Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA. Manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan selalu mengalami perkembangan seiring dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA. Manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan selalu mengalami perkembangan seiring dengan."— Transcript presentasi:

1 PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

2 Manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan selalu mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan dari waktu ke waktu itulah yang menyebabkan perubahan di berbagai bidang baik, bidang sosial, ekonomi, maupun politik. Contoh, perubahan yang terjadi pada masyarakat kota dengan masyarakat pedesaan. masyarakat kota dokatakan masyarakat dinamis karena masyarakat kota selalu mengalami perubahan setiap saat. Sedang masyarakat pedesaan censerung statis artinya perubahan yang terjadi dalam masyarakat relatif sedikit dan berjalan dengan lambat.

3 A. Pengertian Perubahan Sosial dan Budaya 1. Pengertian Perubahan Sosial Berikut ini beberapa pengertian dari para ahli sosiologi: a. Soejono Dirjosisworo Sebagai perubahan fundamental yang terjadi di dalam struktur, sistem sosial, dan organisasi sosial. b. Mac Iver Perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial tersebut c. Kingsley Davis Sebagau perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat d. Selo Soemardjan Merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam satu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap sosial dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

4 2. Pengertian Perubahan Budaya Kata Budaya sebenarnya adalah kebudayaan yang artinya semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Hasil Karya dari masyarakat menimbulkan teknologi atau kebudayaan kebendaan mempunyai kegunaan melindungi masyarakat terhadap lingkungan alamnya. Hasil Rasa masyarakat mewujudkan norma-norma dan nilai-nilai kemasyarakatan yang bertujuan untuk melindungi siri dari kekuatan lain dalam masyarakat. Hasil Cipta merupakan keinginan manusia untuk menciptakan sesuatu untuk menyatakan perasaan dan keinginan kepada orang lain. Perubahan kebudayaan adalah perubahan unsur-unsur kebudayaan karena perubahan pola pikir masyarakat sebagai pendukung masyarakat.

5 3. Hubungan antara Perubahan Sosial dan Perubahan Budaya Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Walaupun perubahan kebudayaan tidak selalu menimbulkan perubahan sosial, tetapi setiap perubahan sosial selalu di dahului perubahan kebudayaan. oleh karena itu perubahan-perubahan sosial tidak dapat dipisahkan dari perubahan kebudayaan. a. Perubahan Kebudayaan yang diikuti dengan perubahan sosial Perubahan dalam alat transportasi, dengan adanya alat transportasi maka terciptalah peraturan-peraturan dalam berlalu lintas yang harus dipatuhi oleh pengguna jalan. b. Perubahan kebudayaan yang tifak diikuti perubahan sosial Perubahan mode pakaian, potongan rambut. walaupun mode berganti setiap saat tetapi sistem sosial di masyarakat tidak mengalami perubahan.

6 B.Bentuk-bentuk perubahan sosial dan budaya 1. perubahan sosial budaya yang direncanakan dan tidak direncanakan a. Perubahan yang direncanakan (Planed change) Perubahan sosial dan perubahan budaya yang telah direncanakan sebelumnya oleh pihak yang akan mengadakan perubahan (Agent of change) b. Perubahan yang tidak direncanakan (unpluned change) adalah [erubahan yang terjadi di luar kehendak masyarakat.

7 2. Perubahan sosial budaya secara cepat dan secara lambat a. Perubahan secara lambat (Evolusi) Perubahan sosial budaya yang memerlukan waktu relatif lama dan melalui tahapan-tahapan yang saling mengikuti secara lambat. b. Perubahan sosial budaya secara cepat (Revolusi) Perubahan sosial budaya dalam masyarakat yang terjadi relatif cepat dan menyangkut sendi-sendi pokok masyarakat. syarat-syarat revolusi: 1. adanya keinginan masyarakat untuk melakukan perubahan 2. adanya pemimpin atau sekelompok orang yang mempelopori perubahan 3. harus ada momentum atau saat yang tepat untuk melakukan revolusi 4. pemimpin tersebut merumuskan rasa tidak puas kelompok untuk dijadikan program ke arah pergerakan.

8 3. Perubahan sosial yang pengaruhnya dan pengaruhnya besar. a. Perubahan sosial dan budaya yang pengaruhnya kecil. perubahan yang terjadi tetapi tudak membawa pengaruh yang berarti bagi masyarakat b. Perubahan sosial budaya yang besar pengaruhnya. perubahan yang membawa pengaruh langsung yang berarti bagi masyarakat.

9 C. FAKTOR-FAKTOR PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA 1. Faktor penyebab perubahan sosial dan budaya a. Faktor yang berasal dari dalam masyarakat (faktor intrn). 1. Perubahan jumlah penduduk 2. Penemuan penemuan baru 3. Pertentangan (konflik) dalam masyarakat 4. Terjadinya pemberontakan atau revolusi dalam tubuh masyarakat itu sendiri b. Faktor dari luar masyarakat (faktor Ekstrn) 1. Sebab-sebab cerasal dari ligkungan alam 2. Peperangan 3. Pengaruh (kontak) dengan kebudayaan lain

10 2. Faktor-faktor yang mendorong perubahan sosial dan budaya a. kontak dengan masyarakat lain b. Sistem pendidikan yang maju c. Sikap menghargai hasil karya orang lain d. Keinginan untuk maju e. Toleransi f. Sistem lapisan masyarakat yang terbuka g. Penduduk yang heterogen h. Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan i. Orientasi hidup kemasa depan j. Nilai bahwa manusia harus selalu berikhtiar untuk memperbaiki hidup

11 3. Faktor-faktor penghambat perubahan sosial dan budaya a. Kurangnya hubungandengan masyarakat lain b. Terhambatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi c. Adanya kepentingan-kepentingan yang tertanam kuat (vested interest) dalam masyarakat d. Rasa takut akan terjadinya kegoncangan sosial apabula menerima perubahan e. Prasangka buruk terhada hal-hal baru f. Hambatan yang bersifat ideologis g. Adat kebiasaan kolot h. Nilai pada hidup pada hakikatnya buruk dan tidak mungkin diperbaiki

12 D. Akibat Perubahan Sosial Dan Perubahan Budaya 1. Akibat positif yang mungkin timbul dari perubahan sosial dan budaya a. Semakin eratnya integrasi dalam masyarakat b. Dapat mengadopsi unsur-unsur kebudayaan masyarakat lain, sebagai sumber penambahan kekayaan budaya masyarakat setempat c. Dapat menambah kekuatan baru bagi perkembangan unsur- unsur sosial budaya yang telah ada d. Meningkatkan kedewasaan masyarakat beradaptasi dengan berbagai situasi e. Dapat mengubah pandangan masyarakat yang kurang sesuai dengan perubahan zaman f. Terjadinya modernisasi di segala budang

13 2. Akibat negatif yang mungkin timbul dari perubahan sosial budaya a. Cultural lag b. Anomie c. Meztizo culture d. Terjadinya disorganisasi sosial e. Menurunnya solidaritas sosial f. Munculnya berbagai fenomena sosial


Download ppt "PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA. Manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan selalu mengalami perkembangan seiring dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google