Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN I : PENGERTIAN, TUJUAN, RUANG LINGKUP, ASPEK, DAN KEGUNAAN PROYEK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN I : PENGERTIAN, TUJUAN, RUANG LINGKUP, ASPEK, DAN KEGUNAAN PROYEK."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN I : PENGERTIAN, TUJUAN, RUANG LINGKUP, ASPEK, DAN KEGUNAAN PROYEK

2 PENGERTIAN PROYEK Proyek  kegiatan investasi terhadap sumberdaya yang ada, guna memperoleh manfaat sebesar-besarnya bagi individu atau masyarakat seluruhnya. Investasi  melibatkan sejumlah modal (capital) yang dikeluarkan sekarang dengan harapan manfaat di kemudian hari (masa mendatang). Manfaat  tambahan bagian yang diperoleh atau dirasakan oleh individu atau masyarakat sebagai akibat adanya investasi, baik yang dirasakan langsung maupun yang tidak langsung.

3 Analisis biaya-manfaat  alat untuk melihat apakah proyek investasi berhasil atau tidak apabila dilaksanakan. Keberhasilan suatu proyek  dilihat dari sisi individu peserta proyek (finansial) dan dari masyarakat keseluruhan (ekonomi).

4 Tujuan Analisis Biaya-Manfaat 1. Memperbaiki pemilihan investasi yang paling penting, tepat dan efisien. 2. Adanya keterbatasan sumberdaya dan sumber dana yang tersedia  menghindari pengorbanan sumberdaya yang tidak berguna 3. Melihat apakah proyek mampu memberikan tingkat keuntungan yang cukup layak atau memberikan manfaat ekonomi yang besar. 4. Menghindari kerugian yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan proyek sehingga tidak terjadi pemborosan penggunaan sumberdaya. 5. Memilih alternatif proyek yang paling bermanfaat bagi individu maupun masyarakat. 6. Memilih prioritas proyek yang dapat dilakukan.

5 RUANG LINGKUP ANALISIS BIAYA-MANFAAT Sebagai suatu “ art ” terdiri dari sekumpulan tehnik yang berguna bagi pengambilan keputusan. Pendekatan identifikasi awal pembangunan yang menghubungkan etika dan nilai-nilainya yang berkaitan dengan teori ekonomi. Tidak hanya mengidentifikasi penggunaan teknik analisis belaka, melainkan membahas keputusan penting bagi penentuan kebijakan investasi. Membentuk kerangka pemikiran untuk keputusan yang akan diambil.

6 Mengapa dilakukan Analisis Biaya-Manfaat Terbatasnya sumberdaya fisik dan dana yang tersedia. Penggunaan suatu sumberdaya, baik fisik maupun dana untuk suatu kegiatan, berarti menghilangkan kesempatan untuk kegiatan lainnya. Sebagai alat kebijakan pemerintah atau swasta sebelum memutuskan proyek apa yang terbaik untuk dapat dijalankan.

7 Cost Benefit Analysis Alat analisis yang berguna dalam pengkajian yang memberikan keyakinan bahwa suatu proyek dapat memberikan manfaat yang besar Didirikan Badan Perencanaan Nasional yang menyusun tugas pembangunan dalam bentuk : Pertumbuhan ekonomi nasional yang meliputi kegiatan-kegiatan sektoral (regional atau kelompok pendapatan tertentu) KEGUNAAN ANALISIS BIAYA-MANFAAT BAGI PEMBANGUNAN NASIONAL

8 Perencanaan pembangunan tersebut ditentukan dalam berbagai proyek yang dapat dilaksanakan. Proyek mempunyai kegiatan investasi modal yang dapat memberikan manfaat secara nasional. Umumnya terdapat kondisi keterbatasan tersedianya sumberdaya dan dana Pengkajian secara ekonomi yang dapat memberikan gambaran tentang manfaat yang diperoleh sebagai akibat adanya investasi Cost Benefit Analysis

9 Perencanaan Pembangunan (Proyek-Proyek Pertanian) Menentukan Target Pembangunan yang akan dicapai Pengkajian terhadap individu proyek menjadi penting dengan pendekatan yang menggunakan teori Cost-Benefit Analysis atau Project Analysis

10 Proyek merupakan : Unit aktivitas  koordinasi penggunaan SD yang terbatas untuk memproduksi barang/jasa  meningkatkan kesejahteraan nasional relatif terhadap keadaan tanpa proyek. Unit aktivitas  koordinasi penggunaan SD yang terbatas untuk memproduksi barang/jasa  meningkatkan kesejahteraan nasional relatif terhadap keadaan tanpa proyek.

11 Dari pengertian proyek terdapat kata-kata koordinasi, produksi, dan kesejahteraan. Dari pengertian proyek terdapat kata-kata koordinasi, produksi, dan kesejahteraan. 1. Koordinasi  menunjukkan bahwa ada bebrapa organisasi yg terlibat dalam proyek, yaitu swasta, pemerintah, koperasi, BUMN, dan usaha-usaha patungan  koordinasi dalam proyek penting diperhatikan. 2. Produksi  harus mampu melaksanakan kegiatan yang menghasilkan barang/jasa yang dpt meningkatkan kesejahteraan nasional. Proyek tdk hanya menyangkut investasi dlm suatu kegiatan melainkan juga menyusun jenis dan tahapan keg yang jelas selama jangka hidup proyek.

12 3. Kesejahteraan. Tujuan proyek memakmurkan kesejahteraan nasional termasuk pendapatan nasional menunjukkan bahwa proyek tdk saja berdampak pada kesejahteraan individu tetapi nasional (masyarakat keseluruhannya). 4. Biasanya dlm kegiatan proyek disamping investasi, dilibatkan juga penelitian dan penyuluhan sebagai persiapan pelaksanaan meskipun tdk disebutkan dlm pengertian proyek.

13 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "PERTEMUAN I : PENGERTIAN, TUJUAN, RUANG LINGKUP, ASPEK, DAN KEGUNAAN PROYEK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google