Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERMODALAN USAHA. Yang perlu diperhatikan : 1.Besar Modal Usaha yang memang dibutuhkan 2.Konsekuensi dari setiap sumber modal usaha 3.Kemampuan mengelola.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERMODALAN USAHA. Yang perlu diperhatikan : 1.Besar Modal Usaha yang memang dibutuhkan 2.Konsekuensi dari setiap sumber modal usaha 3.Kemampuan mengelola."— Transcript presentasi:

1 PERMODALAN USAHA

2 Yang perlu diperhatikan : 1.Besar Modal Usaha yang memang dibutuhkan 2.Konsekuensi dari setiap sumber modal usaha 3.Kemampuan mengelola modal usaha 4.Kemampuan pengembalian modal usaha tersebut 5.Variabel bunga, inflasi, kurs

3 Sumber – Sumber Keuangan Perusahaan 1.Dana yang berasal dari dalam (intern), yang terdiri dari: – Dana modal perusahaan – Dana cadangan – Dana laba yang ditahan 2.Dana yang berasal dari luar perusahaan (ekstern), yang terdiri dari: Dana pemilik / penyertaanDana pemilik / penyertaan Dana pinjamanDana pinjaman Dana bantuan program pemerintahDana bantuan program pemerintah Dana dari keluarga yang ingin menanamkan modalnyaDana dari keluarga yang ingin menanamkan modalnya Dana ventura, investasi dari perusahaan lainDana ventura, investasi dari perusahaan lain

4 3 Jenis Modal dalam Usaha Modal Operasional Modal Investasi awal Modal Kerja Modal yang diperlukan untuk memulai suatu usaha, biasanya dipakai untuk jangka panjang, misal: mesin, peralatan kantor dan kendaraan Modal yang digunakan untuk membeli atau membuat barang dan jasa yang dihasilkan, contoh: bahan makanan untuk usaha restoran Modal yang digunakan untuk membayar biaya kegiatan usaha, misalkan; listrik, air, telekomunikasi, gaji pegawai dan lainnya

5 Alur Penggunaan Dana

6 Perkiraan Biaya Awal Perusahaan

7 Lanjuta nLanjutan

8 Proses Pengelolaan Keuangan Setelah merencanakan usaha dan memperoleh modal untuk usaha, maka selanjutnya adalah mengelola keuangan selama proses usaha berjalan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tata kelola keuangan. a)Kita harus memisahkan antara uang pribadi dan uang perusahaan. Jangan pernah mencampurkan antara uang pribadi dan uang perusahaan. b)Kita harus memastikan sistem pencatatan yang rapih dan teratur sesuai dengan kaidah akuntansi. Setiap transaksi dicatat dalam jurnal harian, buku besar, laporan laba-rugi dan neraca. c)Melakukan manajemen kas. Melakukan manajemen kas diperlukan untuk mengoptimalkan aset, guna memastikan bahwa semua tagihan akan dapat dibayarkan dengan baik. d)Melakukan evaluasi setiap bulan terkait dengan keuangan, yaitu realisasi produksi dan penerimaan, realisasi biaya serta realisasi persediaan, jumlah utang-piutang dan kondisi kas.

9 Pelaporan Keuangan Sebagai badan usaha, kita harus membuat laporan keuangan untuk memastikan bahwa tidak ada uang yang hilang. Untuk embuat laporan keuangan terdapat dua hal yang perlu dibuat yaitu neraca dan laporan laba rugi. Sebagai badan usaha, kita harus membuat laporan keuangan untuk memastikan bahwa tidak ada uang yang hilang. Untuk embuat laporan keuangan terdapat dua hal yang perlu dibuat yaitu neraca dan laporan laba rugi. Neraca (balance sheet) adalah laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan sementara dari sebuah usaha. Neraca merupakan gambaran dari perkiraan atas nilai perusahaan pada suatu waktu yang menyangkut aset dan utang perusahaan. Neraca (balance sheet) adalah laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan sementara dari sebuah usaha. Neraca merupakan gambaran dari perkiraan atas nilai perusahaan pada suatu waktu yang menyangkut aset dan utang perusahaan.

10 Laporan laba rugi menggambarkan keadaan suatu usaha dalam waktu tertentu, dengan membandingkan antara pengeluaran dan pendapatan sekaligus dapat menunjukan laba bersih suatu perusahaan, baik berupa keuntungan maupun kerugian. Laporan laba rugi menggambarkan keadaan suatu usaha dalam waktu tertentu, dengan membandingkan antara pengeluaran dan pendapatan sekaligus dapat menunjukan laba bersih suatu perusahaan, baik berupa keuntungan maupun kerugian.

11 mArketing mix Price Place Promotion Product

12 PRODUCT  Keragaman produk  Kualitas  Desain  Ciri  Nama merek  Kemasan  Ukuran  Pelayanan  Garansi  Imbalan PRICE  Daftar harga  Rabat/ diskon  Potongan harga khusus  Periode pembayaran  Syarat Kredit

13 PLACE  Saluran pemasaran  Cakupan pemasaran  Pengelompokan Lokasi  Persediaan  Transportasi PROMOTION  Promosi penjualan  Periklanan  Tenaga Penjualan  Kehumasan  Pemasaran langsung

14 Analisis SWOT Analisis SWOT adalah instrument perencanaaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan dan kesempatan ekternal dan ancaman, instrument ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi. Instrumen ini menolong para perencana apa yang bias dicapai, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh mereka. Analisis SWOT 1.Strengths (kekuatan) 2.Weaknesses (kelemahan) 3.Opportunities (peluang) 4.Threats (ancaman)

15

16 Menurut Porter, strategi yang memungkinkan organisasi memperoleh keunggulan kompetitif ditinjau dari 3 perbedaan dasar, yaitu: cost leadership; differentiation; focus, yang selanjutnya ke 3 strategi ini kemudian popular disebut sebagai strategi generic. 1.Cost Leadership Strategy Menekankan pada bagaimanan menghasilkan produk standar pada biaya perunit yang paling rendah bagi konsumen yang sensitive terhadap harga.

17 2.Differentiation Adalah strategi yang diarahkan pada bagaimana menghasilkan produk yang unik dalam industri dan ditujukan pada konsumen yang relative tidak atau kurang sensitive terhadap harga. 3.Focus Berarti bagaimana menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan sekelompok kecil konsumen. Strategi ini dilakukan untuk menghindari persaingan langsung dengan beberapa pesaing yang ada dengan memilih ceruk/segmen pasar tertentu. Dengan demikian arena persaingan perusahaan dapat dikecilkan dan benar-benar mampu untuk memberikan yang terbaik dalam pasar tersebut. Pasar yang dipilih tersebut tentunya pasar yang menurut pesaing yang lebih besar merupakan pasar yang terlalu kecil untuk dilayani tetapi cukup besar bagi perusahaan untuk dilayani. Fokus juga dapat dikombinasikan dengan differensiasi dan keunggulan biaya. Jadi terdapat dua strategi fokus yaitu cost focus atau differetiation focus.

18


Download ppt "PERMODALAN USAHA. Yang perlu diperhatikan : 1.Besar Modal Usaha yang memang dibutuhkan 2.Konsekuensi dari setiap sumber modal usaha 3.Kemampuan mengelola."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google