Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan IX. BAB. V DESAIN PENELITIAN OBSERVASI Identifikasi Ruang Lingkup Penelitian PENJAJAKAN AWAL Wawancara Survei Literatur DEFENISI MASALAH Membatasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan IX. BAB. V DESAIN PENELITIAN OBSERVASI Identifikasi Ruang Lingkup Penelitian PENJAJAKAN AWAL Wawancara Survei Literatur DEFENISI MASALAH Membatasi."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan IX

2 BAB. V DESAIN PENELITIAN

3 OBSERVASI Identifikasi Ruang Lingkup Penelitian PENJAJAKAN AWAL Wawancara Survei Literatur DEFENISI MASALAH Membatasi Masalah Penelitian KERANGKA TEORI Identifikasi Dan Menjelaskan Variabel HIPOTESIS UMUM DESAIN PENELITIAN PENGUMPULAN DATA, ANALISIS DAN INTERPRETASI DEDUKSI Subtansi Hipotesis ? Penelitian Terjawab ? Pelaporan No Yes

4 Pernyataan Masalah TUJUAN STUDI Eksplorasi Deskripsi Uji Hipotesis TIPE INVESTIGASI Hubungan Sebab Korelasi Uji Perbedaan, ranks PENGARUH PENELITI Minimal Manipulasi dan Atau control STUDY SETTING Contrived Noncontrived TEHNIK PENGUKURAN Defenisi Operasional Scala Categori Coding ANALISIS DATA Feel for data Goodness of data Uji Hipotesis UNIT ANALISIS Individu Keluarga Group Organisasi SAMPLING DESIGN Probability/ Nonprobability Ukuran Sample TIME HORIZON One Shot (crossectional) Longitudinal Metode Pengumpulan Data Observasi Wawancara Kueioner Pengukuran Fisik Unobtrusive

5 MENGAPA PERLU DESAIN RISET ? Digunakan sebagai pedoman dalam melakukan proses penelitian. Desain penelitian akan berguna bagi semua pihak yang terlibat dalam proses penelitian.

6 Kita dapat mengelompokkan desain penelitian dilihat dari berbagai sudut pandang. 1.Desain penelitian dilihat dari perumusan masalahnya. 1.Penelitian eksploratif 2.Penelitian uji hipotesis 2.Desain penelitian berdasarkan metode pengumpulan data 1.Penelitian pengamatan 2.Peneltian Survai 3.Desain penelitian dilihat dari pengendalian variabel-variabel oleh peneliti 1.Penelitian eksperimental 2.Penelitian ex post facto 4.Desain penelitian menurut tujuannya 1.Penelitian deskriptif 2.Penelitian komparatif 3.Penelitian asosiatif

7 5. Desain penelitian dilihat dari dimensi waktu 1.Penelitian Time Series 2. Penelitian Cross Section

8 6. Desain penelitian dilihat dari lingkungan studi dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu: 1.Studi lapangan 2.Eksperimen lapangan 3.Eksperimen laboratorium

9 Metode Pengumpulan Data Metode Observasi –merupakan metode pengumpulan data dimana peneliti tidak memiliki kendali sama sekali terhadap permunculan respon objek yang diamati, kecuali dalam menentukan faktor yang diamati dan memeriksa ketelitian data. Metode Survei –merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui penarikan contoh (sample) dengan menggunakan teknik tertentu (specified sampling technique) dari suatu populasi. seperti : wawancara personal, wawancara telepon, survey kuesioner, dan survey langsung Metode Percobaan –merupakan metode yang umum dilakukan bila peneliti ingin memiliki keleluasan dalam melakukan pengawasan/kendali terhadap sumber-sumber keragaman data (source of variance).

10 Berkaitan dengan perumusan masalah ? Apa permasalahan utama sehingga perlu dilakukan penelitian? Apakah tujuan dilaksanakannya penelitian ? Apakah datanya bisa diperoleh ? Apakah kita mampu untuk melakukan penelitian dilihat dari biaya, tenaga, waktu dan latar belakang teori ? Apakah dapat memperoleh untuk mendapatkan ijin penelitian? Berapa banyak informasi yang sudah kita peroleh ? Apakah masih perlu dilakukan studi pendahuluan ?

11 Berkaitan dengan tinjauan teoritis Teori-teori apa yang dapat mendukung penelitian ? Dari mana kita dapat teori-teori pendukung penelitian ? Apakah sudah ada penelitian terdahulu yang relevan ? Bagaimana bentuk kerangka pemikiran penelitian ?

12 Berkaitan dengan perumusan hipotesis Apakah penelitian memerlukan hipotesis ? Apa dasar yang digunakan untuk merumuskan hipotesis? Bagaimana bentuk hipotesis yang akan kita rumuskan ?

13 Berkiatan dengan desain penelitian Bagaimana desain perumusan masalahnya ? Bagaimana desain landasan teoritisnya ? Bagaimana desain perumusan hipotesisnya? Bagaimana skala pengukurannya ? Berapa jumlah sampel yang diperlukan ? Bagaimana teknik pengambilan sampel ? Instrumen apa yang akan digunakan dalam penelitian ?

14 Berkaitan dengan penentuan variabel dan sumber data 1.Variabel apa saja yang akan diteliti ? 2.Dari mana data akan kita peroleh ?

15 Berkaitan dengan pengumpulan data 1.Data apa saja yang harus dikumpulkan ? 2.Bagaimana instrumen untuk mengumpulkan data ? 3.Siapa yang akan mengumpulkan data ? 4.Berapa biaya untuk mengumpulkan data ? 5.Berapa tenaga yang diperlukan untuk mengumpulkan data ? 6.Bagaimana prosedur yang harus dipenuhi untuk mengumpulkan data ?

16 Berkaitan dengan analisis dan interpretasi data 1.Bagaimana format untuk tabulasi data ? 2.Siapa yang akan menabulasi data ? 3.Berapa lama proses tabulasi data ? 4.Alat analisis apa yang akan digunakan ? 5.Sofware apa yang akan digunakan untuk analisis data ?

17 Berkaitan dengan pembuatan kesimpulan dan saran Bagaimana cara penyampaian kesimpulan ? Untuk siapa saja saran yang akan diberikan ? Apakah saran dalam bentuk umum atau spesifik ?

18 Berkaitan dengan penyusunan laporan Bagaimana format laporan penelitian ? Siapa saja yang akan membaca laporan ? Berapa banyak laporan akan digandakan ? Berapa kali presentasi hasil penelitian dilakukan ? Kepada siapa presentasi hasil penelitian dilakukan ?


Download ppt "Pertemuan IX. BAB. V DESAIN PENELITIAN OBSERVASI Identifikasi Ruang Lingkup Penelitian PENJAJAKAN AWAL Wawancara Survei Literatur DEFENISI MASALAH Membatasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google