Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas multimedia. Kompresi JPEG dan MPEG kompresi data yang dilakukan terhadap citra digital berujuan untuk mengurangi redudansi dari data data yang terdapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas multimedia. Kompresi JPEG dan MPEG kompresi data yang dilakukan terhadap citra digital berujuan untuk mengurangi redudansi dari data data yang terdapat."— Transcript presentasi:

1 Tugas multimedia

2 Kompresi JPEG dan MPEG kompresi data yang dilakukan terhadap citra digital berujuan untuk mengurangi redudansi dari data data yang terdapat dalam citra sehingga dapat di simpan atau di transmisikan secara efisien Parameter-parameter citra yang penting dalam proses kompresi diantaranya adalahsebagai berikut: Resolusi : Resolusi citra menyatakan ukuran panjang kali lebar dari sebuah citra. Resolusicitra biasanya dinyatakan dalam satuan piksel Kedalaman Bit : Kedalaman bit menyatakan jumlah bit yang dipelukan untuk mrepresentasikantiap piksel citra pada sebuah frame. Konsep Redundansi : Redundansi merupakan suatu keadaan dimana representasi suatu elemen datatidak bernilai signifikan dalam merepresentasikan keseluruhan data.

3 Kompresi Berdasarkan Output Ada dua macam yaitu : Kompresi Lossless Kompresi Lossy Pada kompresi lossless, Hasil dekompres dari data terkompresi akan tepat sama persis dengan data Hasil dekompres dari data terkompresi akan tepat sama persis dengan data sebelum dikompres sebelum dikompres. Sedangkan pada kompresi lossy, Hasil dekompres dari data terkompresi tidak tepat sama persis, tetapi persepsi terhadap semantik data tetap sama

4 Kompresi berdasarkan penerimaan : Dialoque Mode: proses penerimaan data secara real time Retrieval Mode: proses penerimaan data tidak real time Klasifikasi teknik kompresi : Entropy Encoding Source Coding Hybrid Coding Entropy Encoding Bersifat lossless Tekniknya berdasarkan urutan data Misalnya : Huffman coding Source coding Bersifat lossy Berkaitan dengan data semantic Misalnya : Vector quantization Hybrid Coding : Gabungan antara lossy + lossless Misalnya: JPEG, MPEG

5 VIDEO STREAMING Streaming adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server). Dengan kata lain, file video ataupun audio yang terletak dalam sebuah server dapat secara langsung dijalankan pada UE sesaat setelah ada permintaan dari user, sehingga proses running aplikasi yang didownload berupa waktu yang lama dapat dihindari tanpa harus melakukan proses penyimpanan terlebih dahulu

6 Format Streaming Ada tiga jenis format streaming yang banyak digunakan dalam situs-situs Internet. Mereka adalah format Real Media (.rm/.ra/.ram), Windows Media (.asf/.wmf/.asx) dan QuickTime (.mov). Tak ada yang sempurna, begitu juga dengan format-format tersebut. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

7 ISTILAH DALAM STREAMING Media Streaming Sebuah teknlogi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara real-time melalui Internet. Media streaming merupakan pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer klien. Buffering Proses atau kondisi yang terjadi saat sebuah player untuk media streaming sedang menyimpan bagian-bagian file media streaming ke tempat penyimpanan lokal. Kebanyakan player menyimpan hanya sebagian kecil dari sebuah presentasi streaming sebelum memulai streaming. Proses buffering juga bisa terjadi di tengah-tengah streaming, biasanya hal seperti ini terjadi jika bandwith yang diperlukan untuk memainkan streaming kurang sesuai atau kurang memenuhi besar bandwidth dari yang seharusnya. Bandwidth Jumlah data yang bisa ditransmisikan dalam ukuran waktu yang telah pasti. Untuk peralatan digital, biasanya bandwidth dibuat dengan satuan bit per seken atau byte per seken – berbeda dengan peralatan analog yang memiliki standar ukuran cycle per seken atau Hertz (Hz). Broadcast Sebuah proses saat data secara simultan dikirimkan ke semua stasiun dalam sebuah jaringan. Buffer Tempat penyimpanan sementara (penyangga) yang dialokasikan dalam sistem secara random untuk menyimpan data-data sebelum dikirim atau disimpan ke bagian lain dari sistem. Dalam aplikasi streaming, buffer menyimpan data video atau audio sampai semua informasi yang cukup untuk melakukan streaming terkumpul semua. Video Digital Kunci dari konten media streaming. Biasanya video digital dikonversi dari data-data video analog. Sinyal video digital direpresentasikan dengan bilangan 0 dan 1, sedangkan sinyal analognya direpresentasikan dengan fluktuasi sinyal yang tersimpan di storage – perbedaan analog dan digital dalam sinyal video sama dengan perbedaan analog dan digital pada sinyal audio.


Download ppt "Tugas multimedia. Kompresi JPEG dan MPEG kompresi data yang dilakukan terhadap citra digital berujuan untuk mengurangi redudansi dari data data yang terdapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google