Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR-DASAR MANAJEMEN PENGETAHUAN INFRASTRUKTUR, MEKANISME DAN TEKNOLOGI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR-DASAR MANAJEMEN PENGETAHUAN INFRASTRUKTUR, MEKANISME DAN TEKNOLOGI."— Transcript presentasi:

1 DASAR-DASAR MANAJEMEN PENGETAHUAN INFRASTRUKTUR, MEKANISME DAN TEKNOLOGI

2 DEFINISI MANAJEMEN PENGETAHUAN  Manajemen pengetahuan secara sederhana didefinisikan sebagai melakukan apa yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sumber daya pengetahuan.  Manajemen pengetahuan didefinisikan sebagai proses-proses yang diperlukan untuk membangun, menangkap, mengkodifikasi dan mentransfer pengetahuan dalam organisasi untuk memperoleh keunggulan kompetitif.

3 SOLUSI DAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PENGETAHUAN (MP) MP bergantung pada 2 aspek yaitu : 1. Solusi MP : mengacu pada aspek-aspek tertentu dari MP yaitu menemukan, menangkap, membagi dan menerapkan pengetahuan. Solusi MP meliputi : proses MP dan sistem MP 2. Dasar-dasar MP : mengacu pada aspek-aspek organisasi untuk mendukung MP dalam jangka pendek dan panjang. Dasar-dasar MP meliputi infrastruktur MP, mekanisme MP dan teknologi MP.

4 Solusi MP bergantung pada dasar-dasar MP.

5 INFRASTRUKTUR MP Dalam konteks organisasi, infrastruktur MP meliputi 5 komponen : 1.Kultur organisasi, 2.Struktur organisasi, 3.Infrastruktur teknologi informasi, 4.Pengetahuan yang sama dan 5.Lingkungan fisik

6 INFRASTRUKTUR MP 1.Kultur organisasi : norma-norma dan keyakinan (belief) untuk mengarahkan perilaku anggota organisasi. Penting sbg enabler MP dalam organisasi. Menurut Dyer dan McDonough 2001, ada 4 tantangan non teknis terkait MP : (1) Karyawan organisasi tidak memiliki waktu untuk MP. (2) Kultur organisasi yang ada saat ini tidak mendorong knowledge sharing. (3) Tidak memahami MP dan manfaatnya bagi perusahaan. (4) Tidak mampu untuk mengukur manfaat finansial dari MP.

7 “If I share my knowledge, others may take advantage of that. Will they do the same for me?” (Standing and Benson, 2000, p.343)

8 INFRASTRUKTUR MP 2. MP bergantung pada struktur organisasi, karena : (1) Struktur hirarki organisasi mempengaruhi orang dalam berinteraksi dengan yang lain dan dari atau kepada siapa dia mau berbagi pengetahuan. (2) Struktur organisasi dapat memfasilitasi MP melalui komunitas praktik. (3) Struktur organisasi dapat memfasilitasi MP melalui munculnya peranan dan struktur spesialisasi seperti Chief Knowledge Officer (CKO), departemen KM.

9 INFRASTRUKTUR MP 3. Infrastruktur teknologi informasi (TI) meliputi pemrosesan, penyimpanan data dan teknologi dan sistem komunikasi. Terdiri dari database dan data warehouse serta enterprise resource planning system.

10 INFRASTRUKTUR MP 4. Pengetahuan yang sama membantu meningkatkan nilai tambah pengetahuan expert seseorang dengan mengintegrasikannya dengan pengetahuan yang lain. Contoh : shared norms, skema kognitif yang sama. 5. Lingkungan fisik dapat mendorong MP dengan menyediakan tempat bagi karyawan untuk bertemu dan berbagi ide. Terdiri dari rancangan gedung (kantor, ruang meeting) dan ruangan yang dirancang khusus untuk tempat informal knowledge sharing (coffee rooms, kafetaria)

11 MEKANISME MP Sarana secara struktur atau organisasi untuk mendorong manajemen pengetahuan. Mungkin melibatkan (atau tidak melibatkan) teknologi informasi, tetapi pasti melibatkan pengaturan secara organisasi atau sarana sosial atau struktural untuk memfasilitasi MP. Contoh : learning by doing, on-job- training, learning by observation dan face-to-face meeting

12 TEKNOLOGI MP Teknologi MP adalah teknologi informasi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi manajemen pengetahuan. Teknologi MP tidak berbeda dari teknologi informasi, berfokus pada MP, daripada hanya sekedar pemrosesan informasi. Contoh : Teknologi untuk mendukung MP, yaitu AI (artificial intelligence), electronic discussion groups, databases, decision support systems, enterprise resources planning systems, expert systems, management information systems, videoconference dan information repositories.


Download ppt "DASAR-DASAR MANAJEMEN PENGETAHUAN INFRASTRUKTUR, MEKANISME DAN TEKNOLOGI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google