Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hak dan Kewajiban Warganegara A. Pengertian Bangsa 1. Ernest Renan, Nation (Bangsa) adalah suatu solidaritas, suatu jiwa, suatu asas spiritual, suatu soldaritas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hak dan Kewajiban Warganegara A. Pengertian Bangsa 1. Ernest Renan, Nation (Bangsa) adalah suatu solidaritas, suatu jiwa, suatu asas spiritual, suatu soldaritas."— Transcript presentasi:

1 Hak dan Kewajiban Warganegara A. Pengertian Bangsa 1. Ernest Renan, Nation (Bangsa) adalah suatu solidaritas, suatu jiwa, suatu asas spiritual, suatu soldaritas yang dapat tercipta oleh perasaan pengorbanan yang telah lampau dan bersedia di buat di masa yang akan datang. 2. Hans Kohn, Bangsa terbentuk karena persamaan bahasa, ras, agama, peradaban, wilayah dan kewarganegaraan.

2 B. Negara 1. Logemann, Negara adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang bertujuan dengan kekuasaannya mengatur serta menyelenggarakan suatu masyarakat. 2. Max weber, Negara merupakan struktur politik yang diatur oleh hukum, yang mencakup suatu komunity manusia yang hidup dalam suatu wilayah tertentu dan menganggap wilayah yang bersangkutan sebagai milik mereka untuk tempat tinggal dan penghidupan mereka

3 Negara adalah alat masyarakat yang mengatur hubungan antara manusia dengan manusia, dan manusia dengan negara. Kedaulatan yang ada pada negara meliputi: 1. Sifat memaksa, memiliki kekuasaan menggunaan kekuatan fisik secara sah 2. Sifat Monopoli, negara memonopoli tujuan bersama dari masyarakat/bangsa 3. Sifat mencakup semua, peraturan yang berlaku bagi semua

4 C. Syarat Konstitutif Suatu Negara 1. Wilayah 2. Rakyat 3. Pemerintah 4. Konstitusi tertulis 5. Pengakuan Kedaulatan Negara Lain D. Warga Negara Rakyat didefinisikan penduduk suatu negara yang terdiri dari warga negara dan bukan warga negara Warga Negara adalah peserta dari otoritas negara

5 E. Menentukan Kewarganegaraan 1. Ius Sanguinis (law of blood), kewarganegaraan ditentukan berdasarkan garis orang tua 2. Ius Soli (law of soil), dalam asas ini orang diakui kewarganegaraan berdasarkan tempat kelahirannya F Undang-Undang Kewarganegaraan 1. UU No 3 Tahun 1946, asas ius soli 2. UU No 62 Tahun 1958, asas ius sanguinis 3. UU No 12 Tahun 2006, asas ius sanguinis dan ius soli terbatas.

6 G. Hak dan Kewajiban Warga Negara 1. Hak Warga Negara menurut UUD’45 - Hak Mendapat Pekerjaan (Pasal 27(2)) - Hak ikut serta dalam usaha pembelaan negara (Pasal 30 (1)) - Hak Mendapatkan Pengajaran (Pasal 31 (1)) 2. Kewajiban Warga Negara Menurut UUD’45 - Menjunjung Hukum dan Pemerintahan (Pasal 27 (1)) - Ikut serta dalam upaya pembelaan negara (Pasal 27 (3)) - Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara- (Pasal 30 (1)) - Mengikuti Pendidikan Dasar (Pasal 31 (2))

7 H Hak dan Kewajiban Warga Negara Asing 1. Kewajiban untuk tunduk dan patuh pada peraturan perundang-undangan 2. Hak untuk menerima perlindungan atas diri dan hartanya 3. Tidak memiliki hak memilih dan dipilih 4. Tidak punya hak dan kewajiban bela negara. I. Pembatasan 1. Paspor, Surat Jati Diri 2. Visa, Bukti persetujuan masuk dan tinggal di suatu negara 3. Cegah, Tangkal 4. Deportasi, Menangkal Kejahatan dan Penyakit Menular 5. Inadminisable, tindakan memperingatkan dan mengusir dari negara 6. Karantina, Perlindungan terhadap penyakit dan mencegah penyakit.


Download ppt "Hak dan Kewajiban Warganegara A. Pengertian Bangsa 1. Ernest Renan, Nation (Bangsa) adalah suatu solidaritas, suatu jiwa, suatu asas spiritual, suatu soldaritas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google