Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sumber, Jenis Limbah Cair dan Efeknya terhadap Kesehatan Masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sumber, Jenis Limbah Cair dan Efeknya terhadap Kesehatan Masyarakat."— Transcript presentasi:

1

2 Sumber, Jenis Limbah Cair dan Efeknya terhadap Kesehatan Masyarakat

3 1. Limbah cair: Sumbernya:  Rumah Tangga  Pertanian  Industri

4 2. Komposisi limbah cair dikelompokkan dlm tiga jenis: 1). Fisika; 2). Kimia; 3). Bahan Radioaktif.

5 3. Aspek Fisika meliputi:  Suhu  Bahan padat terlarut  Bahan padat tersuspensi (hidrosol)

6 4. Aspek Kimia diklasifikasi sbb: 1). Aspek Keasaman 2). Logam berat: Cr, Cd, Hg, Pb, Ni, Cu, Co, St 3). Bahan lain: Fe, Mn, Zn,Ba, As, Se, F, CN, Chlorin, NH3, NO2, NO3, Phenol, Methilen blue, BOD, COD; 4). Bahan Minyak dan Pestisida termasuk PCB.

7 5. Aspek Radioaktif: diidentifikasi dari adanya pancaran sinar radioaktif alpha, beta, dan gama dari bahan radio-nuklida.

8 6. Dampak Kesehatan Masyarakat dari limbah cair: amat tergantung pada berapa kadar atau konsentrasi yang berhasil kontak/diserap tubuh.

9 Proses Terjadinya Gangguan Kesehatan : Environmental Changes Environmental Agents port of entry biotransformation target cells / organs Health Effects - Individuals - population Biological Process

10 7. Analisis toksikologi dampak: 1) Fase Eksposisi; 2). Fase Absorbsi bahan; 3). Fase Kinetika bahan di tubuh; 4). Fase Interaksi dg sistem biologis; 5). Fase Ekskresi bahan dari tubuh.

11 8. Alternatif masuk-keluarnya bahan ke/dari tubuh lewat jalur: - sistem pernapasan (hidung); - sistem pencernaan (mulut-anus); - sistem uro-genitalis (urine); - kulit.

12 9. Absorbsi dan Kinetika bahan:  melalui sistem peredaran darah  melibatkan fungsi hati untuk proses biotransformasi.

13 10. Aspek toksodinamika melalui: 1). Iritasi-inflamasi; 2). Fibrosis; 3). Gangguan metabolisme; 4). Gangguan hormonal - enzymatik; 5). Reaksi Alergi; 6). Teratogenik; 7). Karsinogenik; 8). Mutagenik.

14 11. Aspek Fisika dari limbah cair: - tergantung macam bahan yang terlarut-tersuspensi - aspek suhu > > luka bakar, umumnya pada kulit.

15 12. Aspek Kimia juga tergantung pada jenis bahannya: terkait dengan bahan kimia dengan toksisitas tinggi seperti:  logam berat,  bahan beracun lain seperti arsen, sianida, dan pestisida.

16 13. Aspek radioaktif berdampak tergantung: - kuatnya atau dosis sinar radioaktif yang diterima tubuh, - dampak bisa bersifat sistemis maupun lokal bagian tubuh tertentu.

17 14. Keasaman limbah cair: apakah terlalu asam atau terlalu basa memberi dampak iritasi bagian tubuh yang kontak dengan bahan itu.

18 15.Logam berat berdampak: 1). Cr: peradangan kulit secara khronis oleh proses alergi, bisa sampai pada tukak besar yang susah sembuhnya; 2). Cd: efek pada pencernaan berupa muntah-diare dan merusak ginjal dikenal sebagai penyakit itai-itai;

19 3). Hg: efek berat pada sistem syaraf pusat dan dikenal sebagai penyakit Minamata; 4).Pb: menganggu kecerdasan, menyebabkan anemia, nyeri perut, kelumpuhan saraf, dan nyeri sendi;

20 5). Ni: menyebabkan gatal di kulit dan dampak pada saraf berbentuk kejang sampai koma; 6). Cu: gangguan pencernaan muntah- diare, kram perut; 7). Co: gangguan radang kulit dan membuat iritasi pada mata.

21 18. Gangguan bahan kimia beracun lain berbentuk berikut: 1). As: meracuni sel tubuh dan mengakibatkan muntah-diare- nyeri perut-kelemahan umum- koma, berakhir pada kematian; 2). Se: khas napas bau bawang, iritasi kulit, dan gangguan saraf;

22 3).CN: meracuni metabolisme sel menyebabkan kematian cepat dengan tubuh kebiruan; 4). Cl2: efek iritasi kulit, gangguan pencernaan nyeri ulu hati-muntah- diare yang berat; 5). NH3: iritasi kulit dan mata;

23 6). Phenol: gangguan sistem saraf pusat mengakibatkan pusing, nyeri kepala, pingsan, dan mengakibatkan kerusakan hati dan ginjal dengan urine berwarna kehitaman; 7). NO2-NO3: methhemoglobin darah menyebabkan anemia; 8) PCB: iritasi kulit dan kerusakan hati dan ginjal.

24 19. Bahan radionuklida jika masuk tubuh lalu disimpan dalam organ.  Misalnya bahan radium bila terabsorbsi maka dideposit di tulang.  Bahan itu terus-menerus mengeluarkan sinar radioaktif yang amat merusak sel.  Akibatnya menyebabkan kanker di organ itu dan sekitarnya.


Download ppt "Sumber, Jenis Limbah Cair dan Efeknya terhadap Kesehatan Masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google