Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsep Sistem Informasi Manajemen Beberapa konsep Struktural dasar dan Struktur SIM menurut dua cara: 1. Berdasarkan kegiatan manajemen 2. Fungsi organisatoris.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsep Sistem Informasi Manajemen Beberapa konsep Struktural dasar dan Struktur SIM menurut dua cara: 1. Berdasarkan kegiatan manajemen 2. Fungsi organisatoris."— Transcript presentasi:

1

2 Konsep Sistem Informasi Manajemen Beberapa konsep Struktural dasar dan Struktur SIM menurut dua cara: 1. Berdasarkan kegiatan manajemen 2. Fungsi organisatoris Konsep struktural dan kedua pendekatan kemudian disintesiskan ke dalam suatu struktur SIM yang didefinisikan secara konseptural dan fisik.

3 Pada Umumnya,apabila orang membicarakan sistem informasi yang tergambar adalah suatu sistem yang diciptakan untuk melaksanakan pengolahan data yang akan dimanfaatkan oleh suatu organisasi. Pemanfaatan data disini dapat berarti penunjang pada tugas – tugas rutin evaluasi terhadap prestasi organisasi, atau untuk pengembalian keputusan oleh organisasi tersebut.

4 Pengertian dan Klasifikasi Sistem Informasi Manajemen Definisi sebuah sistem informasi manajemen istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu umtuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi organisasi, manajemen, dan proses pengembalian keputusan di dalam suatu organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer prosedur pedoman, model manajemen, dan keputusan serta sebuah bank/basis data yang disebut database.

5 Untuk dapat memahami arti sistem informasi manajemen (SIM), kita kutip beberapa definisi yang diketengahkan oleh para ahli, lalu kita rumuskan sebagai berikut: 1. Robert G. Murdick dan Joel E Ross (“Sistem Informasi untuk Manajemen Modern”) SIM adalah proses komunikasi dimana informasi masukan (input) direkam, disimpan, dan diproses untuk menghasilkan output yang berupa keputusan tentang perencanaan pengoperasian dan pengawasan. 2. Joseph F. Kelly (“Computerized Management Information System) SIM adalah perpaduan sumber daya manusia dan sumber daya berbasis komputer yang menghasilkan kumpulan penyimpanan, kominikasi dan penggunaan data untuk tujuan operasi manajemen yang efisien serta perencanaan bisnis.

6 3. Gordon B. Davis (“Management Information System;Conceptual Foundation, Strukcture and Developement”) SIM adalah sistem manusia / mesin yang terpadu guna menyajikan informasi untuk mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan didalam suatu organisasi. 4. Drs. Soetedjo Moeljodihardjo (“Management Information System”) SIM adalah suatu metode untuk menghasilkan informasi yang tepat waktu bagi manajemen tentang lingkungan luar organisasi dan kegiatan operasi di dalam organisasi, dengan tujuan untuk menunjang proses pengambilan keputusan serta memperbaiki proses perencanaan dan pengawasan. 5. Drs. Komaruddin (“Ensiklopedia Manajemen”) SIM adalah suatu Pendekatan yang terorganisir dan terencana untuk memberi eksekutif bantuan informasi yang tepat dan dapat memberikan kemudahan bagi proses manajemen.

7 Manajemen sendri yang proses informasinya berlangsung harus dilihat sebagai sistem, dalam hal ini sebagai “ total system” berarti SIM merupakan slah satu subsistem dari sekian banyak subsistem yang tercakup oleh total sistem tersebut. Dalam prosesnya menuju tujuan yang telah ditetapkan organisasi, manajemen sebagai total sistem selain dipengaruhi oleh subsistem yang merupakan aspek dalam manajemen,juga diperngaruhi oleh suprasistem yaitu faktor- faktor di luar manajemen.

8 Berikut dijelaskan karakteristik SIM guna mendapat sinyal yang lebih dinitentnag keberadaan dan kondisi SIM di organisasi: 1. SIM membantu manajer secara terstruktur pada tingkat kontrol saja. 2. SIM di desain untuk memberikan laporan operational sehari-hari sehingga dapat memberi informasi untuk mengontrol operasi tersebut dengan baik. 3. SIM sangat tergantung pada keberadaan data organisasi secara keseluruhan, serta bergantung pada alur informasi yang dimiliki oleh organisasi tersebut. 4. SIM biasanya tidak memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah.

9 5. SIM biasanya berorentiasi pada data-data yang sudah terjadi atau data-data yang sedang terjadi,bukan data-data yang akan terjadi 6. SIM juga berorentasi pada data-data di dalam organisasi dibnding data-data dari luar organisasi. 7. SIM biasanya tidak fleksibel karena laporan – laporan yang dihasilkan banyak sudah dipersiapkan sebelumnya. 8. SIM membutuhkan perencanaan yang sangat matang dan panjang, sambil mamperhituungkan perkembangan organisasi dimasa mendatang.

10 Good Bye Thanks For Your Attention


Download ppt "Konsep Sistem Informasi Manajemen Beberapa konsep Struktural dasar dan Struktur SIM menurut dua cara: 1. Berdasarkan kegiatan manajemen 2. Fungsi organisatoris."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google