Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Modernisasi Standar Kompetensi: Memahami Dampak Perubahan Soaial. Kompetensi Dasar: Menganalisis dampak perubahan sosial. Indikator: - Menjelaskan pengertian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Modernisasi Standar Kompetensi: Memahami Dampak Perubahan Soaial. Kompetensi Dasar: Menganalisis dampak perubahan sosial. Indikator: - Menjelaskan pengertian."— Transcript presentasi:

1  Modernisasi Standar Kompetensi: Memahami Dampak Perubahan Soaial. Kompetensi Dasar: Menganalisis dampak perubahan sosial. Indikator: - Menjelaskan pengertian Modernisasi dan Globalisasi. - Mendeskripsikan dampak modernisasi dan globalisasi. - Mengidentifikasikan tantangan globalterhadap eksistensi jati didri bangsa. - Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.

2 MODERNISASI & GLOBALISASI

3 Modernus ← Modo (cara) & Ernus (Periode masa kini) Modernisasi : Sebagai proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Pengertian modernisasi menurut para ahli : 1.Menurut J.w. Schoorl, modernisasi merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan seluruh aspek masyarakat. 2.Menurut Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai keadaan dunia sekarang. 3.Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya terarah.

4 Menurut Alex Inkeles, 9 ciri manusia modern: 1.Memiliki sikap terbuka untuk menerima perubahan, 2.Memiliki keberanian untuk menyatakan pendapat, 3.Menghargai waktu dan lebih berorientasi ke masa depan, 4.Memiliki perencanaan dan pengorganisasian, 5.Percaya diri, 6.Perhitungan menghargai harkat hidup manusia, 7.Menghargai harkat hidup manusia, 8.Percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi, 9.Menjunjung tinggi imbalan diterima sesuai dengan prestasi. Menurut Soerjono Soekanto, syarat modernisasi adalah: 1.Scientific thinking, 2.System informasi yang baik, 3.System pengumpulan data yang baik, 4.Penciptaan iklim yang menyenangkan terhadap modernisasi, 5.Organisasi dan percaya diri yang tinggi, 6.Sentralisasi wewenang dalam perencanaan social yang tidak mementingkan diri sendiri/golongan.

5 Gejala modernisasi bisa dilihat di beberapa bidang, misalnya bidang: 1.Bidang Budaya, Terdesaknya Budaya Tradisional dengan Budaya Baru. 2.Bidang Politik, Banyaknya negara yg lepas dari penjajahan, Neg. Merdeka dan lain-lain. 3.Bidang Ekonomi, Semakin kompleksnya kebutuhan manusia akan barang dan jasa. 4.Bidang Sosial, banyaknya kelompok baru di Masyarakat GLOBALISASI Globalisasi → Sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk- bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Theodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.

6 Scholte melihat bahwa ada beberapa definisi yang dimaksudkan orang dengan globalisasi: 1)Internasionalisasi: Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain. 2)Liberalisasi: Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkankan batas antar negara, misalnya hambatan tarif ekspor impor, lalu lintas devisa, maupun migrasi. 3)Universalisasi: Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia. Pengalaman di satu lokalitas dapat menjadi pengalaman seluruh dunia. 4)Westernisasi: Westernisasi adalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal. 5)Hubungan transplanetari dan suprateritorialitas: Dunia global memiliki status ontologi sendiri, bukan sekadar gabungan negara-negara.

7 Tugas Siswa Perhatikan Gambar Disamping, berikan komentarmu tentang penobatan masyarakat plularisme di Indonesia dihubungkan dengan modernisasi Dinobatkan sebagai penggiat prularisme di Indonesia


Download ppt " Modernisasi Standar Kompetensi: Memahami Dampak Perubahan Soaial. Kompetensi Dasar: Menganalisis dampak perubahan sosial. Indikator: - Menjelaskan pengertian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google