Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kompresi JPEG,MPEG, dan Video Streaming Rachmatullah A.N. 0710633067.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kompresi JPEG,MPEG, dan Video Streaming Rachmatullah A.N. 0710633067."— Transcript presentasi:

1 Kompresi JPEG,MPEG, dan Video Streaming Rachmatullah A.N

2 Tahapan Kompresi JPEG Tahapan Kompresi JPEG  Sampling : adalah proses pengkonversian data pixel dari RGB ke YUV (luminance, bluechrominance, redchrominance) dan dilakukan down sampling.  DCT (Discreate Cosine Transform) : hasil dari proses sampling akan digunakan sebagai inputan proses DCT, dimana blok 8x8 pixels akan diubah menjadi fungsi matriks cosinus.  Quantization : proses membersihkan koefisien DCT yang tidak penting untuk pembentukan image baru. Hal ini yang menyebabkan JPEG bersifat lossy.  Entropy Coding : proses penggunaan algoritma entropy, misalnya Huffman atau RLE untuk mengkodekan koefisien hasil proses DCT yang akan mengeliminasi nilai-nilai matriks yang bernilai nol secara zig-zag order.

3

4 Kompresi MPEG  Transformasi sistem warna RGB ke sistem warna YCbCr, yaitu dengan cara men-downsampling komponen chrominance Cb dan Cr. Standart untuk downsampling rate pada MPEG-1 adalah 4 : 2 : 0.  Dekorelasi lokal yang meliputi proses macroblock, DCT, zig- zag scan, quantizing, run length coding, dan Huffman coding.  Displaced Frame Difference (DFD), yang berarti bahwa tiap jenis gambar yang berbeda dikompresi dengan teknik yang berbeda.

5 DCT  Contoh image 8x8 image data dikurangi: -128=

6 DCT & IDCT  Output DCT :

7 IDCT  Rumus IDCT :

8 Video Streaming  Video streaming adalah video terkompres yang dikirim melalui Internet sebagian demi sebagian dan segera dimainkan (di-play back) ketika sampai di peralatan penerima (komputer atau smartphone), tanpa di-save ke dalam harddisk. Dengan media streaming penerima tidak perlu menunggu sampai seluruh isi file video terunduh (download) ke dalam harddisk baru mulai dimainkan.  Media streaming merupakan pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real- time oleh aplikasi pada komputer klien.

9 Video Streaming  Live streaming: pengiriman file streaming melalui Internet dilakukan pada saat kejadian sedang berlangsung secara live. Sebagai contoh video streaming dan audio streaming atau video teleconference.  On-Demand streaming: file digital streaming disimpan di komputer server lalu kirim ke komputer client yang mengakses file tersebut. Sebagai contoh rekaman video klip Michael Jackson di siaran berita liputan6 pagi di  Format Video Streaming : ◦Format Real Media (.rm/.ra/.ram) ◦Windows Media (.asf/.wmf/.asx) ◦QuickTime (.mov). ◦MPEG

10 Proses Video Streaming


Download ppt "Kompresi JPEG,MPEG, dan Video Streaming Rachmatullah A.N. 0710633067."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google