Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KPTA. Kerja Praktek merupakan mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa melaksanakan observasi, analisis, serta bekerja secara kelompok (team work) di perusahaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KPTA. Kerja Praktek merupakan mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa melaksanakan observasi, analisis, serta bekerja secara kelompok (team work) di perusahaan."— Transcript presentasi:

1 KPTA

2 Kerja Praktek merupakan mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa melaksanakan observasi, analisis, serta bekerja secara kelompok (team work) di perusahaan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi untuk jangka waktu selama minimal dua bulan, maksimal empat bulan dan berada di tempat KP, mengikuti aturan kerja perusahaan tempat KP

3 Tujuan 1. Magang kerja Melalui magang kerja ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja dalam masa studinya. 2. Kemampuan analisis Diharapkan mahasiswa dapat melakukan analisis sistem mengenai komponen-komponen perusahaan yang berkaitan dengan proses penciptaan dan distribusi informasi di perusahaan tempat KP. Komponen-komponen sistem misalnya Organisasi, Produk/Jasa, Standard Operating Procedure, R and D, Pasar dan Pelanggan, Strategic Business Plan, serta Teknologi Informasi. 3. Bekerja dalam team work Diharapkan mahasiswa dapat melakukan sosialisasi, komunikasi, inisiatif ataupun kontribusi di tempat KP. 4. Problem solving/pemecahan masalah Diharapkan mahasiswa dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di tempat KP.

4 Topik dan Hasil Kerja Praktek 1.Analisis sistem/organisasi 2.Perancangan software atau hardware 3.Pengembangan software

5 Syarat Kerja Praktek Mahasiswa yang boleh mengambil KP adalah mahasiswa yang telah lulus minimal 120 SKS dengan IPK minimal 2,0.

6 Prosedur Kerja Praktek – Mahasiswa merencanakan dan survei tempat KP. – Pengajuan KP dilakukan dengan mengisi Form KP di TU KPTA FTI. – TU KPTA FTI membuat surat pengantar KP untuk diberikan kepada mahasiswa, yang dibatasi maksimal dua kali pengajuan tempat KP. Apabila perusahaan tempat KP meminta proposal KP maka mahasiswa yang bersangkutan harus membuat proposal KP yang disetujui oleh Koordinator KPTA. – Mahasiswa melakukan registrasi SIASAT 3 SKS KP dan/atau 4 SKS bayar dan tidak mengambil mata kuliah lain pada saat bersamaan dengan KP. Sanksi pelanggaran pengambilan mata kuliah lain adalah nilai E untuk KP.

7 Prosedur Kerja Praktek... – Mahasiswa menyerahkan Transkrip Nilai yang dilegalisir oleh Registrar dan Kartu Studi Tetap kepada TU KPTA FTI. – TU KPTA FTI akan mendata mahasiswa yang melaksanakan KP pada trimester yang bersangkutan untuk diberikan kepada Koordinator KPTA. – Pada setiap awal semester, Koordinator KPTA bersama staf dosen mengadakan pertemuan untuk menentukan kelayakan tempat Kerja Praktek yang diajukan dan menentukan Dosen Pembimbing Kerja Praktek. – Jika dianggap layak, Koordinator KPTA akan mengumumkan daftar mahasiswa yang dapat melakukan KP beserta dosen pembimbingnya. – TU KPTA FTI membuat SK pembimbing KP.

8 Prosedur Kerja Praktek... – Mahasiswa harus melakukan bimbingan dengan Dosen Pembimbing yang telah ditunjuk sebelum melakukan KP. Mahasiswa yang tidak melakukan bimbingan sebelum KP, akan dikenakan sanksi berupa KP ulang. – Mahasiswa melakukan KP selama minimal dua bulan, maksimal empat bulan. – Mahasiswa harus mendapatkan Surat Keterangan telah melaksanakan KP dan membuat weekly report, yaitu laporan aktivitas mingguan selama KP (format dapat dilihat pada Lampiran 6) yang ditandatangani oleh Manajemen Perusahaan Tempat KP dan dicap, sebagai bukti telah melakukan KP dengan bekerja secara penuh waktu selama minimal dua bulan, maksimal empat bulan.

9 Prosedur Kerja Praktek... – Setelah melaksanakan KP, mahasiswa harus membuat Laporan KP dengan bimbingan Dosen Pembimbing. Dosen pembimbing kemudian menguji Laporan KP yang dibuat mahasiswa. – Mahasiswa mengumpulkan output KP yang berupa dua CD laporan KP yang berisi Laporan KP (format.pdf dan.doc) dan software yang dihasilkan (jika ada), diberi cover (lihat Gambar 2) yang diserahkan kepada kepada TU KPTA dan Dosen Pembimbing, serta menyerahkan Kartu Studi Tetap dan satu hardcopy Laporan KP ke TU KPTA. Khusus untuk lembar-lembar bertandatangan (surat keterangan, lembar persetujuan, lembar pengesahan, dan weekly report) yang dimasukkan ke dalam hardcopy Laporan KP harus asli, sedangkan yang dimasukkan ke dalam CD harus di-scan.

10 Prosedur Kerja Praktek... – Laporan KP harus diselesaikan paling lambat satu bulan setelah selesai magang di tempat KP. Jika dalam satu bulan belum selesai, maka akan dilakukan pengurangan nilai KP sebanyak satu grade oleh Dosen Pembimbing KP. Jika dalam satu semester pada putaran semester yang bersangkutan Laporan KP belum selesai, nilai KP dianggap E dan mahasiswa harus mengulang KP di tempat yang baru. – Dosen Pembimbing menyerahkan form nilai KP ke Koordinator KPTA untuk dicantumkan di SIASAT.

11 Prosedur Kerja Praktek... Proses: dari perusahaan/organisasi tempat KP (50%). Ditentukan berdasarkan Lembar Penilaian dari tempat KP dan informasi lainnya dari tempat KP. Pembimbingan (25%) Ditentukan berdasarkan adanya inisiatif, ide baru, kontribusi kepada perusahaan dalam materi laporan KP. Pengujian (25%) Ditentukan berdasarkan penguasaan materi dan teknik presentasi. Nilai akhir KP dapat menggunakan nilai tengah. Mahasiswa dinyatakan lulus KP bila mendapat nilai minimum C. Untuk mendapatkan nilai minimum C mahasiswa wajib berada di tempat KP sesuai ketentuan. Mahasiswa yang tidak lulus diharuskan mengulang KP dengan topik, tempat KP, dan dosen pembimbing yang berbeda.

12 Sistematika Penulisan Laporan KP Bagian Awal Bagian Awal meliputi Halaman Sampul Depan, Surat Keterangan telah Melaksanakan KP, Lembar Persetujuan, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, dan Daftar Lampiran (jika ada). Contoh masing- masing dapat dilihat di Lampiran 1-5. Bagian Utama Bagian Utama dapat dibagi menjadi Pendahuluan, Proses Bisnis, Pembahasan KP, dan Penutup.

13 Sistematika Penulisan Laporan KP... Pendahuluan Pendahuluan berisi penjelasan secara singkat alasan pemilihan tempat KP, profil singkat tempat KP, struktur organisasi tempat KP, dan bidang usaha tempat KP (core business), sebagai contoh misalnya bidang IT, kesehatan, industri tekstil, dan lain-lain. Proses Bisnis Proses bisnis berisi penjelasan tentang proses bisnis yang selama ini sudah ada di tempat KP yang direpresentasikan dalam bentuk diagram. Pembahasan Kerja Praktek/Laporan Pekerjaan Pembahasan KP berisi analisis tentang proses bisnis yang sudah ada, dilengkapi dengan kelemahan-kelemahannya, juga masukan terhadap proses bisnis tersebut untuk meningkatkan proses bisnis dan akhirnya pembahasan mengenai apa yang dikerjakan di tempat KP dan hasilnya.

14 Sistematika Penulisan Laporan KP... Kesimpulan dan Saran Penutup harus menyimpulkan kontribusi apa yang diberikan dan menyarankan perbaikan terhadap kelemahan yang ada. Bagian Akhir Bagian Akhir meliputi lampiran weekly report, yaitu lampiran laporan kegiatan mingguan KP yang ditandatangani oleh Manajemen Perusahaan dan dicap (dapat dilihat di Lampiran 6) dan lampiran-lampiran lain (jika ada).

15 Tugas Akhir

16 Proposal Judul Skripsi Latar Belakang Masalah Memuat penjelasan mengenai alasan-alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam Proposal Skripsi itu dipandang menarik, penting, dan perlu diteliti. Rumusan Masalah Memuat deskripsi masalah yang diangkat dalam skripsi.

17 Proposal... Tujuan dan Manfaat Memuat tujuan yang ingin dicapai secara spesifik yang berhubungan dengan rumusan masalah, sedangkan manfaat memuat manfaat secara akademik (menambah ilmu, memberi kontribusi dalam dunia pendidikan dan iptek) dan non akademik (bagi pengguna yang sifatnya aplikatif, misal pengambilan keputusan). Batasan Masalah Memuat penjelasan pembatasan masalah dan asumsi (hal-hal yang dianggap benar) yang akan dipergunakan pada penulisan skripsi.

18 Proposal... Tinjauan Pustaka Memuat penjelasan ringkas tentang hasil-hasil penelitian yang didapat oleh peneliti terdahulu yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan dan teori yang relevan dengan topik untuk menunjang perancangan/penelitian yang dibuat. Metode Penyelesaian Masalah Memuat uraian tentang cara yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Rencana Kerja Memuat tahap-tahap penelitian, rincian kegiatan pada setiap tahap, dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan setiap tahap. Rencana kerja disajikan dalam bentuk barchart Daftar Pustaka

19 Proposal... Proposal Skripsi dikumpulkan sebanyak dua bundel, dijilid soft cover warna biru, dimasukkan ke dalam map warna biru, dilengkapi form Pendaftaran Proposal Skripsi. Pengumpulan Proposal Skripsi dilakukan paling lambat satu bulan sebelum akhir semester berjalan atau sesuai jadwal yang diumumkan Koordinator TA

20 Proposal... Koordinator KPTA menyerahkan proposal kepada Bidang Pengembangan untuk memverifikasi usulan tersebut dan menentukan calon Dosen Pembimbing I dan II dengan mempertimbangkan usulan mahasiswa. Jika tidak diterima, mahasiswa harus mengajukan proposal baru ke Koordinator KPTA untuk diverifikasi oleh Bidang Pengembangan. Jika diterima, Koordinator KPTA membawa ke Rapat Fakultas untuk pengesahan Dosen Pembimbing.

21 Proposal... Jika tidak mengajukan Proposal Skripsi sampai batas waktu yang ditentukan, mahasiswa tidak diijinkan registrasi SIASAT untuk Skripsi. Mahasiswa yang sudah disetujui proposalnya, wajib melengkapi persyaratan administrasi ke TU KPTA, berupa KST skripsi, KST semester sebelumnya, dan transkrip yang sudah ditandatangani oleh Kaprogdi, paling lambat satu minggu setelah adjustment. Jika tidak memenuhi persyaratan ini, Fakultas berhak menghapus mata kuliah Skripsi yang diambil.

22 Jenis Skripsi 1. Penelitian (research) Penelitian merupakan suatu proses untuk mencari tahu atau membuktikan tingkah laku atau sifat-sifat dari suatu sistem atau komponen atau rumusan tertentu, untuk menghasilkan suatu kumpulan data dan kesimpulan tentang obyek yang diteliti. 2. Perancangan dan implementasi sistem Perancangan dan implementasi sistem merupakan penerapan suatu teori atau rumusan untuk merancang suatu sistem fungsional baik yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak, berdasarkan pengetahuan yang telah didapat.

23 Pelaksanaan Skripsi dan Bimbingan Bimbingan skripsi wajib dilakukan sebanyak 12 kali, yang dibuktikan dengan paraf dosen pembimbing pada Buku Konsultasi Bimbingan Tugas Akhir, yang dapat dibeli di TU FTI.

24


Download ppt "KPTA. Kerja Praktek merupakan mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa melaksanakan observasi, analisis, serta bekerja secara kelompok (team work) di perusahaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google