Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA. Pengertian Perubhan Sosial Dan Budaya  Terjadinya perubahan-perubahan didalam masyarakat sebenarnya bukanlah merupakan suatu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA. Pengertian Perubhan Sosial Dan Budaya  Terjadinya perubahan-perubahan didalam masyarakat sebenarnya bukanlah merupakan suatu."— Transcript presentasi:

1 PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

2 Pengertian Perubhan Sosial Dan Budaya  Terjadinya perubahan-perubahan didalam masyarakat sebenarnya bukanlah merupakan suatu hal yang luar biasa, dengan kata lain perubahan sosial maupun budaya merupakan gejala yang umum, karena setiap masyarakat atau selama masyarakat itu tetap ada sudah pasti akan mengalami perubahan-perubahan.

3 A.Pengertian Perubahan Sosial  Yaitu perubahan mengenai unsur-unsur yang saling berbedayang ada dalam kehidupan sosial yaitu nilai-nilai sosial, pola perilaku, organisasi, susunan lembaga-lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang interaksi sosial dan sebagainya.  Contoh : -Perubahan dalam sruktur sosialnya adalah perubahan jumlah penduduk, perubahan status sosial, dan perubahan pelapisan sosial. -Perubahan dalam fungsi sosial. -Perubahan sosial yang menyangkut nilai-nilai sosial.

4 B. PengertianPerubahan Budaya  Yaitu perubahan unsur-unsur kebudayaan karena perubahan pola pikir masyarakat sebagai pendukung kebudayaan.  Contoh : -Mode pakaian, potongan rambut. -Alat pertanian dulu membajak menggunakan tenaga hewan sekarang menggunakan traktor.

5 C. Hubungan antara Perubahan Sosial Dan Perubahan Budaya  Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Walaupun perubahan kebudayaan tidak selalu menimbulkan perubahan sosial, tetapi setiap perubahan sosial selalu didahului perubahan kebudayaan. Oleh karena itu perubahan-perubahan sosial tidak dapat dipisahkan dari perubahan kebudayaan, perubahan pada tata cara pergaulan, kebiasaan, perkawinan, dan lain-lain selalu didahului perubahan kebudayaan.  Contoh : -Perubahan kebudayaan yang diikuti dengan perubahan sosial. Misalnya : Bila berjalan harus sebelah kiri, pengendara sepeda motor harus menggunakan helm. -Perubahan kebudayaan yang tidak diikuti perubahan sosial. Misalnya : Perubahan mode pakaian, potongan rambut.

6 Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Dan Budaya  Perubahan Sosial Budaya yang direncanakan dan tidak direncanakan 1. Perubahan yang direncanakan atau dikehendaki perubahan sosial dan kebudayaan yang telah direncanakan sebelumnya oleh pihak yang mengadakan perubahan. Contoh : Perubahan sistem pemerintahan dari Monarki ke Republik. 2.Perubahan yang tidak direncanakan adalah perubahan yang berlangsung diluar kehendak masyarakat. Contoh : Adanya banjir, gempa bumi, gunung meletus, atau pengaruh budaya asing yang dianggap merusak moral masyarakat.

7  Perubahan Sosial Budaya secara lambat dan secara cepat 1. Perubahan sosial buday secara lambat Contoh : Perubahan sistem mata pencaharian. 2. Perubahan sosial budaya secara cepat Contoh : Revolusi Perancis yang berhasil mengganti sistem pemerintahan Monarki absolut menjadi pemerintahan Republik yang demokratis.

8 Perubahan Sosial Yang Pengaruhnya Kecil dan Pengaruhnya Besar  Pengaruh sosial dan budaya yang pengaruhnya kecil Contoh : Perubahan mode pakaian.  Perubahan sosial budaya yang pengaruhnya besar Contoh : Perubahan tentang otonomi daerah.

9 Faktor-Faktor Perubahan Sosial Dan Budaya  Faktor yang berasal dari dalam masyarakat 1. Perubahan jumlah penduduk 2. Penemuan-penemuan baru 3. Pertentangan dalam masyarakat 4. Terjadinya pemberontakan dalam tubuh masyarakat itu sendiri

10 Akibat Perubahan Sosial Dan Perubahan Budaya  Akibat positif : Semakin eratnya integrasi dalam masyarakat Terjadinya modernisasi disegala bidang  Akibat negatif : Cultural lag Anomie Mestizo culture Menurunya solidoritas masyarakat

11 Oleh : Nurul Fatimah No : 20 Kelas : lXB


Download ppt "PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA. Pengertian Perubhan Sosial Dan Budaya  Terjadinya perubahan-perubahan didalam masyarakat sebenarnya bukanlah merupakan suatu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google