Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOSIOLOGI KELAS XII PENYUSUN : DRA. AGUSTIEN WUWUNGAN NIP : 196308202001122001 SMA NEGERI 3 BITUNG PENYUSUN : DRA. AGUSTIEN WUWUNGAN NIP : 196308202001122001.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOSIOLOGI KELAS XII PENYUSUN : DRA. AGUSTIEN WUWUNGAN NIP : 196308202001122001 SMA NEGERI 3 BITUNG PENYUSUN : DRA. AGUSTIEN WUWUNGAN NIP : 196308202001122001."— Transcript presentasi:

1

2 SOSIOLOGI KELAS XII PENYUSUN : DRA. AGUSTIEN WUWUNGAN NIP : SMA NEGERI 3 BITUNG PENYUSUN : DRA. AGUSTIEN WUWUNGAN NIP : SMA NEGERI 3 BITUNG

3 SK/KD STANDAR KOMPETENSI Memahami dampak perubahan sosial. STANDAR KOMPETENSI Memahami dampak perubahan sosial. KOMPETENSI DASAR Menjelaskan proses perubahan sosial dimasyarakat. KOMPETENSI DASAR Menjelaskan proses perubahan sosial dimasyarakat.

4 1.Mendiskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial 2.Memberikan contoh faktor-faktor pendorong perubahan sosial 3.Memberikan contoh faktor-faktor penghambatan perubahan sosial 4.Memberikan contoh faktor-faktor penyebab perubahan sosial 1.Mendiskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial 2.Memberikan contoh faktor-faktor pendorong perubahan sosial 3.Memberikan contoh faktor-faktor penghambatan perubahan sosial 4.Memberikan contoh faktor-faktor penyebab perubahan sosial

5 Diharapkan siswa dapat menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat

6 PERUBAHAN SOSIAL PERUBAHAN SOSIAL MATERI

7 1.PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL Perubahan adalah sesuatu yang normal dan berlanjut. Persoalan penting yang muncul dari perubahan itu adalah bagaimana arah dan laju kecepatan perubahan tersebut. A. PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL DAN BENTUK PERUBAHAN SOSIAL. MATERI

8 Definisi perubahan sosial menurut : 1.Perubahan sosial adalah perubahan yang melingkupi unsur-unsur kebudaaan, baik yang materiil ataupun yang immateriil. Yang menekankan pada perubahan besar unsur-unsur kebudayaan materiil terhadap unsur-unsur immateriil. (william F. Ogburn) 2.Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur dan fungsi masyarakat. (kingsley Davis) 3.Perubahan sosial adalah perubahan hubungan- hubungan sosial atau perubahan keseimbangan hubungan sosial. (Mac iver) 4.Perubahan sosial merupakan modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia, disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. (samuel Koenig) MATERI

9 2. BENTUK PERUBAHAN SOSIAL a.Evolusi sosial b.Revolusi sosial c.Perubahan sosial kecil d.Perubahan sosial besar. e.Perubahan sosial yang direncanakan f.Perubahan sosial yang tidak direncanakan.

10 MATERI a. Evolusi sosial Merupakan perkembangan yang bersifat gradual atau bertahap, perkem bangan ini terjadi karena adanya kerja sama harmonis antara manusia dan lingkunganya. Karenanya dikenal bentuk-bentuk evolusi, yakni : 1) Cosmic evolution, yaitu taraf evolusi dalam bentuk pertumbuhan, perkembangan maupun kemunduran hidup manusia, 2)Organic evolution, yaitu perjuangan manusia untuk mempertahankan hidupnya, 3)Mental evolution, yakni sebuah evolusi yang didahului oleh perubahan teknologi dan juga tidak kalah pentingnya adalah perubahan budaya

11 MATERI b. Revolusi Sosial Revolusi sosial adalah perubahan-perubahan cepat pada lembaga masyarakat sehingga terjadi perubahan pada sendi-sendi kehiudpan masyarakat. Perubahan cepat hingga mempengaruhi dasar- dasar kehidupan bermasyarakat itulah yang dinamakan hakikat revolusi. b. Revolusi Sosial Revolusi sosial adalah perubahan-perubahan cepat pada lembaga masyarakat sehingga terjadi perubahan pada sendi-sendi kehiudpan masyarakat. Perubahan cepat hingga mempengaruhi dasar- dasar kehidupan bermasyarakat itulah yang dinamakan hakikat revolusi.

12 MATERI Tidak semua revolusi dapat berhasil, syarat agar sebuah revolusi itu berhasil antara lain sebagai berikut: 1)Ada perasaan tidak puas di dalam masyarakat, ada keinginan untuk mencapai perbaikan dengan mangadakan perubahan keadaan. 2)Ada pemimpin atau sekelompok orang yang mampu memimpin.

13 MATERI c. Perubahan berpengaruh kecil dan besar Perubahan yang berpengaruh kecil adalah perubahan yang tidak memberikan pengaruh yang berarti kepada masyarakat, yaitu perubahan yang bukan atau tidak menyentuk struktur sosial. Misalnya, perubahn logat atau bahasa. Perubahan besar mengakibatkan perubahan- perubahan didalam struktur sosial. Misalnya, urbanisasi atau proses pengkotaan suatu wilayah. c. Perubahan berpengaruh kecil dan besar Perubahan yang berpengaruh kecil adalah perubahan yang tidak memberikan pengaruh yang berarti kepada masyarakat, yaitu perubahan yang bukan atau tidak menyentuk struktur sosial. Misalnya, perubahn logat atau bahasa. Perubahan besar mengakibatkan perubahan- perubahan didalam struktur sosial. Misalnya, urbanisasi atau proses pengkotaan suatu wilayah.

14 MATERI d. Perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan. Dalam hal ini perubahan yang dikehendaki atau direncanakan, terdapat pihak yang hendak mengadakan perubahan tertentu didalam masyarakat itu sendiri. Inilah yang disebut “agent of change” yakni seseorang atau sekumpulan orang yang dipercayai oleh masyarakat sebagai pemimpin daripada suatu atau lebih lembaga sosial. Perubahan-perubahan sosial yang tidak dikehendaki atau direncanakan ialah perubahan- perubahan yang terjadi tanpa dikehendaki atau tanpa direncanakan oleh “agent of change”.

15 MATERI B.. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL 1.Perubahan yang Bersumber dari dalam Masyarakat (internal) a.Bertambah atau berkurangnya penduduk.

16 MATERI b. Penemuan baru, proses dengan penemuan baru mengalami tiga tahap : 1)Discovery atau penemuan unsur baru, berbentuk konsepsi, ide, teori, barang, alat atau hal yang benar-benar baru lainnya. 2)Invention atau pengakuan, penerimaan, atau penerapan penemuan itu oleh masyarakat, yang membawa kepada perubahan atau munculnya norma baru. 3)Innovation atau inovasi, proses perubahan kebudayaan yang besar, terjadi dalam jangka waktu yang tidak terlampau lama.

17 MATERI c. Perselisihan di dalam masyarakat (konflik) Perselisihan didalam masyarakat dapat terjadi antar individu, antar kelompok, maupun kombinasi di antara keduanya.

18 MATERI d. Pemberontakan dan revolusi. Pemberontakan lebih diartikan sebagai peristiwa tindakan kekerasan yang bertujuan menentang penguasa dalam negeri atau penakluk dari luar masyarakat tersebut yang menghasilkan konsesi atau perubahan kecil yang tidak sampai pada transformasi atau perubahan revolusioner atau mendasar. d. Pemberontakan dan revolusi. Pemberontakan lebih diartikan sebagai peristiwa tindakan kekerasan yang bertujuan menentang penguasa dalam negeri atau penakluk dari luar masyarakat tersebut yang menghasilkan konsesi atau perubahan kecil yang tidak sampai pada transformasi atau perubahan revolusioner atau mendasar.

19 MATERI 2. Perubahan yang Bersumber dari Luar Masyarakat (Eksternal) a.Perubahan alam (fisik) b.Peperangan c.Pengaruh kebudayaan masyarakat luar 2. Perubahan yang Bersumber dari Luar Masyarakat (Eksternal) a.Perubahan alam (fisik) b.Peperangan c.Pengaruh kebudayaan masyarakat luar

20 MATERI C. FAKTOR PENGHAMBAT PERUBAHAN SOSIAL 1. Keterasingan Masyarakat Keterasingan sebuah masyarakat biasanya disebakan oleh faktor- faktor yang bersifat geografis.

21 MATERI

22 D. PROSES DAN DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL 1.Proses Perubahan Sosial Setiap masyarakat memilliki struktur sosial yang khas dan merupakan cermin keseimbangan.

23 MATERI 2. Dampak Perubahan Sosial di Masyarakata a. Dampak negatif, Dampak negatif perubahan sosial adalah timbulnya disintegrasi sosial. Disintegrasi sosial adalah proses memudarna norma- norma dan nilai-nilai dalam masyarakat. b. Dampak positif., Dampak positif perubahan sosial adalah munculnya pernyesuaian atau akomodasi baru. Penyesuaian atauakomodasi baru adalah suatu proses pembentukan norma- norma dan nilai-nilai baru agar dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan.

24 MATERI Modernisasi berasal dari bahasa Latin, yaitu modo (cara) dan ernus (masa kini). Definisi pengertian modernisasi menurut beberapa ahli : 1.J.W. Schoorl, modernisasi sebagai penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. 2.Soerjono Soekanto, modernisasi adalah salah satu bentuk perubahan sosial yang terarah (directed change) dan didasarkan atas perencanaan (social planning). Modernisasi berasal dari bahasa Latin, yaitu modo (cara) dan ernus (masa kini). Definisi pengertian modernisasi menurut beberapa ahli : 1.J.W. Schoorl, modernisasi sebagai penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. 2.Soerjono Soekanto, modernisasi adalah salah satu bentuk perubahan sosial yang terarah (directed change) dan didasarkan atas perencanaan (social planning).

25 MATERI F. WESTERNISASI Westernisasi berasal dari kata west yang berarti “barat”. dengan demikian, westernisasi berarti pembaratan, yaitu perilaku seperti yang dilakukan oleh bangsa Barat ( Eropa dan Amerika) F. WESTERNISASI Westernisasi berasal dari kata west yang berarti “barat”. dengan demikian, westernisasi berarti pembaratan, yaitu perilaku seperti yang dilakukan oleh bangsa Barat ( Eropa dan Amerika)

26 MATERI G. GLOBALISASI 1. Pengertian Globalisasi diambil dari kata globe yang berarti bola dunia. Globalisasi adalah suatu proses atau tatanan yang menyebabkan seseorang, sekelompok orang, atau suatu negara saling berhungan dengan komunitas atau negar lain akibat kemajuan teknologi komunikasi di seluruh penjuru dunia.

27 MATERI 2. Dampak Globalisasi a)Geger budaya (cultural shock) Adalah kondisi goncangan jiwa atau mental pada diri seseorang atau sekolompok orang sebagai akibat belum adanya kesanggupan atau kesiapan untuk menerima unsur-unsr kebudayaan asing yang berbeda jauh dengan kebudayaannya sendiri.

28 MATERI b) Kesenjangan kebudayaan (cultural lag) Adalah masyarakat yang sedang berubah, unsur- unsur kemasyarakatan dan kebudayaan tidak selamanya berubah dalam kecepatan yang sama. Kesenjangan pertumbuhan yang tidak sama cepatnya ini menimbulkan ketidakseimbagnan. c) Memperkaya unsur-unsur kebudayaan Indonesia. Selain kdua dampak negatif diatas, globalisasi tentu saja memiliki dampak positif bagi suatu bangsa, yaitu keterbukaan infomasi yang samakin memperkaya unsur-unsur kebudayaan di Indonesia.

29 MATERI 3. Tantangan Mempertahankan Jati Diri Bangsa Tantangann global yang dihadapi bangsa Indonesia sehubungan dengan upaya mempertahankan jati diri bangsa 1.Melemahnya penghayatan terhadap Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. 2.Memperkaya bahasa Indonesia tanpa menghilangkan ciri khas dari bahasa Indonesia itu sendiri. 3.Penurunan moral dan kekacauan kemanusian. 3. Tantangan Mempertahankan Jati Diri Bangsa Tantangann global yang dihadapi bangsa Indonesia sehubungan dengan upaya mempertahankan jati diri bangsa 1.Melemahnya penghayatan terhadap Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. 2.Memperkaya bahasa Indonesia tanpa menghilangkan ciri khas dari bahasa Indonesia itu sendiri. 3.Penurunan moral dan kekacauan kemanusian.

30 LATIHAN SOAL 1)Apa yang dimaksud geger budaya? 2)Jelaskan apa yang dimaksud dengan kesenjangan kebudayaan? 3)Jelaskan faktor penghambat perubahan sosail 4)Sebutkan dan jelaskan faktor- faktor penyebab perubahan sosial? 5)Sebutkan dan jelaskan Dampak perubahan sosial di masyarakatan dan berikan contoh.

31 1.BUKU SOSIOLOGI KELAS XII SMA OLELH ADWIANA HARDIYANTI,PENERBIT WIDYA UTAMA 2.BUKU SOSIOLOGI KELAS XII SMA OLEH TIM SOSIOLOGI. PENERBIT YUDHISTIRA


Download ppt "SOSIOLOGI KELAS XII PENYUSUN : DRA. AGUSTIEN WUWUNGAN NIP : 196308202001122001 SMA NEGERI 3 BITUNG PENYUSUN : DRA. AGUSTIEN WUWUNGAN NIP : 196308202001122001."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google