Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER 1 Kelompok 1 : 1.Susi Susanti ( 2010240218 ) 2.Nengsi ( 2010240219 ) 3.Kuswatun ( 2010240220 )

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER 1 Kelompok 1 : 1.Susi Susanti ( 2010240218 ) 2.Nengsi ( 2010240219 ) 3.Kuswatun ( 2010240220 )"— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER 1 Kelompok 1 : 1.Susi Susanti ( ) 2.Nengsi ( ) 3.Kuswatun ( )

2 SISTEM INFORMASI 2  Pengertian Sistem Informasi Informasi adalah data yang telah di olah menjadi bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang.

3 Sistem Informasi Berbasis Komputer 3 Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.

4 Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti: komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi.

5 5 Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

6 6 Kenapa Komputer Begitu Sangat Penting Dalam Menyediakan Informasi  Kegiatan Bisnis Semakin meningkat dan Rumit  Globalisasi Ekonomi.  Persaingan Dunia.  Kebutuhan teknologi yang Andal.  Batas waktu semakin singkat.  Kendala-kendala sosial.  Tuntutan Pelayanan Praktis dan cepat saji.

7 7 Kenapa Komputer Begitu Sangat Penting Dalam Menyediakan Informasi  Kemampuan Komputer Semakin Baik  Kecepatan.  Kapasitas.  Repetitif (dlm pengolahan memiliki prosedur yg sama)  Input yang pasti.  Output yang akurat.  Keamanan proses dan dokumentasi.

8 Model CBIS 8 Computer-based Information System (CBIS) Accounting Information System Management Information System Decision Support Systems The Virtual Office Knowledge-based Systems Decisions Problem Information Solution

9 UNSUR – UNSUR CBIS Manusia (Brainware) - Staf Komputer profesional - Pemakai Perangkat Keras (Hardware) - CPU - Perangkat Masukan/keluaran - Perangkat Penyimpanan (memory) - Perkakas Komunikasi Perangkat lunak (Software) - Program -Manual/petunjuk penggunaannya Data Prosedur

10 10 Pengertian Manajemen Menurut Harold Knoontz & O’ Donnel dalam bukunya yang berjudul “Principles Of Management” mengemukakan, “ Managemen adalah berhubungan dengan pencapaian suatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain”. Menurut George R. Terry dalam bukunya yang berjudul “Principles Of Management” memberikan definisi : “Mangemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan, dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni agar dapat menyelesaikan tujuan yang telat ditetapkan sebelumnya”. Menurut James A.F. Stoner Managemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya

11 Manajemen Informasi 11 Manajemen informasi merupakan bentuk manajemen terhadap sumber daya pada sebuah instansi atau perusahaan.

12 Jenis-Jenis Utama Sumber Daya 12  Manusia  Material  Mesin  Uang  Informasi Sumber daya berwujud Sumber konseptual

13 Pemakai Informasi 13 Para pemakai informasi meliputi :  Manajer  Non-manajer  Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan.

14 Tingkat - Tingkat Manajemen 14  Tingkat Perencanaan Strategis (Strategic Planning Level)  Tingkat Pengendalian Manajemen (Management Control Level)  Tingkat Pengendalian Operasional (Operational Control Level)

15 Pengaruh Tingkat Manajemen Pada Sumber Informasi 15

16 Pengaruh Tingkat Manajemen Pada Bentuk Penyajian Informasi 16

17 Fungsi – Fungsi Manajemen Merencanakan (Plan) 2. Mengorganisasikan (Organize) 3. Menyusun Staff (Staff) 4. Mengarahkan (Direct) 5. Mengendalikan (Control)

18 Hubungan Tingkatan Manajemen Dengan Fungsi Manajemen 18

19 Peran-peran Manajerial menurut Mintzberg 19 Interpersonal Roles (aktivitas antar pribadi) : Figurehead (kepala), melaksanakan tugas- tugas seremonial; Leader (pemimpin), memelihara unit dengan mempekerjakan dan melatih staf serta memberikan dorongan dan motivasi; Liaison (penghubung), menjalin hubungan dengan orang-orang di luar unit, rekan kerja di unitnya dengan tujuan menyelesaikan masalah- masalah yang ada.

20 20 Informational Roles (aktivitas informasi) Monitor (pemantau), secara tetap mencari informasi kinerja unit; Disseminator (pewarta), meneruskan informasi yang berharga kepada orang lain di dalam unitnya; Spokesperson (juru bicara), meneruskan informasi yang berharga kepada orang-orang di luar unit – pimpinan dan orang disekitarnya Peran-peran Manajerial menurut Mintzberg

21 21 Peran Keputusan (Decisional) 1. Entrepreneur (wirausahawan) 2. Disturbance handler (pemberes gangguan) 3. Resource allocator (pembagi sumber daya) 4. Negotiator (perunding) Peran-peran Manajerial menurut Mintzberg

22 Keahlian Manajemen 22  Keahlian Komunikasi Komunikasi tertulis : laporan surat, memo, electronic mail, dan terbitan berkala. Komunikasi lisan : terjadi saat rapat, saat menggunakan telepon atau voice mail, saat meninjau fasilitas, serta berbagai acara bisnis dan kegiatan sosial.  Keahlian Pemecahan Masalah Selama proses pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan (decision making) yaitu tindakan memilih dari berbagai alternatif tindakan.

23 Pengetahuan Manajemen 23  Mengerti Komputer (computer literacy) Yaitu pengetahuan mengenai komputer yang diperlukan untuk berfungsi di masa kini.  Mengerti Informasi (information literacy) meliputi pengertian sebagai berikut: - Bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari proses pemecahan masalah - Dimana informasi dapat diperoleh - Bagaimana berbagi informasi dengan orang lain

24


Download ppt "SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER 1 Kelompok 1 : 1.Susi Susanti ( 2010240218 ) 2.Nengsi ( 2010240219 ) 3.Kuswatun ( 2010240220 )"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google