Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN ANALISIS DAMPAK INGKUNGAN PENGERTIAN LINGKUNGAN HIDUP Undang-undang RI No.4/1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN ANALISIS DAMPAK INGKUNGAN PENGERTIAN LINGKUNGAN HIDUP Undang-undang RI No.4/1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan."— Transcript presentasi:

1 PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN ANALISIS DAMPAK INGKUNGAN PENGERTIAN LINGKUNGAN HIDUP Undang-undang RI No.4/1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup dinyatakan bahwa Lingkungan Hidup adalah merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. PENDUDUK DAN KUALITAS LINGKUNGAN Bertambahnya jumlah penduduk akan berarti bertambahnya tenaga kerja yang bersama-sama dengan faktor produksi lain dan perbaikan teknologi mampu menghasilkan luaran (output). Namun kita sudah memahami bahwa derajad pencemaran merupakan fungsi dari tingkat luaran. Jadi pertumbuhan jumlah penduduk berakibat pada memburuknya kualitas lingkungan lewat hubungan antara pertumbuhan jumlah penduduk dan tersedianya tenaga kerja serta hubungan antara tersedianya tenaga kerja dan tingkat produksi (luaran) dan pencemaran dalam perekonoian.

2 TUJUAN PERBAIKAN LINGKUNGAN – Memelihara kualitas lingkungan yang baik – mencegah lebih jauh memburuknya sistem lingkungan secara keseluruhan – Memberikan sistem lingkungan yang tepat untuk kepentingan rekreasi maupun untuk kepentingan ilmiah PENGERTIAN ANDAL DAN AMDAL ANDAL adalah analisis mengenai dampak lingkungan dari suatu proyek yang meliputi pekerjaan evaluasi dan pendugaan dampak proyek dari bangunannya, prosesnya maupun sistem dari proyek tersebut terhaap lingkungan dan kehidupan manusia AMDAL adalah hasil studi mengenai dampak suatu kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup. Amdal tercakup tiga unsur kegiatan : – ANDAL – RPL (Rencana Pemantauan Lingkungan) – RKL (Rencana Kelola Lingkungan)

3 MAKSUD DIBUAT ANDAL agar dapat diperkirakan apa yang akan terjadi dengan dilakukannya suatu kegiatan atau suatu proyek, sehingga nantinya dapat dilakukan tindakan yang perlu untuk menanggulangi atau mencegah kemungkinan timbulnya hal-hal atau dampak yang negatif terhdap lingkungan. TUJUAN DIBUAT ANDAL untuk membantu mencegah agar sumberdaya alam yang ada yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan proyek tersebut tidak rusak, begitu pula sekaligus lingkungan agar tidak rusak karena adanya pembangunan proyek tersebut. LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN ANDAL Langkah pendahuluan yaitu menyusun tim peneliti, kemudian mempelajari peraturan dan peundang-undangan pemerintah baik di pusat maupun daerah, macam proyek dan lokasinya, serta mempelajari dokumen atau literatur yang bersangkutan dengan proyek yang akan dikembangkan Menyusun Rona lingkungan yaitu memulai studi lapangan diikuti dengan analisis laboratorium, yang dimulai dengan membuat metodologi, menetapkan lingkungan yang akan diteliti, menetapkan metode analisis

4 PENDUGAAN DAMPAK LINGKUNGAN Dampak positif dan negatif Bagaimana menilainya yang berkaitan dengan harga pasar : – Didasarkan pada produktifitas atau harga pasar yaitu dengan menetapkan berdasarkan analisis biaya dan manfaat – Didasarkan pada nilai barang pengganti yaitu dengan menggunakan harga barang pengganti atau bahan pembantu guna menilai barang dan jasa yang tidak memiliki harga – Didasarkan pada hasil survei. Atas dasar survei dapat ditentukan preferensi konsumen dan kemudian untuk menentukan nilai barang dan jasa lingkungan. Dari survei dapat diketahui kesediaan orang untuk membayar atau kesediaan orang untuk menerima kompensasi atas adnya perubahan lingkungan.


Download ppt "PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN ANALISIS DAMPAK INGKUNGAN PENGERTIAN LINGKUNGAN HIDUP Undang-undang RI No.4/1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google