Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH - 12 -

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH - 12 -"— Transcript presentasi:

1 LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH

2 I Langkah Penulisan Menentukan Topik, Tema, Tujuan, Pengungkapan Maksud, Tesis, dan judul. Menentukan Topik, Tema, Tujuan, Pengungkapan Maksud, Tesis, dan judul.  Topik berasal dari bahasa Yunani, yaitu topoi yang berarti tempat.  Dalam karang mangarang dimaknai sebagai pokok pembicaraan  Tema berasal dari Bahasa Yunani, yaitu tithenai yang berarti menempatkan atau meletakkan. Sesuatu yang telah ditempatkan/ diletakkan Sesuatu yang telah ditempatkan/ diletakkan  Dalam tulis menulis diartikan bahwa tema adalah suatu perumusan dari topik yang dijadikan landasan pembicaraan dan tujuan yang akan dicapai.

3 Indikator topik yang baik bagi penulis adalah: a. Sesuai dengan bidang keahlian. a. Sesuai dengan bidang keahlian. b. Sesuai dengan bidang studi yang didalami. b. Sesuai dengan bidang studi yang didalami. c. Sesuai dengan pengalaman. c. Sesuai dengan pengalaman. d. Sesuai dengan profesi/bidang kerja. d. Sesuai dengan profesi/bidang kerja. e. Sesuai kompetensi karakter penulis sehingga memberikan kontribusi bagi pembacanya. e. Sesuai kompetensi karakter penulis sehingga memberikan kontribusi bagi pembacanya. f. Sesuai dengan temuan yang pernah diteliti. f. Sesuai dengan temuan yang pernah diteliti. g. Sesuai dengan kualifikasi pengalaman. g. Sesuai dengan kualifikasi pengalaman.

4 Cara menentukan topik Gunakan Lima M Gunakan Lima M Banyak Membaca Banyak Membaca Banyak Mendengar Banyak Mendengar Banyak Melihat Banyak Melihat Banyak Mengamati Banyak Mengamati Banyak Merasakan/pengalaman Banyak Merasakan/pengalaman

5 Tujuan dan Maksud Tujuan: Sesuatu yang ingin disampaikan berdasarkan topik yang dipilih sesuai dengan maksud penulis dalam menguraikan topik Sesuatu yang ingin disampaikan berdasarkan topik yang dipilih sesuai dengan maksud penulis dalam menguraikan topik Pengungkapan Maksud: perumusan singkat yang tidak menekankan tema dasarnya. Dalam pengungkapan maksud, topik dan tujuan penulis hanya menjadi keterangan saja. perumusan singkat yang tidak menekankan tema dasarnya. Dalam pengungkapan maksud, topik dan tujuan penulis hanya menjadi keterangan saja.

6 Tesis /Pengungkapkan Maksud Tesis adalah perumusan singkat yang mengandung tema dasar dari sebuah tulisan. Tesis adalah perumusan singkat yang mengandung tema dasar dari sebuah tulisan. Kalimat tesis merupakan ide sentral karangan yang disusun secara teknis. Kalimat tesis merupakan ide sentral karangan yang disusun secara teknis. Ciri kalimat tesis yang baik: Ciri kalimat tesis yang baik: berisi gabungan rumusan topik dan tujuan, berupa kalimat lengkap, menggunakan kata lugas, berupa pernyataan positif, mengarahkan tulisan, dan dapat diukur dan dibuktikan kebenarannya. berisi gabungan rumusan topik dan tujuan, berupa kalimat lengkap, menggunakan kata lugas, berupa pernyataan positif, mengarahkan tulisan, dan dapat diukur dan dibuktikan kebenarannya.

7 Contoh Topik, Tujuan dan Tesis Topik :Mahasiswa dan Korupsi Topik :Mahasiswa dan Korupsi Tujuan : Untuk menanamkan rasa antikorupsi Tujuan : Untuk menanamkan rasa antikorupsi sehingga ketika mereka terjun ke tengah masyarakat, mereka tidak sehingga ketika mereka terjun ke tengah masyarakat, mereka tidak melakukan korupsi dan berusaha memberantasnya. melakukan korupsi dan berusaha memberantasnya. Tesis :Dalam rangka pemberantasan korupsi, rasa antikorupsi harus ditanamkan kepada mahasiswa. Tesis :Dalam rangka pemberantasan korupsi, rasa antikorupsi harus ditanamkan kepada mahasiswa.

8 Contoh Pengungkapan Maksud Topik : Kebiasaan- Kebiasaan Kampus Tujuan : Menggambarkan dan mengadakan penilaian terhadap beberapa kebiasaan kampus yang paling popular. P.Maksud : Dalam uraian ini penulis akan berusaha menggambarkan dan mengadakan penilaian terhadap beberapa kebiasaan yang paling popular, sehingga dapat dijadikan pegangan sejauh mana kita boleh mengikuti atau menolak.

9 Syarat-syarat Judul Judul 1.Sesuai dengan topik 1.Sesuai dengan topik 2.Menggambarkan isi 2.Menggambarkan isi 3. Singkat 3. Singkat 4. Berbentuk frasa bukan kalimat 4. Berbentuk frasa bukan kalimat 5. Jelas dan menggunakan kata 5. Jelas dan menggunakan kata yang lugas yang lugas

10 II Kerangka Karangan Ilmiah Kerangka Karangan adalah suatu rencana yang memuat garis-garis dari suatu tulisan yang akan digarap. Manfaatnya: 1. Menyusun karangan secara teratur, 2. Memudahkan penulis menciptakan klimaks yang berbeda-beda, 3. Menghindari penggarapan dua kali dan menghindari agar tidak ada topik yang terlupakan, 4. Memudahkan penulis mencari materi pembantu, dan 5. Memudahkan pembaca melihat wujud gagasan.

11 Unsur-unsur Karya Ilmiah 1. Unsur Inti 1.Pendahuluan 1.Pendahuluan 2.Analisis/pembahasan 2.Analisis/pembahasan 3.Penutup 3.Penutup 4.Daftar Pustaka 4.Daftar Pustaka 2. Unsur Tambahan 1.Halaman sampul 1.Halaman sampul 2.Halaman Pengesahan 2.Halaman Pengesahan 3.Kata Pengantar 3.Kata Pengantar 4.Abstrak 4.Abstrak 5.Daftar Isi 5.Daftar Isi 6.Daftar Tabel 6.Daftar Tabel 7.Lampiran 7.Lampiran

12 Kerangka Proposal 1. Latar belakang 2. Permasalahan 3. Tujuan penelitian 4. Ruang lingkup penelitian 5. Kemaknawian penelitian ini 6. Tinjauan kepustakaan

13 7. Kerangka teoretis 8. Metodologi penelitian 9. Hasil yang diharapkan 10. Ancangan kerangka karangan 11. Jadwal kerja 12. Daftar kepustakaan

14 KERANGKA SKRIPSI

15 1. PELENGKAP PENDAHULUAN Halaman Judul Halaman Judul Halaman Pengesahan Halaman Pengesahan Abstrak Abstrak Kata Pengantar Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Isi Daftar Gambar Daftar Gambar Daftar Tabel Daftar Tabel Daftar Singkatan dan Lambang Daftar Singkatan dan Lambang Glosarium Istilah Glosarium Istilah Pernyataan Penghargaan Pernyataan Penghargaan

16 2.ISI 1. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1.2 Perumusan Masalah 1.3 Cakupan Penelitian 1.4 Tujuan Penelitian 1.5 Kemaknawian 2. TINJAUAN KEPUSTAKAAN DAN PENELITIAN TERKAIT 3. KERANGKA TEORI (DAN MODEL KONSEPTUAL)

17 4. METODE PENELITIAN 4.1 Ancangan Penelitian 4.2 Teknik Pengumpulan Data 4.3 Instrumen Penelitian 4.4 Populasi, Sampel, Korpus Data 5. ANALISIS (BAB, SUBBAB, SEKSI, SUBSEKSI 5. ANALISIS (BAB, SUBBAB, SEKSI, SUBSEKSI 6. SIMPULAN HASIL PENELITIAN (+SARAN) 6. SIMPULAN HASIL PENELITIAN (+SARAN)

18 ─ Lampiran ─ Pustaka Acuan 3.PELENGKAP PENUTUP


Download ppt "LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH LANGKAH PENULISAN KARANGAN ILMIAH - 12 -"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google