Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DATA FLOW DIAGRAM PSI. Data Flow Diagram (DFD) Adalah : Alat pembuatan model yang memungkinkan untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DATA FLOW DIAGRAM PSI. Data Flow Diagram (DFD) Adalah : Alat pembuatan model yang memungkinkan untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses."— Transcript presentasi:

1 DATA FLOW DIAGRAM PSI

2 Data Flow Diagram (DFD) Adalah : Alat pembuatan model yang memungkinkan untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. Sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.

3 Aturan DFD 1. Antar entitas tidak diijinkan terjadi hubungan atau relasi. 2. Tidak boleh ada aliran data antara entitas eksternal dengan data store. 3. Untuk alasan kerapian (menghindari aliran data yang bersilangan), entitas eksternal atau data store boleh digambar beberapa kali dengan tanda khusus, misalnya diberi nomor 4. Satu aliran data boleh mengalirkan beberapa paket data. 5. Bentuk anak panah aliran data boleh bervariasi 6. Semua objek harus mempunyai nama. 7. Aliran data selalu diawali atau diakhir dengan proses. 8. Semua aliran data harus mempunyai tanda arah.

4 KOMPONEN DATA FLOW DIAGRAM Menurut Yourdan dan DeMarco

5 KOMPONEN DATA FLOW DIAGRAM… Menurut Gene dan Serson

6 1. Komponen Terminator / Entitas Luar Terminator mewakili entitas eksternal yang berkomunikasi dengan sistem yang sedang dikembangkan Terminator dapat berupa orang, sekelompok orang, organisasi, departemen di dalam organisasi, atau perusahaan, departemen, divisi

7 Jenis Terminator 1. Terminator Sumber (source) : merupakan terminator yang menjadi sumber. 2. Terminator Tujuan (sink) : merupakan terminator yang menjadi tujuan data / informasi sistem.

8 Contoh

9 2. Komponen Proses  Menggambarkan bagian dari sistem yang mentransformasikan input menjadi output. Proses diberi nama untuk menjelaskan proses/kegiatan apa yang sedang/akan dilaksanakan. Pemberian nama proses dilakukan dengan menggunakan kata kerja transitif (kata kerja yang membutuhkan obyek), seperti Menghitung Gaji, Mencetak KRS, Menghitung Jumlah SKS.

10 Penggambaran Hubungan Proses dengan Input dan Output

11 Penting !!!! Proses harus memiliki input dan output. Proses dapat dihubungkan dengan komponen terminator, data store atau proses melalui alur data. Sistem/bagian/divisi/departemen yang sedang dianalisis digambarkan dengan komponen proses.

12 Perhatikan Gambar Berikut

13 Menurut Anda Gambar tadi BENAR atau SALAH?

14 Jawaban ??? SALAH

15 Mengapa? Proses mempunyai input tetapi tidak menghasilkan output. Kesalahan ini disebut dengan black hole (lubang hitam), karena data masuk ke dalam proses dan lenyap tidak berbekas seperti dimasukkan ke dalam lubang hitam (lihat proses 1). Proses menghasilkan output tetapi tidak pernah menerima input. Kesalahan ini disebut dengan miracle (ajaib), karena ajaib dihasilkan output tanpa pernah menerima input (lihat proses 2).

16 3. Komponen Data Store Data store ini biasanya berkaitan dengan penyimpanan-penyimpanan, seperti file atau database yang berkaitan dengan penyimpanan secara komputerisasi, misalnya file disket, file harddisk, file pita magnetik. Data store juga berkaitan dengan penyimpanan secara manual seperti buku alamat, file folder, dan agenda.

17 Alur Data Store Alur data dari data store yang berarti sebagai pembacaan atau pengaksesan satu paket tunggal data, lebih dari satu paket data, sebagian dari satu paket tunggal data, atau sebagian dari lebih dari satu paket data untuk suatu proses Alur data ke data store yang berarti sebagai pengupdatean data, seperti menambah satu paket data baru atau lebih, menghapus satu paket atau lebih, atau mengubah/memodifikasi satu paket data atau lebih

18 Alur Data Dari Data Store

19 Alur data ke data store

20 4. Komponen Data Flow / Alur Data Suatu data flow / alur data digambarkan dengan anak panah, yang menunjukkan arah menuju ke dan keluar dari suatu proses. Alur data digunakan untuk menerangkan perpindahan data atau paket data/informasi dari satu bagian sistem ke bagian lainnya. Alur data pada model dapat merepresentasikan bit, karakter, pesan, formulir, bilangan real, dan macam-macam informasi yang berkaitan dengan komputer, dapat merepresentasikan data/informasi yang tidak berkaitan dengan komputer

21 Penggambaran Alur Data Konsep Paket Data (Packets of Data) Konsep Alur Data Menyebar (Diverging Data Flow) Konsep Alur Data Mengumpul (Converging Data Flow) Konsep Sumber atau Tujuan Alur Data

22 Penggambaran Alur Data Konsep Paket Data (Packets of Data) Apabila dua data atau lebih mengalir dari suatu sumber yang sama menuju ke tujuan yang sama dan mempunyai hubungan, dan harus dianggap sebagai satu alur data tunggal, karena data itu mengalir bersama-sama sebagai satu paket.

23 Konsep Paket Data (Packets of Data) MANA GAMBAR YANG BENAR????

24 Konsep Alur Data Menyebar (Diverging Data Flow) Alur data menyebar menunjukkan sejumlah tembusan paket data yang yang berasal dari sumber yang sama menuju ke tujuan yang berbeda, atau paket data yang kompleks dibagi menjadi beberapa elemen data yang dikirim ke tujuan yang berbeda, atau alur data ini membawa paket data yang memiliki nilai yang berbeda yang akan dikirim ke tujuan yang berbeda.

25 Contoh

26 Konsep Alur Data Mengumpul (Converging Data Flow) Beberapa alur data yang berbeda sumber bergabung bersama-sama menuju ke tujuan yang sama.

27 Contoh

28 Konsep Sumber atau Tujuan Alur Data Semua alur data harus minimal mengandung satu proses. Maksudnya adalah : Suatu alur data dihasilkan dari suatu proses dan menuju ke suatu data store dan/atau terminator (a) Suatu alur data dihasilkan dari suatu data store dan/atau terminator dan menuju ke suatu proses (b) Suatu alur data dihasilkan dari suatu proses dan menuju ke suatu proses (c)

29 Contoh

30


Download ppt "DATA FLOW DIAGRAM PSI. Data Flow Diagram (DFD) Adalah : Alat pembuatan model yang memungkinkan untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google