Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMPERKENALKAN DIRI. Memperkenalkan diri sendiri dan memperkenalkan orang lain dalam forum resmi, misalnya dalam kegiatan diskusi atau seminar. Kegiatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMPERKENALKAN DIRI. Memperkenalkan diri sendiri dan memperkenalkan orang lain dalam forum resmi, misalnya dalam kegiatan diskusi atau seminar. Kegiatan."— Transcript presentasi:

1 MEMPERKENALKAN DIRI

2 Memperkenalkan diri sendiri dan memperkenalkan orang lain dalam forum resmi, misalnya dalam kegiatan diskusi atau seminar. Kegiatan ini dilakukan oleh moderator atau pembawa acara. Memperkenalkan diri sendiri atau orang lain di depan umum (dalam forum resmi) harus lebih berhati-hati dibandingkan dengan perkenalan dalam forum tidak resmi. Perbedaan keduanya pada dasarnya dipengaruhi oleh akibat (efek) yang timbul, berupa kesan pendengar terhadap tokoh yang diperkenalkan.

3 Memperkenalkan diri dan orang lain tentunya menggunakan kalimat perkenalan yang tepat dan sesuai. Kalimat perkenalan merupakan kalimat yang berfungsi dan bertujuan untuk memperkenalkan diri atau orang lain. Kalimat perkenalan hendaknya disampaikan dengan lancar dan tidak monoton. Lafal, intonasi, dan suara harus jelas sehingga didengar oleh semua yang hadir dalam acara tersebut. Selain itu pilihlah kata-kata yang langsung ke pokok persoalan, tidak bertele-tele.

4 Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memperkenalkan diri atau orang lain dalam forum resmi: 1. Sampaikan data sesuai dengan catatan yang sudah diberikan, tanpa penambahan atau pengurangan. Penambahan atau pengurangan yang dilakukan mungkin akan berpengaruh terhadap predikat/dedikasi tokoh yang diperkenalkan. 2. Usahan tidak banyak menyertakan pendapat pribadi tentang tokoh yang diperkenalkan. Biarkan pendengar yang menyimpulkan sendiri kesan terhadap tokoh. 3. Gunakan bahasa komunikatif untuk menghadirkan suasana kekeluargaan yang akrab dan sopan.

5 4. Sertakan ekspresi sesuai dengan perkenalan 5. Gunakan lafal, kosakat, dan struktur bahasa baku untuk menghindari kesalahan pemahaman pendengar. 6. Manfaatkan intonasi, jeda, dan pengaturan volume suara agar informasi yang disampaikan mudah diterima oleh pendengar.

6 Tata urutan memperkenalkan diri dan orang lain dalam forum resmi: Menampilkan profil pribadi secara jujur, objektif (tidak dibuat-buat), ringkas, seperti nama, tempat dan tanggal lahir serta alamat tinggal Menampilkan riwayat pendidikan Menampilkan riwayat pengalaman Menampilkan hobi/kegemaran atau prestasi yang pernah diraih

7 Contoh kalimat memperkenalkan diri: Selamat siang, Bapak dan Ibu Guru SMAk IPEKA Sunter, serta rekan- rekan siswa SMAK IPEKA Sunter peserta seminar “Tips Menciptakan Lapangan Usaha Kecil” siang hari ini. Sebelum memaparkan makalah, izinkan terlebih dahulu saya memperkenalkan diri. Nama saya Crieshan Permadi. Saya dilahirkan di Bandung pada tanggal 14 Februari Saya anak kedua dari dua bersaudara, dan bertempat tinggal di Kota Cimahi Jalan Permata nomor 141 Bandung. Saat ini saya duduk di kelas X SMAK IPEKA Sunter, Jakarta. Saya memiliki hobi atau kegemaran membaca, menulis cerpen dan artikel serta berenang. Bapak dan Ibu Guru serta rekan-rekan SMAK IPEKA Sunter, demikianlah perkenalan singkat diri saya.

8 Contoh kalimat memperkenalkan orang lain: Bapak, Ibu dan peserta diskusi “Tips Menciptakan Lapangan Usaha Kecil” yang kami hormati. Sebelum membahas permasalahan tersebut, terlebih dahulu akan saya perkenalkan pembicara pertama dalam diskusi ini. Bapak, Ibu dan peserta diskusi yang kami hormati. Pembicara pertama diskusi ini Drs. Yosef Lorenzo, M.Pd. Beliau dilahirkan di Kota Manggarai NTT pada tanggal 21 April Beliau bertempat tinggal di Jalan Tanjung Duren nomor 2B Jakarta. Setelah menamatkan pendidikan SMA, Bapak Yosef Lorenzo melanjutkan pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik,Jurusan Komunikasi, Universitas Udayana, Bali. Setelah lulus, beliau bekerja di kantor pemerintahan di Mataram. Selanjutnya, beliau mendapat beasiswa dari Pemkot Mataram untuk melanjutkan Pendidikan S2 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dan lulus pada tahun Bapak, Ibu dan peserta diskusi “Tips Menciptakan Lapangan Usaha Kecil”, demikianlah perkenalan pemakalah pertama kita. Selanjutnya kamim persilakan kepada Bapak Yosef Lorenzo untuk menyampaikan makalahnya selama 30 menit.


Download ppt "MEMPERKENALKAN DIRI. Memperkenalkan diri sendiri dan memperkenalkan orang lain dalam forum resmi, misalnya dalam kegiatan diskusi atau seminar. Kegiatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google