Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Natalia Nainggolan 12.03.4089 Laporan Keuangan Konsolidasi Perusahaan Induk- Anak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Natalia Nainggolan 12.03.4089 Laporan Keuangan Konsolidasi Perusahaan Induk- Anak."— Transcript presentasi:

1 Natalia Nainggolan Laporan Keuangan Konsolidasi Perusahaan Induk- Anak

2 Adalah Laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi untuk induk perusahaan (entitas pengendali) dan satu atau lebih anak perusahaan (entitas yang dikendalikan) seakan-akan entitas-entitas individual tersebut merupakan satu entitas atau perusahaan satu perusahaan.

3 Adapun maksud dan tujuan Laporan Keuangan Konsolidasi disusun, yaitu: agar dapat memberikan gambaran yang obyektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari satu perusahaan (economic entity) yang terdiri atas sejumlah perusahaan yang berhubungan istimewa, dimana laporan konsolidasi keuangan diharapkan tidak boleh menyesatkan pihak-pihak yang berkepentingan dan harus didasarkan pada substansi atas peristiwa ekonomi juga.

4  Dapat memberikan gambaran yang jelas tentang total sumber daya perusahaan hasil gabungan di bawah kendali induk perusahaan, kepada para pemegang saham, kreditor dan peyedia dana lainnya.  Dapat memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan, baik mengenai operasi gabungan dari entitas konsolidasi dan juga mengenai perusahaan individual yang membentuk entitas konsolidasi.  Disamping memberi manfaat, laporan keuangan konsolidasi ternyata juga dapat menjadi ekses yang tidak baik, antara lain: Dapat menyembunyikan kinerja perusahaan individu yang tidak bagus dengan kinerja perusahaan lain yang bagus.  Tidak semua saldo laba ditahan konsolidasi tersedia untuk dividen induk perusahaan, begitu pula dengan aktiva.

5 1. Pengendalian terhadap perusahaan lain melalui pemilikan saham. 2. Hubungan perusahaan induk dan anak disebut hubungan Affiliasi. 3. Perusahaan induk (Parent Company) : Memiliki sebagaian besar atau seluruh modal yang beredar dari perusahaan lain, sehingga berhak untuk mengendalikan operasi dan manajemen perusahaan lain. 4. Holding Company : Suatu perusahaan dibentuk dengan tujuan khusus untuk memiliki saham- saham dan mengeluarkan operasi.

6 5. Subsidiary Company : Perusahaan yang manajemen dan operasinya dikendalikan baik oleh perusahaan Induk maupun Holding Company. 6. Perusahaan yang memiliki sebagian besar dari seluruh mdal saham perusahaan anak disebut dengan Contrlling Interest, dan pemilik (Pemegang) saham selebihnya disebut dengan Minority Interest.

7  Pemilikan saham oleh suatu perusahaan terhadap perusahaan lain dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu Pembelian Langsung (Tunai), Pertukaran dengan kekayaan (Aktiva) lainnya atau pertukaran dengan surat-surat berharga.  Jika saham tersebut diperoleh secara tunai, investasi tersebut dicatat sebesar harga perolehannya yaitu sebesar jumlah uang yang diperlukan untuk memperoleh saham tersebut.

8  Jika sahamnya diperoleh melalui pertukaran dengan aktiva lain, maka investasi dicatat sebesar harga pasar daripada aktiva yang diserahkan,sedangkan apabila pemilikan saham dilakukan melalui pertukaran dengan surat-surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan sendiri, besarnya investasi yang harus dicatat dapat dipakai dasar harga pasar baik surat-surat berharga diserahkan maupun harga pasar saham yang diperoleh, tergantung mana yang lebih jelas dapat ditentukan.  selisih nilai nominal atau nilai yang ditetapkan dari surat berharga yang diserahkan diperlakukan sebagai (Agio) atau (Disagio) yang timbul dari surat berharg yang dikeluarkan

9  Laporan keuangan konsolidasi adalah model laporan akuntansi untuk menunjukkan pengaruh ekonomi dari penggabungan dua atau lebih perusahaan yang tersendiri, yang didasarkan atas pemilikan dan pengendalian bersama.  Dalam menyusun neraca konsolidasi untuk perusahaan induk dan anak, perusahaan anak ini dipandang seakan- akan sebagai cabang; aktiva dan kewajiban masing-masing perusahaan anak digabungkan dengan aktiva dan kewajiban perusahaan induk;  Neraca perusahaan induk yang melaporkan saham perusahaan anak sebagai investasi, dan neraca perusahaan anak yang melaporkan kepentingan yang dipegang oleh perusahaan induk sebagai modal saham

10 Adalah laporan keuangan gabungan antara perusahaan induk dan perusahaan anak, dimana dalam laporan keuangan tersebut terdapat masalah-masalah khusus dalam pembukuan laporan keuangan induk dan anak.

11 Ada beberapa masalah umum yang senantiasa timbul didalam rangka penyusunan Neraca Konsolidasi, yaitu dipengaruhi oleh : 1. Periode dimana laporan/neraca konsolidasi tersebut disusun. 2. Jumlah saham yang dimiliki oleh perusahaan induk, dan harga perolehan yang telah dikeluarkan untuk memperoleh saham tersebut.

12 Apabila perusahaan induk memiliki seluruh modal saham perusahaan anak maka seluruh modal perusahaan anak adalah haknya perusahaan induk. Oleh karena itu seluruh modal perusahaan anak akan dieliminasi. Apabila saham perusahaan anak tersebut diperoleh dengan harga perolehan sebesar nilai buku, maka semua modal perusahaan anak dan investasi akan habis dieliminasi. Jika pemilik saham > dari nilai buku maka :  Akan mengakibatkan harga perolehan Investasi saham berbeda dengan nilai bukunya yang dilaporkan oleh perusahaan anak.  Kesalahan dalam melaporkan kekayaan bersih

13


Download ppt "Natalia Nainggolan 12.03.4089 Laporan Keuangan Konsolidasi Perusahaan Induk- Anak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google