Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN. Rancangan atau proposal penelitian merupakan pedoman yang berisi langkah-langkah yang akan di ikuti oleh peneliti untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN. Rancangan atau proposal penelitian merupakan pedoman yang berisi langkah-langkah yang akan di ikuti oleh peneliti untuk."— Transcript presentasi:

1 MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN

2 Rancangan atau proposal penelitian merupakan pedoman yang berisi langkah-langkah yang akan di ikuti oleh peneliti untuk melakukan penelitiannya. Penelitian berangkat dari adanya suatu permasalahan Rancangan penelitian yang sering disebut proposal penelitian paling tidak berisi empat komponen utama,yaitu : 1. Permasalahan 2. Landasan Teori dan Pengajuan Hipotesis 3. Metode penelitian

3 3 I. PENDAHULUAN 1.LATAR BELAKANG 2.PERMASALAHAN/PERUMUSAN MASALAH IDENTIFIKASI MASALAH IDENTIFIKASI MASALAH RUMUSAN MASALAH RUMUSAN MASALAH 3. TUJUAN PENELITIAN 3. TUJUAN PENELITIAN BAB-BAB DALAM PENELITIAN/RISET

4 4 II. TINJAUAN PUSTAKA 1. HASIL-HASIL PENELITIAN TERDAHULU 2. LANDASAN TEORI 3. KERANGKA PEMIKIRAN DAN HIPOTESIS

5 5 BAB-BAB DALAM PENELITIAN/RISET 1.PENENTUAN LOKASI/OBYEK 2.PENENTUAN SAMPEL 3.PENGUMPULAN DATA 4.ANALISIS DATA 5.DEFINISI OPERASIONAL DAN PENGUKURAN VARIABEL III. METODA PENELITIAN

6 MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN Latar Belakang Masalah Pada bagian ini berisi tentang sejarah dan peristiwa- peristiwa yang sedang terjadi pada suatu objek penelitian. Melalui analisis masalah ini,penelitian harus dapat menunjukan adanya suatu penyimpangan yang ditunjukan dengan data dan menuliskan mengapa hal ini perlu diteliti. Indentifikasi Masalah Dalam bagain ini perlu dituliskan berbagai masalah yang ada pada objek yang diteliti. Untuk dapat mengidentifikasi masalah dengan baik, maka peneliti perlu melakukan studi pendahuluan, observasi, dan wawancara ke berbagai sumber.

7 MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN Rumusan Masalah Setelah masalah yang akan diteliti itu ditentukan, dan supaya masalah dapat terjawab secara akurat, maka masalah yang diteliti itu perlu dirumuskan secara spesifik. Tujuan Penelitian Tujuan disini berkenaan dengan tujuan dalam melakukan penelitian. Tujuan penelitian berkaitan erat dengan rumusan masalah yang dituliskan. Contoh : RM: Bagaimana tingakt keberhasilkan suatu usaha? TP : Ingin mengetahui tingkat keberhasilan……

8 MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN Landasan Teori adalah teori-teori yang relevan yang dapat digunakan untuk menjelaskan tentang variabel yang akan diteliti, serta sebagai dasar untuk memberi jawaban terhadap rumusan masalah yang diajukan. Kerangka Pemikiran Kerangka berfikir merupakan sintesa dari teori-teori yang digunakan dalam penelitian sehingga mampu menjelaskan secara opersaional variabel yang diteliti. Hipotesis Titik tolak untuk merumuskan hipotesis adalah rumusan masalah dan kerangka berfikir.

9 MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN Metode Penelitian Untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis, diperlukan metode penelitian.Untuk itu perlu ditetapkan metode penelitian apa yang akan digunakan. Populasi dan sampel Dalam penelitian perlu dijelaskan populasi dan sampel yang dapat digunakan sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data Yang diperlukan adalah teknik pengumpulan data mana yang paling tepat, sehingga betul-betul didapat data yang valid dan reliabel.

10 MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN Teknik Analisis Data Teknik analisis data ini berkenaan dengan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah dan pengujian hipotesis yang diajukan. Instrument Penelitian Dalam hal ini perlu dikemukakan instrument apa saja yang akan digunakan untuk penelitian, skala pengukuran yang ada pada setiap instrument, prosedur pengujian validitas dan reabilitas instrument.


Download ppt "MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN. Rancangan atau proposal penelitian merupakan pedoman yang berisi langkah-langkah yang akan di ikuti oleh peneliti untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google