Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat satu tempat ke tempat yang lain yang telah melewati batas adminisratif tertentu. Macam-macam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat satu tempat ke tempat yang lain yang telah melewati batas adminisratif tertentu. Macam-macam."— Transcript presentasi:

1

2 Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat satu tempat ke tempat yang lain yang telah melewati batas adminisratif tertentu. Macam-macam mobilitas penduduk : 1.Mobilitas penduduk nonpermanen adalah kepindahan penduduk yang tidak bertujuan untuk menetap,kepindahan penduduk ke daerah tujuan hanya bersifat sementara.

3 1) Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang lebih tinggi 2) Untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan Mobilitas Permanen dapat dibagi 2 lagi : 1) Sirkulasi : Mobilitas nonpermanent yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu,misalnya setiap minggu,setiap bulan,stiap semester,dsb.

4 2)Komutasi adalah mobilitas non permanent yang dilakukan setiaphari 2.Mobilitas penduduk permanen adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain yang bertujuan untuk menetap, misalnya migrasi,orang yang melakukan migrasi disebut migran

5 1. Berusia muda. 2. Pada umumnya penduduk wanita ikut laki- laki. 3. Pada umumnya penduduk yang tingkat pendidikan dan keterampilan tinggi relatif tinggi intensitas migrasinya. 4. Perpindahan biasanya dilakukan dalam jarak yang dekat. 5. Dilakukan secara bertahap. 6. Terjadi aruus pergi dan arus balik.

6 Hukum migrasi adalah sejumlah knsep dinamik yang diduga memiliki kaitan erat dengan proses terjadinya suatu migrasi Hukum Migrasi : migrasi dan jarak Tahap Migrasi : arus pergi dan arus balik Everest S. Lee mengemukakan mengenai daya dorong (push) yang muncul dari daerah asal dan daya tari(pull) datang dari daerah tujuan.

7 a) Laju pertumbuhan penduduk yang seemakin meningkat. b) Lahan pertanian cenderung menyempit. c) Adanya monokultur dalam pertanian d) Minimnya sarana prasarana kehidupan sosial,seperti pendidikan,rekreasi dan angkutan daerah asal.

8 a) Sarana lalu lintas yang semakin memadai. b) Kelengkapan sarana dan prasarana, Sepert pendidikan dan pusat,pusat kkegiatan ekonomi. c) Adanya perbedaan upah. d) Adanya diversifikasi lapangan kerja.  Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya kedaerah yang jarang penduduknya dalam rangka menunjang program pemerintah.

9 1. Transmigrasi Umum,yaitu transmigrasi yang seluruh pembayarannya ditanggung pemerintah. 2. Transmigrasi Spontan(Swakarsa),yaitu transmigrasi atas kehendak diri seendiiri dan pembayarannya ditanggung diri sendiri. 3. Transmigrasi Lokal,yaitu transmigrasi yang dilakukan masyarakat dalam satu provinsi atau pulau. 4. Transmigrasi Bedol Desa,yaitu transmigrasi yang dilakukan oleh seluruh penduduk desa,biasanya pada saat bencana alam

10 Urbanisasi adalah proses perubahan desa menjadi kota Mobilitas penduduk permanen lainnya adalah migrasi internasional,yaitu jenis perpindahan penduduk yang melintasi batas-batas negara.

11 a. Imigrasi,masuknya warga negara asing ke suatu negara. b. Emigrasi,yaitu keluarnya seorang warga negara ke negara lain. c. Remigrasi,yaitu kembalinya seorang penduduk telah menetap di negara asing.

12  Kualitas peduduk merupakan produk dari mekanisme sejumlah komponen dinamik.  Komponen fisik melihat manusia dan keadaan badaniah,misalnya tingkat pendidikan,tingkat kesehatan dan tingkat pendapaan.  Komponen nonfisik melihat manusia dari aspek batiniah misalnya keimanan,solidaritas dan tata pergaulan kehidupan.

13 1. Tingkat pendidikan untuk mengukur kualitas penduduk yang dilihat dari, angka buta huruf yaitu dengan cara mengamati proporsi penduduk yang dapat membaca dan menulis. Jenjang pendidikan yang pernah ditempuh oleh seseorang. * 5 jenjang pendidikan di Indonesia 1) TK bagi yang berusia 3-6 tahun 2) SD bagi yang berusia 7-12 tahun 3) SMTP bagi yang berusia 13-15tahun 4) SMTA bagi yang berusia tahun 5) PT bagi yang berumur diatas 18 tahun

14 a. Melaksanakan program wajib belajar 9 tahu secara menyeluruh. b. Menambah jumlah fasilitasnya mulai dari tingkat SD-PT. c. Menambah jumlah tenaga pendidikan atau guru disemua jenjang pendidikan. d. Menambah buku pelajaran berikkut perpustakaannya. e. Meningkatkan kualitas guru melalui penataran.

15 2. Tingkat Kesehatan Ada indikator yang lebih konkret adalah : a. Angka kematian bayi (Infant Mortality Rate) :angka yang menunukkan jumlah kematian bayi yang lahir dibawah satu tahun dan setia 1000.Cara menghitung angka kematian bayi:IMR= Do k B Do = jumlah kematian bayi selama tahun x B = jumlah kelahiran hidup selama tahun x K= konstanta (umumnya 1.000)

16 NoNama NegaraAngka Kematian Bayi 1Jepang5 2Swedia6 3Australia9 4Malaysia30 5RRC37 6Indonesia71 7India95 8Afrika154

17  Suatu Negara dikatakan maju bila Angka kematian bayinya <35 jiwa tiap 1000 penduduk.  Komponen-komponen kelangsungan hidup bayi : a) Keadaan gizi ibu saat melahirkan b)Tingkat pendapatan keluarga c)Keadaan kebersihan lingkungan d)Tingkat pendidikan ibulahirkan e)usia ibu saat melahirkan b.Angka harapan hidup (Expectation of Life): Angka yangmenunjukkan lamanya hidup yang dijalanin penduduk pada kelompok usia tertentu (kohor) setelah mencapai ulang tahunnya.

18 Contoh Bila menemukan simbol e0=63 tahun,artinya rata-rata seseoran pada saat lahir akan mempnyai angka harapan hidup 62tahun. Bila menemukan simbol e₁₀=70 tahun,artinya rata-rata seseorang pada saat lahir akan dapat diharapkanhidup selama 70tahun NoNama NegaraTahun 1996 PriaWanita 1ChnaJepang7682 2Singapura7277 3Malaysia6975 4Thailand6569 5Korea Selatan6874 6China6973 7Uni Emirat Arab6973 8Inggris7379 9Amerika serikat Indionesia6165

19  Suatu neara digolongkan negara maju bila penduduknya mempunyai angka harapan hidup >70tahun.  Cara mengatasi rendahnya kualitas kesehatan: a. Menambah sarana kesehatan(rumah,sakit,puskesmas,poliklinik,dsb) b.menambah tenaga kesehatan(dokter,bidan,perawat) c.penyuluhan cara hidup sehat d.memberikan bantuan makanan bergizi e.menjaga kebersihan lingkungan

20 3. Tingkat Pendapatan Alat ukur dari tingkat pendapatan ada 2 macam: a.Angka ketergantungan (Dependency Ratio):Angka yang menunjukkan perbandingan orangyang dapt bekerja dengan yang belum bekerja. b.Angka pengangguran:sejumlah angkatan kerja yang sedang tidak bekerja dan aktif mencari kerja.

21 1) Tenaga kerja (Man Power) adalah semua penduduk usia kerja 2) Angkatan kerja (LabourForce) adalah bagian dari tenaga kerja yang sedang bekerja dan mencari pekerjaan. Angkatan kerja yang digolongkan sedang bekerja yaitu: (1) Angkatan kerja yang selama seminggu sebelum pencacahan sedang bekerja paling sedikit 2 hari (2) Angkatan kerja yang selama seminggu sebelum pencacahan tidak bekerja inimal 2 hari,namun temasuk kelompok berikut:

22  Pekerja tetap:pegawai,pemerintah dan swasta yang sedangcuti/sakit  Petani yang sedang menunggu masa panen  Orang yang bekerja pada bidang keahlian,misalnya dokter dan tukang cukur Angkatan kerja yang digolongkan sedang mencari pekerjaan yaitu:  Angkatan kerja yang belum pernah bekerja dan sedang kesusahan mencari pekerjaan  Angkatan kerja yang bekerja,namun pada saat pencacahan sedang mengaggur

23 a)Pengangguran terbuka:mereka yang betul- betul tidak bekerja b)Setengah pengangguran:mereka yang bekerja tetapi tidak sesuai dengan jumlah pekerjaan secara normal tetapi tetap dikerjakan c)Pengangguran tidak kentara:orang yang terlibat dalam kegiatann kerja,namun produktifitasnya tidak maksimal

24 a)Pertumbuhan penduduk yang tinggi,sehingga jumlah angkatan kerja tidak seimbang dengan lapangan kerja b)Tidak memiliki keterampilan yang memadai c)Tdak memiliki modal untuk usaha d)Faktor dari manusianya sendiri,seperti malas,cacat. Cara Mengatasi pengangguran: a)Membuka lapangan kerja baru b)Memberikan bekal keterampillan seprti SMK dan BLK c)Memberi pinjaman modal untuk usaha


Download ppt "Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat satu tempat ke tempat yang lain yang telah melewati batas adminisratif tertentu. Macam-macam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google