Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 TRANSPOR AKTIF TRANSPOR AKTIF  TRANSPOR MOLEKUL BESAR TRANSPOR MOLEKUL BESAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " TRANSPOR AKTIF TRANSPOR AKTIF  TRANSPOR MOLEKUL BESAR TRANSPOR MOLEKUL BESAR."— Transcript presentasi:

1

2  TRANSPOR AKTIF TRANSPOR AKTIF  TRANSPOR MOLEKUL BESAR TRANSPOR MOLEKUL BESAR

3 TRANSPOR AKTIF Transpor aktif : pergerakan ion dengan menggunakan energi dan melawan gradien konsentrasi. Gambar : Pompa proton merupakan contoh protein membran yang menyimpan energi dengan cara membangkitkan tegangan (pemisahan muatan) melintasi membran. Dengan menggunakan ATP sebagai penggeraknya, pompa proton mentranslokasikan muatan positif dalam bentuk ion hidrogen.

4 TRANSPOR AKTIF Pompa Na/K ATPase Pompa Na/K ATPase, mendapatkan energinya dari hidrolisis ATP. Fungsi dari pompa Na/K ATPase adalah untuk mengatur gradient elektrokimia membran sel. Dengan cara memompa Na keluar sel dan memompa K ke dalam sel. Dengan proses tersebut maka terbentuk potesial kimia dua gradien konsentrasi ion (Na dan K). Na/K ATPase Kotranspor

5 TRANSPOR AKTIF

6 Kotranspor Pompa bertenaga-ATP tunggal yang mentranspor zat terlarut spesifik dan dapat menggerakan transpor aktif beberapa zat terlarut lain secara tidak langsung dalam suatu mekanisme yang disebut kotranspor. COTRANSPORT SYMPORT ANTIPORT

7 TRANSPORT AKTIF Symport Dua zat terlarut ditransportasikan dalam arah yang sama. Gambar : Symport Na-glucose di dalam usus, dari lumen usus ke dalam sel usus Antiport Dua zat terlarut ditransportasikan dalam arah yang berlawanan. Contohnya, Antiport Ca-Na di dalam otot.

8 EKSOSITOSISENDOSITOSIS

9 EKSOSITOSIS  EKSOSITOSIS : Pengeluaran zat dari dalam sel dengan cara menggabungkan vesikula dengan membran sel  Eksositosis digunakan untuk sekresi protein seperti hormon (insulin), serum protein, matriks ekstrasellular (kolagen).

10 ENDOSITOSIS  ENDOSITOSIS : Pemasukan zat ke dalam sel dengan cara membentuk vesikula baru dari membran plasma  Sebagian kecil luas membran plasma terbenam ke dalam membentuk kantong. Begitu kantong ini semakin dalam, kantong ini terjepit, membentuk vesikula yang berisi materi yang telah terdapat di luar selnya. ENDOSITOSIS Fagositosis Pinositosis Apa perbedaan kedua jenis endositosis tersebut?

11 ENDOCYTOSIS FAGOSITOSIS: Sel menelan suatu partikel dengan pseudop yang membalut di sekeliling partikel tersebut dan membungkusnya di dalam kantong berlapis-membran yang cukup besar untuk bisa digolongkan sebagai vakuola Dapatkan kamu sebutkan contoh dari proses tersebut?  Amoeba menelan/mendapatkan makanannya  Sel darah putih menghancurkan zat-zat berbahaya (bakteri) yang dapat menyerang tubuh

12 ENDOCYTOSIS PINOSITOSIS: Peristiwa sel memakan zat cair. Dapatkah kamu sebutkan contoh proses tersebut?

13 ENDOSITOSIS

14 MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI 2003 Created by:


Download ppt " TRANSPOR AKTIF TRANSPOR AKTIF  TRANSPOR MOLEKUL BESAR TRANSPOR MOLEKUL BESAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google