Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Alur Sistem Informasi NILAI SUATU INFORMASI DITENTUKAN DARI:  Kemudahan dalam memperoleh (easiness)  Sifat keluasan dan kelengkapan (comprehensibility)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Alur Sistem Informasi NILAI SUATU INFORMASI DITENTUKAN DARI:  Kemudahan dalam memperoleh (easiness)  Sifat keluasan dan kelengkapan (comprehensibility)"— Transcript presentasi:

1

2

3 Alur Sistem Informasi

4 NILAI SUATU INFORMASI DITENTUKAN DARI:  Kemudahan dalam memperoleh (easiness)  Sifat keluasan dan kelengkapan (comprehensibility)  Ketelitian (accuracy)  Kecocokan dengan users (relevance).  Ketetapan waktu  Kejelasan (clarity)  Flexibilitas/keluwesannya (flexibility)  Dapat dibuktikan  Tidak ada prasangka (without prejudice)  Dapat diukur (measurable)

5  SUMBER DAYA FISIK 1. Man (Manusia) 2. Material (Bahan) 3. Machine (Mesin - termasuk fasilitas + energi ) 4. Money (Uang )  SUMBER DAYA KONSEPTUAL 5. Information (Informasi – termasuk data) Sumber daya yang ke-5 (informasi) memiliki nilai dari apa yang diwakilinya, bukan dari bentuk wujudnya. Para manajer menggunakan sumber daya konseptual tersebut untuk mengelola sumber daya fisik.

6  Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan. Proses penyusunan sumber daya membutuhkan mekanisme pengubahan dari bahan mentah (raw material) menjadi bentuk yang lebih halus (fine material). Contoh: pelatihan pegawai (in-service training).  Setelah sumber daya ini disusun, manajer berusaha untuk memaksimalkan waktu yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak.  Ketika diperlukan, manajer mengganti sumber daya ini pada saat kritis (critical moment) sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien atau out of date.

7  Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna.  Manajer juga memastikan bahwa informasi tersebut diterima oleh orang yang tepat, dalam bentuk yang tepat dan pada saat yang tepat, sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.  Pada akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna dan menggantikannya dengan informasi yang lebih mutakhir dan akurat.  Seluruh aktivitas pemerolehan informasi (information gaining), menggunakannya se-effektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat, disebut “Manajemen Informasi”

8  Kegiatan bisnis semakin kompleks sehingga membutuhkan pengorganisasian yang lebih terstruktur dan kompleks  Komputer berevolusi dan memiliki kemampuan yang semakin sophisticated.

9 Planning (merencanakan) Organizing (mengorganisasikan) Staffing (menyusun staff) Directing (mengarahkan) Controlling (mengendalikan)

10 I nter – personal - Figure-head (tugas seremonial) - Leader (melatih, motivasi, mempekerjakan) - Liaison (menjalin hubungan) Informational - Monitor (selalu mencari informasi) - Disseminators (meneruskan informasi ke dalam) - Spokesperson (meneruskan informasi ke lu Decisional - Entrepreneur (membuat perbaikan) - Disturbance handler (bereaksi thd kejadian) - Resource Allocator (mengendalikan pengeluaran)

11 Fungsi-funsi manajemen dan peran – peran manajerial ini akan bermanfaat saat merancang sistem informasi

12 Keahlian Manajemen 1 keahlian komunikasi (menerima, mengirim informasi dlm bentuk lesan dan tertulis) 2 keahlian pemecah masalah (manajer perlu membuat keputusan dlm proses pemecahan masalah)  Pengetahuan Manajemen 1 Computer literacy (pengetahuan ttg istilah, keunggulan & kelemahan komputer) 2 Information literacy (bagaimana memperoleh & menggunakan informasi)

13 Sistem adalah sekelompok elemen yg terintegrasi dgn maksud yg sama utk mencapai suatu tujuan. Organisasi terdiri dari sejumlah sumber daya yg bekerja menuju tercapainya suatu tujuan tertentu sesuai ketentuan pemilik / manajemen. Sumber daya input diubah menjadi sumber daya output. Sumber daya mengalir dari elemen input, melalui elemen transformasi kpd elemen output (3 elemen sistem : input, transformasi dan output) Contoh: Input : bahan mentah, diubah menjadi barang jadi melalui proses manufaktur. Mekanisme kontrolnya adalah manajemen perusahaan, tujuannya adalah sasaran-sasaran yg ingin dicapai perusahan, lingkaran umpan baliknya adalah arus informasi kpd manajemen dan dari manajemen.

14 Sistem terbagi menjadi : 1. Sistem Terbuka : suatu sistem yg dihubungkan dgn lingkungannya melalui arus sumber daya 2. Sistem Tertutup : suatu sistem yg tdk dihubungkan dgn lingkungannya. Sub-sistem : Sistem di dalam suatu sistem, berarti bahwa sistem berada pada lebih dari satu tingkat. Super-sistem : Jika suatu sistem adalah bagian dari sistem yg lebih besar, sistem yg lebih besar itu adalah supersistem.

15 Tanggung jawab utama manajer adalah memastikan bahwa perusahaan mencapai tujuannya. Berbagai usaha diarahkan utk membuat semua bagian perusahaan bekerja sama. Manajer adalah elemen pengendali dalam sistem, menjaga sistem itu agar terus berjalan dan bergerak menuju tujuannya. Sistem perusahaan berada dalam satu atau lebih sistem lingkungan yg lebih besar atau super-sistem. Jika perusahaan itu suatu bank, misalnya maka ia merupakan bagian dari masyarakat keuangan, masyarakat bisnis, masyarakat setempat & masyarakat luas.

16 Perusahaan bisnis adalah suatu sistem fisik, yg terdiri dari sumber daya fisik. Sedangkan sistem konseptual sebaliknya, adalah sistem yg menggunakan sumber daya konseptual (informasi dan data) utk mewakili suatu sistem fisik, yg umumnya ada, sbg citra dari pikiran manajer, sbg angka atau tulisan pada selembar kertas atau dalam bentuk elektronik. Komputer adalah suatu sistem fisik, tetapi data dan informasi yg disimpan di dalamnya dpt dipandang sbg suatu sistem konseptual. Data dan informasi mewakili satu atau lebih sistem fisik. Sistem fisik penting karena keberadaannya, sistem konseptual penting karena penggambarannya atas sistem fisik.

17 Data Terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Informasi Adalah data yg telah diproses, atau data yang memiliki arti. Pengolah informasi (information processor) Adalah salah satu elemen kunci dlm sistem konseptual. Pengolah informasi dpt meliputi elemen-elemen komputer, elemen-elemen non-komputer atau kombinasi dari keduanya.


Download ppt "Alur Sistem Informasi NILAI SUATU INFORMASI DITENTUKAN DARI:  Kemudahan dalam memperoleh (easiness)  Sifat keluasan dan kelengkapan (comprehensibility)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google