Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RESENSI BUKU KELOMPOK 4. Resensi Ulasan atau penilaian atau pembicaraan mengenai buku, baik non fiksi maupun fiksi/suatu karya sastra (cerpen, novel,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RESENSI BUKU KELOMPOK 4. Resensi Ulasan atau penilaian atau pembicaraan mengenai buku, baik non fiksi maupun fiksi/suatu karya sastra (cerpen, novel,"— Transcript presentasi:

1 RESENSI BUKU KELOMPOK 4

2 Resensi Ulasan atau penilaian atau pembicaraan mengenai buku, baik non fiksi maupun fiksi/suatu karya sastra (cerpen, novel, drama/film, puisi). -wikibuku- Pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku. -KBBI-

3 Jenis-jenis resensi (Umum) Informatif, (memberikan informasi) yaitu sebuah resensi yang berusaha memberikan gambaran umum secara singkat tentang suatu buku, yang ditulis adalah hal-hal umum dan hal-hal penting tentang buku tersebut. Deskriptif, yaitu sebuah resensi yang berusaha mengulas buku beserta beberapa detailnya. Biasanya, penulisannya dibuat ringkasan perbab buku. Kritis/ evaluatif, yaitu resensi yang ditulis dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Biasanya, isi resensinya adalah penilaian tentang isi buku atau hal-hal yang berkaitan dengan buku Asosiatif, yaitu perpaduan antara ketiganya.

4 Jenis-jenis resensi (Sudut pandang atau sudut tinjau) Resensi Ilmiah Dalam resensi ilmiah digunakan tata cara keilmuan tertentu, menggunakan rujukan atau acuan, dan bahasa resmi dan baku serta yang dipaparkan selengkap-lengkapnya. Resensi Ilmiah Populer Resensi ilmiah populer tidak menggunakan rujukan atau acuan tertentu. Selain itu, isi resensi seringnya hanya memaparkan bagian-bagian yang menarik saja. Penyajiannya pun tidak terlalu tunduk pada bahasa resmi atau baku

5 Tujuan meresensi sebuah buku ?

6 Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif (mendalam) tentang apa yang tampak dan terungkap dalam suatu karya. Memberikan gambaran kepada masyarakat apakah karya yang diresensi itu merupakan suatu karya yang bermutu atau tidak. Memberikan gambaran kepada masyarakat apakah buku itu layak untuk dibaca.

7 Komponen Resensi 1.Judul Resensi 2.Data/Identitas Karya Sastra Isi Resensi Kekurangan & Kelebihan Penutup

8 Isi Resensi (Fiksi) Unsur Intrinstik - Tokoh - Penokohan - Tema - Alur/Plot - Gaya Bahasa - Sudut Pandang - Amanat - Latar Unsur Ekstrinsik - Latar belakang kehidupan pengarang - Pandangan hidup pengarang - Situasi sosial, budaya yang melatarbelakangi lahirnya karya tersebut.

9 Isi Resensi (Ilmiah) Kajiannya per unit atau per bab, disampaikan secara umum.

10 Judul Resensi Data/Identitas Karya Sastra

11 Alur/Plot Sudut Pandang Gaya Bahasa Latar, Tema, dan Tokoh

12 Penokohan Isi

13 Amanat Kelebihan dan Kekurangan Kesimpulan

14 Teknik Penulisan Resensi Metode objektif, lebih menekan kan pada isi buku dan pengarangnya. Melaporkan apa-apa yang penting dan baru yang telah ditulis oleh pengarang pada buku itu. Metode subjektif, cenderung menonjolkan kesan atau pendapat pribadi bagi penulis berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya terhadap apa yang di bahas atau diceritakan buku itu.

15 Tahapan Penulisan Resensi (Tahap Persiapan) 1. Memilih jenis buku. Tentu setiap orang mempunyai hobi dan minat tertentu pada sebuah buku. Pada proses pemilihan ini akan lebih baik kalau kita fokus untuk meresensi buku-buku tertentu yang menjadi minat atau sesuai dengan latarbelakang pendidikan kita. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa seseorang tidak mungkin menguasai berbagai macam bidang sekaligus. Ini terkait dengan ” otoritas ilmiah”. Tidak berarti membatasi atau melarang-larang orang untuk meresensi buku. Tapi, hanya soal siapa berbicara apa. 2. Usahakan buku baru. Ini jika karya resensi akan dipublikasikan di media cetak. Buku-buku yang sudah lama tentu kecil kemungkinan akan termuat karena dinilai sudah basi dengan asumsi sudah banyak yang membacanya. Sehingga tidak mengundang rasa penasaran. 3. Membuat anatomi buku. Yaitu informasi awal mengenai buku yang akan diresensi.

16 Tahapan Penulisan Resensi (Tahap Pengerjaan) 1. Membaca dengan detail dan mencatat hal-hal penting. Ini yang membedakan antara pembaca biasa dan peresensi buku. Bagi pembaca biasa, membaca bisa sambil lalu dan boleh menghentikan kapan saja. Bagi seorang peresensi, mesti membaca buku sampai tuntas agar bisa mendapatkan informasi buku secara menyeluruh. Begitu juga mencatat kutipan dan pemikiran yang dirasa penting yang terdapat dalam buku tersebut. 2. Setelah membaca, mulai menuliskan karya resensi buku yang dimaksud.

17 Tahapan Penulisan Resensi (Tahap Publikasi) 1. Karya disesuaikan dengan ruang media yang akan kita kirimi resensi. Setiap media berbeda-beda panjang dan pendeknya. Mengikuti syarat jumlah halaman dari media yang bersangkutan adalah sebuah langkah yang aman bagi peresensi. 2. Menyertakan cover halaman depan buku. 3. Mengirimkan karya sesuai dengan jenis buku-buku yang resensinya telah diterbitkan sebelumnya. Peresensi perlu menengok dan memahami buku jenis apa yang sering dimuat pada sebuah media tertentu. Hal ini untuk menghindari penolakan karya kita oleh redaktur.


Download ppt "RESENSI BUKU KELOMPOK 4. Resensi Ulasan atau penilaian atau pembicaraan mengenai buku, baik non fiksi maupun fiksi/suatu karya sastra (cerpen, novel,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google