Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

[FTP, Kompresi, Dekompresi, Online Storage]. Pendahuluan Dalam sebuah jaringan komputer dalam area lokal maupun yang terkoneksi dengan internet seringkali.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "[FTP, Kompresi, Dekompresi, Online Storage]. Pendahuluan Dalam sebuah jaringan komputer dalam area lokal maupun yang terkoneksi dengan internet seringkali."— Transcript presentasi:

1 [FTP, Kompresi, Dekompresi, Online Storage]

2 Pendahuluan Dalam sebuah jaringan komputer dalam area lokal maupun yang terkoneksi dengan internet seringkali diperlukan transfer (pertukaran) data antar komputer. Sebagai contoh, saat ditemukan sebuah file atau program yang menarik dan berhubungan dengan masalah yang sedang kita hadapi, biasanya kita berkeinginan untuk menyalin file atau program tersebut. Maka dipergunakan FTP (File Transfer Protocol) yang merupakan software terpopuler di kalangan user jaringan LAN dan atau internet yang memungkinkan untuk melakukan proses menyalin atau memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain yang letaknya berjauhan melalui internet. Dengan FTP ini dapat dilakukan tukar menukar informasi yang berupa file secara mudah dan murah.

3 FTP ( File Transfer Protokol ) FTP merupakan jembatan antar sistem operasi dalam melakukan proses transfer data. Fasilitas FTP sering digunakan untuk menyalin (men- download) file dari server komputer yang ada di internet ke komputer lokal. Komputer server yang menyediakan data dan informasi yang dapat disalin (di-download) oleh usernya berjumlah cukup banyak, dan untuk dapat menyalin file dari sebuah server harus diketahui lebih dahulu alamat lengkap servernya. Klien (komputer lokal) dan server (komputer remote) yang memiliki utilitas FTP tidak tergantung dari mana lokasi komputer itu berada, bagaimana cara koneksinya dan bahkan apa sistem operasi yang digunakannya.

4 FTP Server FTP server, berupa sebuah komputer server yang memberikan fasilitas FTP dengan tujuan untuk menerima koneksi (hubungan) dari luar. Ada dua jenis server komputer yang dapat dihubungi dengan fasilitas FTP, yaitu : Anonymous FTP Server atau dapat juga disebut Public FTP Server. Server komputer ini dapat diakses dan terbuka bagi semua pemakai internet. File-file dalam server ini dapat di- download secara gratis. Private FTP Server, Server komputer ini hanya bisa diakses dan dipergunakan oleh user tertentu yang terdaftar secara resmi. Server ini biasanya berisi data dan informasi pribadi yang khusus digunakan untuk pemakai tertentu atau perusahaan tertentu.

5 FTP Client FTP Client (Klien FTP) merupakan sebuah sistem komputer lokal yang hendak melakukan koneksi dengan server FTP melalui jaringan internet atau LAN agar dapat melakukan proses pentransferan data (pentransferan file) dengan komputer server FTP. Komputer lokal ini harus memiliki software FTP client. Beberapa software FTP yang dapat digunakan pada sistem operasi : Microsoft Windows 3.1/NT/9x/ 2000/XP yaitu : CuteFTP, WS_FTP, CoreFTP, SmartFTP, FTP Chameleon, Filezilla dan lain- lain. DOS : Minuet dan NCSA FTPbin UNIX (dan LINUX), selama sistem tersebut dilengkapi dengan TCP/IP maka di dalamnya telah disertakan pula program Klien FTP.

6 Mekanisme Transfer File (1)

7 Mekanisme Transfer File (2) Pada gambar ditunjukkan mekanisme transfer file dari host lokal ke remote, proses transfer file seperti ditunjukkan dengan tanda panah pada gambar tersebut. Tahapan FTP dimulai dari client memasuki jaringan TCP/IP, komputer remote yang akan dituju disebut host FTP, dan host FTP ini harus memiliki software FTP server yang telah diinstall agar dapat berinteraksi dengan sistem file pada host. Untuk memulai melakukan FTP, maka berikan perintah seperti berikut : %ftp [hostname] tanda % adalah prompt default pada OS Unix, hostname merupakan nama secara simbolik atau IP address dari host yang akan dituju.

8 Mekanisme Transfer File (3) Bila sudah dapat tersambung maka akan ditanyakan nama user dan password, isian nama user dan password sesuai dengan account yang diberikan seperti yang digunakan bila user akan menggunakan server tersebut. Tetapi pada FTP server yang umum, untuk nama user dapat digunakan ftp atau anonymous dengan menggunakan password yaitu alamat , akan tetapi memiliki hak akses yang terbatas sesuai yang ditetapkan administrator FTP server.

9 Kompresi dan Dekompresi (1) Kompresi yaitu memampatkan/mengecilkan ukuran data asli Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu. Teknik untuk mengembalikan data yang telah terkompresi ke ukuran semula disebut dengan dekompresi Contoh kompresi sederhana yang biasa kita lakukan misalnya adalah menyingkat kata-kata yang sering digunakan tapi sudah memiliki konvensi umum. Misalnya: kata “yang” dikompres menjadi kata “yg”.

10 Kompresi dan Dekompresi (2) Pengiriman data hasil kompresi dapat dilakukan jika pihak pengirim/yang melakukan kompresi dan pihak penerima memiliki aturan yang sama dalam hal kompresi data. Pihak pengirim harus menggunakan algoritma kompresi data yang sudah baku dan pihak penerima juga menggunakan teknik dekompresi data yang sama dengan pengirim sehingga data yang diterima dapat dibaca/di-dekode kembali dengan benar. Kompresi data menjadi sangat penting karena memperkecil kebutuhan penyimpanan data, mempercepat pengiriman data, memperkecil kebutuhan bandwidth.

11 Kompresi Data Berdasarkan Mode Penerimaan Data Dialoque Mode: yaitu proses penerimaan data dimana pengirim dan penerima seakan berdialog (real time), seperti pada contoh video conference. Dimana kompresi data harus berada dalam batas penglihatan dan pendengaran manusia. Waktu tunda (delay) tidak boleh lebih dari 150 ms, dimana 50 ms untuk proses kompresi dan dekompresi, 100 ms mentransmisikan data dalam jaringan. Retrieval Mode: yaitu proses penerimaan data tidak dilakukan secara real time. Dapat dilakukan fast forward dan fast rewind di client. Dapat dilakukan random access terhadap data dan dapat bersifat interaktif

12 Jenis Kompresi Data Berdasarkan Output(1) Lossy Compression Teknik kompresi dimana data hasil dekompresi tidak sama dengan data sebelum kompresi namun sudah “cukup” untuk digunakan. Contoh: Mp3, streaming media, JPEG, MPEG, dan WMA. Kelebihan: ukuran file lebih kecil dibanding loseless namun masih tetap memenuhi syarat untuk digunakan. Biasanya teknik ini membuang bagian-bagian data yang sebenarnya tidak begitu berguna, tidak begitu dirasakan, tidak begitu dilihat oleh manusia sehingga manusia masih beranggapan bahwa data tersebut masih bisa digunakan walaupun sudah dikompresi. Misal terdapat image asli berukuran 12,249 bytes, kemudian dilakukan kompresi dengan JPEG kualitas 30 dan berukuran 1,869 bytes berarti image tersebut 85% lebih kecil dan ratio kompresi 15%

13 Jenis Kompresi Data Berdasarkan Output (2) Loseless Teknik kompresi dimana data hasil kompresi dapat didekompres lagi dan hasilnya tepat sama seperti data sebelum proses kompresi. Contoh aplikasi: ZIP, RAR, GZIP, 7-Zip Teknik ini digunakan jika dibutuhkan data setelah dikompresi harus dapat diekstrak/dekompres lagi tepat sama. Contoh pada data teks, data program/biner, beberapa image seperti GIF dan PNG. Kadangkala ada data-data yang setelah dikompresi dengan teknik ini ukurannya menjadi lebih besar atau sama.

14 Kriteria Algoritma & Aplikasi Kompresi Data Kualitas data hasil enkoding: ukuran lebih kecil, data tidak rusak untuk kompresi lossy. Kecepatan, ratio, dan efisiensi proses kompresi dan dekompresi Ketepatan proses dekompresi data: data hasil dekompresi tetap sama dengan data sebelum dikompres (kompresi loseless)

15 Aplikasi Kompresi (1) ZIP File Format Ditemukan oleh Phil Katz untuk program PKZIP kemudian dikembangkan untuk WinZip, WinRAR, 7-Zip. Berekstensi *.zip dan MIME application/zip Dapat menggabungkan dan mengkompresi beberapa file sekaligus menggunakan bermacam-macam algoritma, namun paling umum menggunakan Katz’s Deflate Algorithm. Beberapa method Zip: Shrinking : merupakan metode variasi dari LZW Reducing : merupakan metode yang mengkombinasikan metode same byte sequence based dan probability based encoding. Imploding : menggunakan metode byte sequence based dan Shannon-Fano encoding. Deflate : menggunakan LZW Bzip2, dan lain-lain Aplikasi: WinZip oleh Nico-Mak Computing

16 Aplikasi Kompresi (2) RAR File Ditemukan oleh Eugene Roshal, sehingga RAR merupakan singkatan dari Roshal Archive pada 10 Maret 1972 di Rusia. Berekstensi.rar dan MIME application/x-rar-compressed Proses kompresi lebih lambat dari ZIP tapi ukuran file hasil kompresi lebih kecil. Aplikasi: WinRAR yang mampu menangani RAR dan ZIP, mendukung volume split, enkripsi AES

17 Online Storage Bagi orang-orang yang bekerja dengan komputer, mereka tidak bisa lepas dari media penyimpanan. Semua data yang berkaitan dengan pekerjaan maupun data pribadi dalam bentuk softcopy biasanya disimpan di hardisk, disket, cd atau flash disk. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka dikembangkan media penyimpanan yang mempermudah user dalam mengakses data-data mereka, dimanapu posisinya selama terhubung dengan jaringan internet. Media penyimpanan ini disebut dengan Online Storage.

18 Langkah penyimpanan dokumen secara online (1) Salah satu tempat menyimpan file berupa dokumen, foto, video, dan sebagainya adalah gudangupload.com Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Buka situs gudang upload di: 2. Klik Sign Up untuk mendaftar terlebih dahulu

19 Langkah penyimpanan dokumen secara online (2) 3. Lengkapi identitas anda, kemudian klik Sign UP

20 Langkah penyimpanan dokumen secara online (3) 4. Setelah itu akan muncul pesan bahwa pendaftaran berhasil, silakan melihat anda untuk membaca instruksi selanjutnya. Di kotak masuk akan muncul pesan dari

21 Langkah penyimpanan dokumen secara online (4) 5. Klik link yang diberikan

22 Langkah penyimpanan dokumen secara online (5) 6. Setelah itu dipersilakan untuk melakukan login. Tulis username dan password yang sama dengan yang telah diisi pada langkah ke-3 6. Dengan melakukan login maka anda telah masuk di halaman utama dan siap untuk melakukan penyimpanan (upload) maupun pengambilan (download) dokumen.

23 Langkah penyimpanan dokumen secara online (6) 8. Menu yang tersedia adalah sebagai berikut : Main Page : Halaman utama Logout : keluar dari Upload Files : untuk menyimpan / mengupload file Add Folder : untuk menambah folder baru guna mempermudah mengorganisasikan file yang ada.

24 Langkah penyimpanan dokumen secara online (7) 9. Untuk menggunakan file yang telah diupload, klik file tersebut. 10. Anda bisa melakukan hal-hal berikut terhadap file anda: Delete : untuk menghapus file Download: untuk mengambil (download) file ke komputer lokal Edit description digunakan untuk membuat dan mengubah deskripsi atau penjelasan terhadap file Return to folder digunakan untuk kembali ke folder tempat file berada Move, untuk memindah file ke folder lain Create link digunakan untuk membuat link (hubungan) ke alamat , atau juga untuk mengirim . Apabila create link ini anda gunakan, maka ketika pengiriman dilakukan, alamat pengirim adalah alamat yang anda daftarkan ketika mengisi form pendaftaran


Download ppt "[FTP, Kompresi, Dekompresi, Online Storage]. Pendahuluan Dalam sebuah jaringan komputer dalam area lokal maupun yang terkoneksi dengan internet seringkali."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google