-tekstur pasir lepas -panas -miskin hara -kurang air Pasir mempunyai luas permukaan kecil (2mm-50mm) sehingga sulit menyerap dan menahan unsir hara dan air. Kasar, tidak melekat, tidak dapat di gulung. Kandungan bahan organik rendah. Kapasitas menahan air rendah

4 Permasalahan  Tanah tidak subur karena minim bahan organik.  Tanah tidak dapat menyimpan air.  Kandungan mikroorganisme tanah sedikit.  tidak dapat ditanami tanaman pertanian,kalaupun dapat tidak dapat berkembang dengan baik serta kualitas panen rendah.  Pengaruh kecepatan angin besar karena tidak ada wind breaker

5 Kondisi ideal tanah Ditambahkan bahan organik yang cukup agar kebutuhan tanah pasir akan bahan organik tercukupi Karena memiliki daya aerasi yang tinggi maka diusahakan air yang masuk ke dalam tanah pasir dapat ditahan dulu, agar air yang meresap dapat diseimbangkan dengan kemampuan menahan air

6

7

8

9

10 Solusi Perbaikan Lahan Pasir Menambah tanah lempung dan pupuk kandang Penambahan bahan organik (seresah atau humus) Penanaman tanaman pioner yang memiliki perakaran kuat, mampu tumbuh pada lahan pasiran. Seperti Casuarina equisetifolia atau cemara..

11 Pengaruh tanah lempung dan pupuk kandang Berguna untuk meningkatkan kesuburan pada zona pertumbuhan dan perkembangan akar. Untuk memperkuat akar, untuk tempat penyerapan air, dan mendorong meningkatnya mikroorganisme tanah.

12 Pengaruh Bahan Organik Memperbaiki drainase tanah Tanah lebih tahan terhadap erosi Meningkatkan kemampuan tanah untuk menyimpan air Merupakan salah satu sumber unsur hara (N, P, dan S dalam bentuk organik)

13 Pengaruh Tanaman Pioner Memfasilitasi tumbuhnya tanaman lain. Sebagai penghasil bahan organik dalam bentuk seresah. Mengurangi evapotranspirasi pada lahan pesisir.

14 Manfaat Rehabilitasi Lahan pasir dapat ditanami sepanjang tahun, karena lahan pasir umumnya bebas bencana banjir dan longsor. Sebagai lahan yang cocok untuk media pariwisata. Jika laju peresapan air baik, maka lahan pasir sangat baik untuk perakaran.

15 Created by : Akbar Fajrin (05862) Roliagung L (05864)


Download ppt "Rehabilitasi Lahan Pesisir. Pengertian Tanah adalah akumulasi tubuh alam bebas yang menduduki sebagian besar planet bumi, yang mampu menumbuhkan tanaman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google