Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Radio Streaming Kelompok 5 jarmul. MULTIMEDIA STREAMING Layanan multimedia streaming merupakan suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Radio Streaming Kelompok 5 jarmul. MULTIMEDIA STREAMING Layanan multimedia streaming merupakan suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video."— Transcript presentasi:

1 Radio Streaming Kelompok 5 jarmul

2 MULTIMEDIA STREAMING Layanan multimedia streaming merupakan suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video digital secara real time pada jaringan komputer.

3

4 Kendala-kendala yang dapat terjadi dalam melakukan streaming multimedia : Bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream. Di samping kondisi jaringan juga mempengaruhi bandwidth, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringan. Untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer. Sinkronisasi dan delay, agar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya, maka media tersebut harus tersinkronisasikan sesuai dengan timeline presentasi tersebut dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau. Interoperability Idealnya adalah presentasi yang kita buat harus dapat dimainkan oleh semua jenis client, CPU yang berbeda, sistem operasi yang berbeda, dan media player lainnya.

5 BROADCASTING Broadcasting merupakan proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya. Contoh dari Jaringan yang memakai sistem pengiriman broadcasting ini adalah Radio Streaming atau Radio Internet.

6 Pengertian Radio Internet Radio Internet (Internet Radio) --disebut juga web radio, net radio, streaming radio, atau e- radio-- adalah layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet.

7 About Radio Internet Penyiaran yang dilakukan melalui internet disebut sebagai webcasting karena tidak menular secara luas melalui sarana nirkabel. Radio Internet memiliki sebuah media streaming yang dapat menyediakan saluran audio terus-menerus dan tidak ada kontrol operasional penyiaran seperti media penyiaran tradisional pada umumnya. Radio Internet bersifat Independen karena tidak tergabung dalam perusahaan penyiaran apapun meskipun demikian radio internet dapat diakses oleh pengguna internet dari seluruh dunia.

8 Teknologi Radio Internet Cara yang digunakan untuk menyiarkan radio internet adalah melalui teknologi streaming, yaitu teknologi yang dapat menerima serta mengirim informasi dari satu pihak ke pihak lain menggunakan alat yang dapat menerima aliran media streaming tersebut juga. Teknologi streaming ini menggunakan lossy audio codec, yaitu program komputer yang berfungsi untuk mengkompres audio maupun video berdasarkan data yang diformat melalui streaming suara ke radio internet. Format audio streaming termasuk MP3, Ogg Vorbis, Windows Media Audio, RealAudio dan HE-AAC (kadang-kadang disebut aacPlus).

9 Cara Penggunaan Radio Internet di Indonesia mulai bermunculan seiring munculnya host server lokal yang menyediakan layanan radio streaming berbayar. Penggunaan radio internet sebenarnya cukup mudah, namun ada beberapa stasiun yang mengharuskan pengguna menginstal aplikasi RealPlayer, Winamp, dan software audio player lainnya di komputernya. Radio internet ini bisa didengarkan melalui melalui webcast, winamp, i-tunes, win media player ataupun mobile phone. Untuk yang bisa diputar di winamp, bisa langsung klik url-nya atau salin url dan tambah url di playlist. (Sumber: Wikipedia.org).

10 Shoutcast server SHOUTcast adalah sistem multiplatform transmisi audio melalui Internet ( audio streaming ), yang diciptakan oleh Nullsoft. Gunakan MP3 atau AAC untuk audio encoding dan protokol HTTP (atau multicast) untuk transmisi. Klien dan server dapat menggunakan software yang tersedia untuk Windows, FreeBSD, GNU / Linux, Mac OS. Program yang kompatibel dengan SHOUTcast memungkinkan pengguna untuk membuat radio online sendiri dan dapat menggunakan program populer seperti WinAmp, XMMS dan iTunes.

11 Tools/Software Software media player (WinAmp, WMC, dll) Shoutcast DSP Plugin Shoutcast Server (Shoutcast DNAS Application) web yang menyediakan jasa radio streaming PC dan Microphone (optional)

12 Langkah membuat internet radio Di mulai dari komputer yang sudah diinstal winamp dan shoutcast DSP plugins. Di set IP, Port, Password dan settingan lainnya. Lalu dihubungkan ke server melalui Internet. Server ini berfungsi sebagai relay untuk membagikan siaran ke pendengar.

13 Skema radio internet menggunakan server shoutcast

14 SKEMA CARA KERJA RADIO STREAMING : Microphone / Audio Mixer ↓ Line in soundcard Komputer (Software : WINAMP, SAM BROADCASTER) ↓ Shoutcast Server + daftarkan radio streaming ke web penyedia jasa radio streaming ↓ Radio sudah On Air dapat dikonsumsi oleh Pendengar (PC, MaC, Linux, Nokia, Android, Blackberry, iPhone, iPad)


Download ppt "Radio Streaming Kelompok 5 jarmul. MULTIMEDIA STREAMING Layanan multimedia streaming merupakan suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google