Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RESENSI BUKU. Pengertian resensi adalah pertimbangan atau penilaian terhadap buku yang telah diterbitkan dan beredar di masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RESENSI BUKU. Pengertian resensi adalah pertimbangan atau penilaian terhadap buku yang telah diterbitkan dan beredar di masyarakat."— Transcript presentasi:

1 RESENSI BUKU

2 Pengertian resensi adalah pertimbangan atau penilaian terhadap buku yang telah diterbitkan dan beredar di masyarakat.

3 Langkah –langkah Resensi 1.Melakukan penjajakan terhadap buku yang akan diresensi, yang meliputi tema buku, penerbit, pengarang, dan katagori buku. 2.Membaca buku yang akan diresensi secara tuntas. 3.Memberi tanda atau catatan pada bagian tertentu yang akan dimunculkan/dipertimbangkan. 4.Membuat sinopsis atau inti sari buku tersebut. 5.Menentukan sikap terhadap buku tersebut, meliputikerangka karangka penulisan, isi pernyataan, bahasa, aspek teknis, dll.

4 Unsur-unsur yang diresensi/dinilai 1. Jenis buku 2. Kemurnian ide 3. Bentuk 4. Isi 5. Bahasa 6. kesimpulan

5 Susunan Bahasan Resensi 1.Pendahuluan: memberiukan gambaran keadaan buku, spt judul, pengarang, penerbit, dll. 2.Sinopsis buku: mengemukakan isi buku secara ringkas. 3. komentar: hal apa yang disampaikan oleh peresensi/resensator. 4.Kesimpulan: berisikan keputusan layak atau tidak buku tersebut bagi pembaca.

6 Syarat Penyusunan Resensi 1.objektif, singkat padat, tetapi menyeluruh; 2.Jelas dan langsung pada sasarannya; 3.Menggunakan bahasa ilmiah; 4.Memiliki nilai guna bagi pembaca

7 TUGAS Carilah salah satu buku karya sastra angkatan Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angk 45, angk 66 atau buku sastra terbaru karya sastrawan Indonesia(bukan terjemahan). resensilah buku tersebut, kerjakan di dokumen.

8 TERIMA KASIH


Download ppt "RESENSI BUKU. Pengertian resensi adalah pertimbangan atau penilaian terhadap buku yang telah diterbitkan dan beredar di masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google