Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGEMBANGAN MODUL ENCODE WATERMARKING TEKS PADA AUDIO MENGGUNAKAN PENGKODEAN BIT Bagus Wicaksono 50406137.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGEMBANGAN MODUL ENCODE WATERMARKING TEKS PADA AUDIO MENGGUNAKAN PENGKODEAN BIT Bagus Wicaksono 50406137."— Transcript presentasi:

1

2 PENGEMBANGAN MODUL ENCODE WATERMARKING TEKS PADA AUDIO MENGGUNAKAN PENGKODEAN BIT Bagus Wicaksono

3 Masalah perlindungan hak cipta. Watermarking Memanfaatkan kekurangan system indera manusia seperti mata dan telinga. Media atau data yang akan disembunyikan dapat berupa teks, citra digital, audio maupun video. teknik pengkodean bit, penyisipan pesan dilakukan dengan cara mengganti bit host dengan bit watermark yang merepresentasikan pesan yang akan disisipkan. MATLAB 7.1 Masalah perlindungan hak cipta

4 Masalah perlindungan hak cipta. Watermarking Memanfaatkan kekurangan system inderamanusia seperti mata dan telinga. Media atau data yang akan disembunyikan dapat berupa teks, citra digital, audio maupun video. teknik pengkodean bit, penyisipan pesan dilakukan dengan cara mengganti bit host dengan bit watermark yang merepresentasikan pesan yang akan disisipkan. MATLAB 7.1 Watermarking Memanfaatkan kekurangan system indera manusia seperti mata dan telinga.

5 Masalah perlindungan hak cipta. Watermarking Memanfaatkan kekurangan system inderamanusia seperti mata dan telinga. Media atau data yang akan disembunyikan dapat berupa teks, citra digital, audio maupun video. teknik pengkodean bit, penyisipan pesan dilakukan dengan cara mengganti bit host dengan bit watermark yang merepresentasikan pesan yang akan disisipkan. MATLAB 7.1 Media atau data yang akan disembunyikan dapat berupa teks, citra digital, audio maupun video.

6 Masalah perlindungan hak cipta. Watermarking Memanfaatkan kekurangan system inderamanusia seperti mata dan telinga. Media atau data yang akan disembunyikan dapat berupa teks, citra digital, audio maupun video. teknik pengkodean bit, penyisipan pesan dilakukan dengan cara mengganti bit host dengan bit watermark yang merepresentasikan pesan yang akan disisipkan. MATLAB 7.1 teknik pengkodean bit. Kenapa Menggunakan Metode ini?

7 KARENA METODE INI TIDAK MENGUBAH UKURAN FILE

8 Masalah perlindungan hak cipta. Watermarking Memanfaatkan kekurangan system inderamanusia seperti mata dan telinga. Media atau data yang akan disembunyikan dapat berupa teks, citra digital, audio maupun video. teknik pengkodean bit, penyisipan pesan dilakukan dengan cara mengganti bit host dengan bit watermark yang merepresentasikan pesan yang akan disisipkan. MATLAB 7.1

9 untuk menghasilkan modul audio watermarking yang menyisipkan pesan (informasi) yang berformat teks pada berkas suara WAV dengan merubah bit awal pada audio.

10 Sistem watermarking terdapat 3 sub-bagian yang membentuknya yaitu: Penghasil Label Watermark Proses penyembunyian Label Menghasilkan kembali Label Watermark dari data yang terwatermark. LABEL DATA TERLABEL NON TEXT WATERMARKING TEXT DATA ORIGINAL

11 1. Masukkan berkas suara WAV. 2. Identifikasi data size berkas suara WAV pada byte ke Masukkan berkas teks. 4. Ubah teks ke dalam bentuk binary dan ukuran teks tidak lebih dari data size berkas suara WAV. Header ChunkFmt ChunkData Chunk Pesan konversi ke binary Byte ke-44

12 4.Masukkan identity [ ] dari posisi bit ke-1 sampai ke-8 pada berkas WAV. 5.Posisikan bit panjang pesan teks dari bit ke-9 sampai ke-18. dan kemudian Posisikan bit lebar pesan teks bit ke-19 sampai ke Posisikan pesan teks biner dari bit ke-29 sampai bit ke-28 ditambah dengan panjang pesan teks. 7.Berkas Wav telah memiliki pesan teks dalam bentuk biner. Simpan suara WAV yang disimpan kedalam berkas teks dengan ekstensi (.WAV). …. …. …. … …Data Chunk Identitypanjang pesan teks lebar pesan teks pesan teks

13 RANCANGAN TAMPILAN MENU

14 RANCANGAN TAMPILAN PENYISIPAN

15 RANCANGAN TAMPILAN PERBANDINGAN

16 Ukuran Pendek Songwriter name : twisted Song name : the end guitar Ukuran Panjang Songwriter name : twisted Song name : the end guitar Song file size : 778 kb Date of song creation : 3 jan 2011 Date and time of song recording : 4 jan 2011 Record program name : Jet Audio Song format (.Wav) Witness name when the track made or recorded :George Song duration 00:08 Sampling (44100Hz, 16-bit,mono)

17 Ukuran PendekUkuran Panjang

18 Kesimpulan dari pembuatan modul encode audio watermarking : Berhasil menyisipkan pesan berformat teks ke dalam berkas audio. Ukuran audio yang telah disisipkan tidak mengalami perubahan dari ukuran audio aslinya. Selain itu berkas audio yang telah disisipkan tidak mengalami perubahan suara secara significant. Berdasarkan hasil pengujian terhadap respoden, kulitas data audio watermarked yang dihasilkan bergantung dari panjang pesan yang disisipkan.

19 Contoh Berkas Audio yang sebelum dan sesudah watermarking File OriginalFile Watermarked

20 Table ASCII


Download ppt "PENGEMBANGAN MODUL ENCODE WATERMARKING TEKS PADA AUDIO MENGGUNAKAN PENGKODEAN BIT Bagus Wicaksono 50406137."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google