Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TAHAPAN PRAPENELITIAN. 1. TAHAP PENELITIAN PENELITIAN PRAPENELITIAN PELAKSANAAN PELAPORAN MENUNTUN PENELITI UNTUK BERUSAHA MERUMUSKAN SECARA JELAS TENTANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TAHAPAN PRAPENELITIAN. 1. TAHAP PENELITIAN PENELITIAN PRAPENELITIAN PELAKSANAAN PELAPORAN MENUNTUN PENELITI UNTUK BERUSAHA MERUMUSKAN SECARA JELAS TENTANG."— Transcript presentasi:

1 TAHAPAN PRAPENELITIAN

2 1. TAHAP PENELITIAN PENELITIAN PRAPENELITIAN PELAKSANAAN PELAPORAN MENUNTUN PENELITI UNTUK BERUSAHA MERUMUSKAN SECARA JELAS TENTANG MASALAH ANG HENDAK DIPECAHKAN MELALUI PENELITIAN 1 LATAR BELAKANG 2. RUMUSAN MASALAH 3. LANDASAN TEORI 4. STUDI PUSTAKA 5. METODE PENYEDIAAN DATA ANALISIS DATA RUMUSAN HASIL ANALISIS DATA

3 PRAPENELITIAN PENYUSUNAN PROPOSAL HIPOTESIS HASIL YANG DIHARAPKAN DAFTAR PUSTAKA JADWAL KEGIATAN

4 2. TAHAPAN PRA PENELITIAN ADALAH TAHAP PENYUSUNAN DESAIN ATAU USULAN PENELITIAN (PROPOSAL) DESAIN PENELITIAN YANG BAIK DISUSUN DAN MEMENUHI UNSUR-UNSUR YANG TELAH DITENTUKAN BAGIAN AWAL BAGIAN UTAMA BAGIAN AKHIR

5 HALAMAN JUDUL HALAMAN PENGESAHAN BAGIAN AWAL

6 BAGIAN UTAMA METODE PENELITIAN PENDAHULUANJ TUJUAN KERANGKA TEORI ADWAL PENELITIAN RUMUSAN MASALAH HIPOTESIS (BILA ADA) TINJAUAN PUSTAKA

7 A. PENDAHULUAN Kegunaan utama bagian utama pendahuluan adalah untuk memberikan latar belakang atau konteks yang diperlukan bagi permasalahan penelitian. Menempatkan masalah penelitian dalam suatu konteks yang tepat mungkin merupakan persoalan paling penting.

8 ISI PENDAHULUAN Pendahuluan biasanya dimulai dengan pernyataan umum tentang bidang permasalahan, yang kemudian difokuskan pada masalah penelitian secara lebih spesifik, dan selanjutnya diikuti dengan alasan atau justifikasi bagi penelitian yang diusulkan.

9 HAL-HAL YANG HARUS ADA DALAM PENDAHULUAN 1.Memuat pernyataan tentang permasalahan penelitian dan mengapa masalah itu penting untuk diteliti. 2.Memberikan konteks dan membangun landasan bagi pernataan penelitian sedemikian rupa sehingga mampu menunjukkan perlu dan pentingnya penelitian dilakukan. 3.Mangajukan argumentasi dan rasionalisasi bagi penelitian yang diusulkan dan menunjukkan dengan jelas mengapa penelitian ini layak dan bernilai untuk dilakukan.

10 4. Menggambarkan secara singkat isu-isu pokok dan bagian-bagian yang kan dicakup oleh penelitian yang akan dilakukan. 5. Membuat batasan agtau ruang lingkup penelitian yang diusulkan agar fokus menjadi jelas. 6. Memberikan definisi dari konsep-konsep isi.

11 B. Rumusan Masalah Berisi uraian tentang masalah-masalah yang hendak dipecahkan melalui penelitian. Masalah perlu dirumuskan karena merupakan inti dari sebuah penelitian. Perumusan masalah tidak terlepas dari latar belakang yang telah dikemukakan pada bagian pendahuluan.

12 C. TUJUAN PENELITIAN Tujuan penelitian berisi uraian tentang tujuan penelitian secara spesifik yang ingin dicapai dari penelitian yang hendak dilakukan. Contoh: -Untuk mengethui pengaruh kecerdasan, knowledge, dan lingkungan, baik secara bersama- sama maupun masing-masing, mahasiswa Bina Darma terhadap sikap ilmiahnya. - Untuk mengkaji hubungan antara metode kooperatif dengan kemampuan menulis siswa kelas XIII SMP Negeri 1 Palembang.

13 D. TINJAUAN PUSTAKA Perlu diacu penelitian sejenis yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu. Hal ini penting guna mengetahui kelebihan dan kekurangan penelitian yang diusulkan sehingga jangan sampai penelitian yang akan kita lakukan dikatakan jiplakan atau mengulangi penelitian terdahulu.

14 E. KERANGKA TEORI Kerangka teori dijabarkan dari tijauan pustaka dan disusun oleh peneliti sebagai kerangka acuan dalam memecahkan masalah dan untuk merumuskan hipotesis (jika hipotesis perlu dicantumkan).

15 F. METODE PENELITIAN Dijelaskan cara penelitian akan dilakukan. Dalam metode penelitian terkandung unsur 1.Bahan atau materi penelitian - sampel - populasi - informan 2. Alat = instrumen penelitian 3. Jalan penelitian= cara melaksanakan penelitian 4. Variabel dan data yang hendak disediakan 5. Analisis data = uraian tentang metode dan teknik yang akan digunakan.


Download ppt "TAHAPAN PRAPENELITIAN. 1. TAHAP PENELITIAN PENELITIAN PRAPENELITIAN PELAKSANAAN PELAPORAN MENUNTUN PENELITI UNTUK BERUSAHA MERUMUSKAN SECARA JELAS TENTANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google