Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Annisa Rizki Damayanti Galuh Candrarini Hana Nur Hidayati Nida Ulhusna Safri Nur Jannah Wirinda Safira Adam Adhe Nugraha.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Annisa Rizki Damayanti Galuh Candrarini Hana Nur Hidayati Nida Ulhusna Safri Nur Jannah Wirinda Safira Adam Adhe Nugraha."— Transcript presentasi:

1 Annisa Rizki Damayanti Galuh Candrarini Hana Nur Hidayati Nida Ulhusna Safri Nur Jannah Wirinda Safira Adam Adhe Nugraha

2 Transport Aktif Beberapa protein transport dapat mentransport larutan melawan gradien konsentrasinya (dari konsentrasi rendah ke yang konsentrasi tinggi) melewati membran sel.

3 Sistem transport yang melawan gradien konsentrasi dan membutuhkan energi seperti di atas disebut dengan sistem transport aktif. Tetapi untuk melakukan hal tersebut sel membutuhkan energi.

4 Salah satu protein transport yang bekerja dengan sistem trasport aktif adalah pompa natrium kalium (sodium potassium pump) yang menukar ion Na + dengan K + melewati membran plasma dari sel hewan.

5

6 Sementara, molekul yang besar, seperti protein dan polisakarida, melintasi membran dengan mekanisme yang melibatkan vesikel. Mekanisme tersebut antara lain: 1.Eksositosis 2.Endositosis, endositosis dibagi menjadi tiga yaitu a. Fagositosis b. Pinositosis c. Endositosis diperantarai reseptor Seperti transport aktif, proses ini membutuhkan energi.

7 Eksositosis Eksositosis adalah mekanisme transpor molekul besar melintasi membran plasma dari dalam ke luar sel (sekresi) dengan cara menggabungkan vesikel berisi molekul tersebut dengan membran plasma.

8 Proses Eksositosis Ada 5 langkah dalam proses eksositosis 1.Perjalanan vesikel dari organel donor ke membran target (vesicle trafficking) 2.Penambatan vesikel di membran target (vesicle tethering) 3.Merapatnya vesikel pada membran target (vesicle docking) 4.Awal menempel vesikel pada membran target (vesicle priming) 5.Meleburnya vesikel pada membran target (vesicle fusion)

9

10 Contoh Eksositosis Banyak sel sekretoris menggunakan eksositosis untuk mengirim keluar produk-produknya. Misalnya sel tertentu dalam pankreas menghasilkan hormon insulin dan mensekresikannya ke dalam darah melalui eksositosis.

11 Contoh Eksositosis Contoh lain adalah neuron atau sel saraf yang menggunakan eksositosis untuk melepaskan sinyal kimiawi yang merangsang neuron lain atau sel otot.

12 Fagositosis Fagositosis adalah peristiwa pemasukan ZAT PADAT ke dalam sel. Proses ini banyak dijumpai pada sel protozoa sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan makanan. Sedangkan pada sel hewan lebih ditujukan untuk pertahanan diri terhadap benda asing, seperti bakteri, debu dan benda lain yang dianggap berbahaya bagi sel.

13 Proses Fagositosis

14

15 Contoh Fagositosis

16

17 Pinositosis Pinositosis merupakan proses dimana partikel-partikel kecil yang berupa CAIRAN ditangkap oleh sel dengan cara membentuk vesikel vesikel kecil yang merupakan hasil invaginasi membran sel. Vesikel kecil tersebut kemudian akan berfusi dengan lisosom untuk ”mencerna” partikel tersebut

18 Proses Pinositosis

19 1-2 : molekul melekat pada plasma 3-5 : terjadi lekukan (invaginasi) 6-8 : lepas dari membran plasma dan fragmentasi

20 Contoh Pinositosis Salah satu organisme yang melakukan pinositosis adalah Amoeba proteus yang melakukan pinositosis terutama untuk mengabsorpsi nutrisi dalam bentuk cairan. Salah satu cara untuk melihat proses ini adalah dengan menambahkan cairan Alcyan blue yang digunakan sebagai pewarna sel yang transparan sekaligus memberikan rangsangan terhadap amoeba untuk melakukan pinositosis.

21 Contoh Pinositosis Setelah ditetesi alcyan blue, amoeba mulai membentuk juluran-juluran sitoplasma dan kemudian amoeba bergerak dengan pseudopodia mendekati nutrisi yang terwarnai alcyan blue. Alcyan blue yang masuk ke dalam sel amoeba membuat sel amoeba yang transparan mulai terwarnai sehingga lebih mudah untuk diamati.

22 Contoh Pinositosis

23 Contoh lainnya dari pinositosis adalah penyerapan nutrisi oleh sel-sel embrio mamalia. Peristiwa ini dapat terjadi jika terdapat konsentrasi yang sesuai dari asam amino, protein, atau ion-ion tertentu pada medium sekeliling sel dengan di dalam sel.

24 Endositosis Diperantarai Reseptor Endositosis yang diperantarai reseptor merupakan proses endositosis yang MENGGUNAKAN RESEPTOR KHUSUS untuk partikel tertentu.

25 Endositosis Diperantarai Reseptor Endositosis yang diperantarai reseptor memungkinkan sel dapat memperoleh substansi spesifik dalam jumlah yang melimpah, sekalipun substansi itu mungkin saja konsentrasinya tidak tinggi dalam fluida ekstraseluler.

26 Contoh Endositosis Diperantarai Reseptor Misalnya adalah sel manusia yang menggunakan proses ini untuk menyerap kolesterol, kolesterol tersebut lalu digunakan dalam sintesis membran dan sebagai prekursor untuk sintesis steroid lainnya. Vesikula tidak hanya mentranspor substansi antara sel dan sekelilingnya, vesikula ini juga memberikan suatu mekanisme untuk membentuk kembali membran plasma.

27 Proses Endositosis Diperantarai Reseptor

28 Ikatlah ilmu dengan menuliskannya. -Sayyidina Ali bin Abi Thalib-

29 Pertanyaan Aisy : Potensial membrane? Monik : ATP dan ADP? Rais : Invaginasi, kok bisa terjadi lekukan? Alis : Prekursor apa? Rizky Amira : Protein yg menyelubungi vesikel?


Download ppt "Annisa Rizki Damayanti Galuh Candrarini Hana Nur Hidayati Nida Ulhusna Safri Nur Jannah Wirinda Safira Adam Adhe Nugraha."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google