Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Standar akuntansi di Indonesia saat ini belum menggunakan secara penuh (full adoption) standar akuntansi internasional atau International Financial Reporting.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Standar akuntansi di Indonesia saat ini belum menggunakan secara penuh (full adoption) standar akuntansi internasional atau International Financial Reporting."— Transcript presentasi:

1

2 Standar akuntansi di Indonesia saat ini belum menggunakan secara penuh (full adoption) standar akuntansi internasional atau International Financial Reporting Standard (IFRS). Standar akuntansi di Indonesia yang berlaku saat ini mengacu pada US GAAP (United Stated Generally Accepted Accounting Standard), namun pada beberapa pasal sudah mengadopsi IFRS yang sifatnya harmonisasi. Adopsi yang dilakukan Indonesia saat ini sifatnya belum menyeluruh, baru sebagian (harmonisasi).

3 Pengadopsian standar akuntansi internasional ke dalam standar akuntansi domestik bertujuan menghasilkan laporan keuangan yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi, persyaratan akan item-item pengungkapan akan semakin tinggi sehingga nilai perusahaan akan semakin tinggi pula, manajemen akan memiliki tingkat akuntabilitas tinggi dalam menjalankan perusahaan, laporan keuangan perusahaan menghasilkan informasi yang lebih relevan dan akurat, dan laporan keuangan akan lebih dapat diperbandingkan dan menghasilkan informasi yang valid untuk aktiva, hutang, ekuitas, pendapatan dan beban perusahaan (Petreski, 2005).

4 Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mencanangkan bahwa Standar akuntansi internasional (IFRS) mulai berlaku di Indonesia pada tahun 2012 secara keseluruhan atau full adoption. Pada tahun 2012 yang lalu diharapkan Indonesia sudah mengadopsi keseluruhan IFRS, sedangkan khusus untuk perbankan diharapkan tahun Tugas Anda (tugas ke 3) adalah mencari informasi mengenai : 1. sejauhmana adopsi IFRS telah diterapkan dalam Laporan Keuangan di Indonesia,

5 2. bagaimana sifat adopsi yang telah dilakukan, apakah adopsi seluruh atau sebagian (harmonisasi), 3. dan apa manfaat bagi perusahaan yang mengadopsi khususnya dan bagi perekonomian Indonesia pada umumnya. 4. Buatlah daftar perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan IFRS di Indonesia. 5. Sajikan profile perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan IFRS di Indonesia.

6 Hingga saat ini sudah sekitar 100 negara dengan lebih dari perusahaan untuk mengadopsi IFRS untuk penyusunan laporan keuangan. Tugas Anda (tugas ke 4) adalah: 1. Membuat daftar negara yang telah menerapkan IFRS tersebut. 2. Jelaskan bagaimana sifat adopsi yang telah dilakukan, apakah adopsi seluruh atau sebagian (harmonisasi).

7 KETENTUAN TUGAS: 1.Tugas ke 3 diunggah paling lambat tgl 26 Juni Tugas ke 4 diunggah paling lambat tgl 3 Juli 2014


Download ppt "Standar akuntansi di Indonesia saat ini belum menggunakan secara penuh (full adoption) standar akuntansi internasional atau International Financial Reporting."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google