Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMIMPIN MEMBERIKAN KEKUATAN INSPIRASI Pemimpin mengerti tujuan dan hasil akhir dari organisasinya PILAR KEPEMIMPINAN # 10.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMIMPIN MEMBERIKAN KEKUATAN INSPIRASI Pemimpin mengerti tujuan dan hasil akhir dari organisasinya PILAR KEPEMIMPINAN # 10."— Transcript presentasi:

1 PEMIMPIN MEMBERIKAN KEKUATAN INSPIRASI Pemimpin mengerti tujuan dan hasil akhir dari organisasinya PILAR KEPEMIMPINAN # 10

2  Pemimpin memberi inspirasi, membuat komitmen, berbuat sebagai contoh model, dan meningkatkan komitmen dan kemampuan timnya.  Banyak pemimpin membuat kesalahan dengan memaksa orang lain agar menghormatinya. Pemimpin yang luar biasa akan membuat tim mereka merasa hormat terhadap diri mereka sendiri.  Kualitas apa yang dipunyai pemimpin sehingga dapat menimbulkan inspirasi kepada orang lain?  Apa sebenarnya yang membuat orang-orang mau mengikuti kepemimpinan seseorang? 1.Pemimpin mempunyai tujuan. Mereka mengeta- hui ke mana tujuan mereka.  Pemimpin memberi inspirasi, membuat komitmen, berbuat sebagai contoh model, dan meningkatkan komitmen dan kemampuan timnya.  Banyak pemimpin membuat kesalahan dengan memaksa orang lain agar menghormatinya. Pemimpin yang luar biasa akan membuat tim mereka merasa hormat terhadap diri mereka sendiri.  Kualitas apa yang dipunyai pemimpin sehingga dapat menimbulkan inspirasi kepada orang lain?  Apa sebenarnya yang membuat orang-orang mau mengikuti kepemimpinan seseorang? 1.Pemimpin mempunyai tujuan. Mereka mengeta- hui ke mana tujuan mereka.

3  Billy Sunday : “Sebenarnya, manusia menjadi gagal lebih banyak karena kurangnya tujuan daripada karena kurangnya bakat”.  Benjamin Disraeli : “Rahasia kesuksesan adalah mempunyai tujuan secara terus-menerus”.  Tujuan dan arah merupakan bukti yang sangat jelas dalam diri para pemimpin; dan karena itu, mereka merasa bahwa segala yang mereka kerjakan merupakan hal yang mendesak.  Will Rogers : “Meskipun Anda ada di jalan yang benar --- Anda akan ditabrak bila hanya duduk saja!” 2. Pemimpin itu bersemangat. Kekuatan semangat ini akan menjadi daya tarik. Semangat akan menarik para pengikut. Semangat akan meningkatkan rasa percaya diri dalam diri orang lain. Semangat akan menciptakan kegembiraan.

4  Kekuatan semangat memang sangat fantastis. Seperti pelumas pada as roda, maka semangat akan memperlancar perjalanan Anda menuju tujuannya.  Semangat memerlukan keberanian. Dunia ini milik orang yang bersemangat dengan kehidupannya.  “Semangat akan mengubah masalah menjadi tantangan.  Semangat akan menciptakan semangat dalam diri orang lain.  Semangat menghilangkan kecemasan dan ketegangan.  Semangat meningkatkan penampilan Anda.  Semangat melupakan hari esok dan membuat Anda siap pada hari ini.  Jadi --- berpikirlah dengan penuh semangat”.

5 3. Pemimpin menunjukkan kebulatan tekad. Mereka tak pernah lengah sampai berhasil meraih kesuksesan.  Calvin Coolidge : “Di dunia ini tidak ada yang dapat menggantikan ketekunan. Bukan pada bakat – sudah umum orang mempunyai bakat, tetapi tidak berhasil. Bukan pada kejeniusan – orang jenius yang berhasil sangatlah langka. Pendidikan juga tidak – Dunia ini sudah penuh dengan orang berpendidikan yang menjadi penganggur. Ketekunan dan kebulatan tekad merupakan kekuatan yang tidak terkalahkan”.  Kebulatan tekad seperti perangko yang menempel di amplop, kegunaan dan kemampuannya menempel akan terus berlangsung sampai ke tujuan!

6  Untuk meraih sukses diperlukan 5 D, yaitu: * DESIRE : mempunyai hasrat yang kuat. * DETERMINATION : mempunyai kebulatan tekad. * DEDICATION :mempunyai dedikasi yang tinggi. * DISCIPLINE : mempunyai disiplin diri yang tinggi. * DRIVE : mempunyai gairah dan semangat. * Sedangkan D keenam yang harus dihindari adalah DISTRACTION : penyimpangan.  Orang yang maju (berhasil) adalah orang yang melakukan berbagai hal lebih dari yang seharusnya ia lakukan – dan ia melakukannya secara terus-me- nerus.

7 4. Pemimpin memperhatikan timnya. Pemimpin sejati akan memperlihatkan kasih sayangnya dan memberi- kan perhatian kepada orang-orang yang dipimpinnya. Anda akan meraih sukses bila Anda mau menolong orang lain menjadi sukses.  Ketika Anda bertemu seseorang, Anda akan menilai dari pakaiannya. Ketika Anda meninggalkan sese- orang, Anda akan menilai isi hatinya. (Pepatah lama Rusia).  Bila Anda menolak mengembangkan kemampuan bermasyarakat, Anda tidak akan pernah menjadi seorang pemimpin. Karena kepemimpinan banyak berurusan dengan orang.  Kasih sayang yang tulus merupakan komponen penting bagi seorang pempimpin.

8  Bila pempimpin benar-benar menunjukkan perhatian, kepedulian, dan kasih sayang nya, maka mereka akan mudah melupakan kekurangan-kekurangan pemimpinnya. Bila mereka merasakan ketidakpedu- lian pemimpin,maka mereka akan mengadili semua tindakan sang pemimpin.  Sydney J. Harris : “Orang ingin dihargai, tidak dika- gumi. Mereka ingin diperlakukan sebagai manusia, bukan seperti pengeras suara untuk menyiarkan ego seseorang. Mereka ingin diperlakukan sebagai diri mereka sendiri, bukan sebagai alat untuk memuas- kan kepentingan orang lain”.  Kepuasan terbesar sebagai seorang pemimpin ada- lah bila dapat membangun masyarakat, bukan mem- pergunakan masyarakat untuk mencapai tujuan.  Adalah suatu hal yang sangat membahagiakan bila dapat melihat seseorang maju dan berkembang karena petunjuk yang kita berikan.

9  Kiat-kiat untuk menumbuhkan rasa peduli pada orang lain : 1. Berilah dorongan. Berilah mereka harapan untuk masa depannya. 2. Menunjukkan penghargaan. Sering-seringlah mengucapkan terima kasih. Pujilah dengan keras, dan tegurlah dengan halus. Pujilah di de- pan umum, dan jangan lupa menginatkan disiplin secara pribadi. 3. Anda harus selalu berkonfirmasi. Doronglah kekuatan seseorang. “Saya sangat menghargai cara Anda memperhatikan orang lain”. 4. Ingatlah untuk memuji. Pempimpin harus selalu memperhatikan anggota tim yang telah melaku- kan pekerjaan dengan baik.

10  Benjamin Disraeli : “ Kebaikan terbesar yang dapat Anda lakukan untuk orang lain bukan hanya membagi kekayaan, tetapi memperlihatkan perhatian Anda sendiri”.


Download ppt "PEMIMPIN MEMBERIKAN KEKUATAN INSPIRASI Pemimpin mengerti tujuan dan hasil akhir dari organisasinya PILAR KEPEMIMPINAN # 10."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google