Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Julian Adam Ridjal, SP.,MP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Julian Adam Ridjal, SP.,MP."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Julian Adam Ridjal, SP.,MP.

2 SISTEM Sistem adalah seperangkat unsur yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam satu lingkungan tertentu (Ludwig, 1997). Sistem adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan (A. Rapoport, 1997). Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan (Raymond McLeod, 2001).

3 SISTEM Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan.

4 Jenis Sistem Sistem Terbuka (Open-Loop System) sistem yang tidak memiliki sasaran, pengendalian mekanis dan umpan balik. Sistem Tertutup (Closed-Loop System) sistem yang memiliki sasaran, pengendalian mekanis dan umpan balik.

5 Sistem Terbuka INPUT PROCESS/ TRANSFORMATION OUTPUT

6 Sistem Tertutup INPUT PROCESS/ TRANSFORMATION OUTPUT CONTROL MECHANISM OBJECTIVES

7 Informasi Informasi merupakan hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan dan dibutuhkan dalam pemahaman fakta-fakta yang ada(Budi Sutedjo, 2002). Informasi yaitu data yang telah diproses ke dalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi penerima dan memiliki nilai nyata yang dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan saat ini maupun saat mendatang (Davis, 1995).

8 Informasi Informasi merupakan kumpulan data yang telah diolah, baik bersifat kualitatif maupun kuantitatif dan memiliki arti lebih luas.

9 Manajemen Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan antar anggota organisasi dengan menggunakan seluruh sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner, 1998). Manajemen merupakan proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya (Terry, 1997).

10 Hierarki/Tingkatan Manajemen ENVIRONMENTAL INTERNAL Top Management Middle Management Lower Management Sumber : Raymond McLeod Jr., 2001 : p :12

11 Hierarki/Tingkatan Manajemen Sumber informasi yang dibutuhkan seorang manajer atau pimpinan yang menduduki posisi paling atas cenderung lebih banyak dari luar organisasi. Semakin rendah tingkat manajerial seseorang maka lebih banyak dibutuhkan sumber informasi dari internal organisasi yang bersangkutan. Bentuk Informasi yang dibutuhkan manajemen tingkat atas cenderung bentuk informasi yang lebih singkat.

12 Hierarki/Tingkatan Manajemen Summary / Ringkas Detail/ Terperinci Top Management Middle Management Lower Management Sumber : Raymond McLeod Jr., 2001 : p :12

13 Sistem Informasi Manajemen (SIM) SIM merupakan sebuah sistem manusia dan mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan proses pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi (Davis, 1995). SIM yaitu suatu metode yang menghasilkan informasi yang tepat waktu (timely) bagi manajemen tentang lingkungan eksternal dan operasi internal sebuah organisasi, dengan tujuan untuk menunjang pengambilan keputusan dalam rangka memperbaiki perencanaan dan pengendalian (Moeljodihardjo, 1992).

14 Sistem Informasi Manajemen (SIM) SIM adalah sistem yang dirancang untuk menyajikan informasi pilihan yang berorientasi kepada keputusan yang diperlukan oleh manajemen guna merencanakan, mengawasi dan menilai aktivitas organisasi yang dirancang dalam kerangka kerja yang menitikberatkan pada perencanaan keuntungan, perencanaan penampilan dan pengawasan pada semua tahap.

15 Kuadran Pendidikan dan SIM MasyarakatPesaing Pemerintah Pengguna Jasa Pendidikan Teknologi Pengetahuan Penelitian & Pengembangan Struktur Manusia Proses Sumber daya Infrastruktur Hardware Aplikasi Software EKSTERNAL INTERNAL PENDIDIKANSISTEM INFORMASI

16 Teknologi Informasi sebagai Aset Utama Pendidikan dalam Jangka Panjang Sumber Daya Manusia SDM perlu memiliki keahlian teknis yang menuntut cepatnya perkembangan informasi. Perlu pengetahuan antar SDM dengan menggunakan fasilitas kemudahan teknologi. Mampu berorientasi pada pemecahan masalah dengan analisis yang memadai. Teknologi Keserasian dalam penggunaan hardware dan software untuk terciptanya SIM yang mendukung pendidikan. Relasi Hubungan antara teknologi informasi dengan pihak manajemen sebagai pengambil keputusan (decision maker).

17 Gelombang Inovasi Teknologi menurut Budi Sutedjo (2002: 49) Gelombang Pertama, pemanfaatan TI difokuskan untuk peningkatan produktivitas dan memperkecil biaya. Gelombang Kedua, TI difokuskan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan peralatan komputer melalui pembangunan jaringan komputer. Gelombang Ketiga, TI difokuskan untuk menghasilkan keuntungan melalui pembangunan program sistem informasi.

18 Gelombang Inovasi Teknologi menurut Budi Sutedjo (2002: 49) Gelombang Keempat, TI difokuskan untuk membantu proses pengambilan keputusan dari data kualitatif. Gelombang Kelima, TI difokuskan untuk meraih pelanggan (konsumen) melalui pengembangan jaringan internet. Gelombang Keenam, TI difokuskan untuk mengembangkan sistem jaringan tanpa kabel (wireless).


Download ppt "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Julian Adam Ridjal, SP.,MP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google