Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh : Nama: PRAMUDITA RAHARDI NPM: 10406560 Jurusan : TEKNIK ELEKTRO PINTU AIR OTOMATIS PADA WADUK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh : Nama: PRAMUDITA RAHARDI NPM: 10406560 Jurusan : TEKNIK ELEKTRO PINTU AIR OTOMATIS PADA WADUK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16."— Transcript presentasi:

1 Disusun oleh : Nama: PRAMUDITA RAHARDI NPM: Jurusan : TEKNIK ELEKTRO PINTU AIR OTOMATIS PADA WADUK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16

2 LATAR BELAKANG Membuat alat yang berfungsi sebagai pengendali pintu air otomatis melalui pendeteksian debit level air pada waduk atau bendungan.

3 TUJUAN PENULISAN Memahami prinsip kerja sensor air,Mikrokontroler ATMEGA 16 dan motor stepper sebagai penggerak pintu. Dapat merancang, membuat dan menjelaskan cara kerja rangkaian Pintu air otomatis berbasis mikrokontroler ATmega 16. Memberikan Keefisienan dan kemudahan dalam hal mengendalikan pintu air.

4 BATASAN MASALAH Dalam penulisan ini penulis membatasi permasalahan yang hanya mengacu pada cara kerja sensor air sebagai input yang terhubung ke sebuah Mikrokontroler ATmega 16 sebagai pusat kendali dan motor stepper sebagai output untuk menggerakan pintu air pada waduk.

5 BLOK DIAGRAM

6 RANGKAIAN KESELURUHAN

7 CATU DAYA

8 SENSOR AIR

9 MIKROKONTROLER ATMEGA 16

10 BLOK LED

11 BLOK DRIVER DAN MOTOR STEPPER

12 FLOWCHART

13 PENGUJIAN SENSOR AIR PENGUJIAN SENSOR AIR TABEL SENSOR AIR

14 PENGUJIAN LED TABEL UJI COBA LED

15 PENGUJIAN DRIVER MOTOR STEPPER

16 TABEL UJI DATA MOTOR STEPPER UNTUK MEMBUKA

17 TABEL UJI DATA MOTOR STEPPER UNTUK MENUTUP

18 TABEL UJI HUBUNGAN KETINGGIAN AIR DENGAN PERGERAKAN MOTOR

19 KESIMPULAN Dari hasil pengujian sensor air sederhana ini media air dapat berfungsi sebagai penghantar arus listrik yang baik sehingga menjadikan air media konduktor. Motor stepper mulai bergerak membuka pintu saat kondisi air berada pada posisi sensor 2 dan sensor 3 dan motor bergerak kembali menurukan pintu pada saat air mulai surut sensor air tidak menyentuh sensor 3 dan sensor 2. Dari pengujian tingkatan ketinggian level air berpengaruh terhadap pergerakan motor stepper setiap air tersentuh sensor dan masing- masing sensor mempunyai pergesaran motor 90º baik CW untuk mebuka serta 90º CCW untuk menutup pintu.

20 “SEMOGA LULUS” TERIMA KASIH


Download ppt "Disusun oleh : Nama: PRAMUDITA RAHARDI NPM: 10406560 Jurusan : TEKNIK ELEKTRO PINTU AIR OTOMATIS PADA WADUK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google