Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 4 AKUN DAN MANFAATNYA. Pengertian AKUN Akun adalah suatu media untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan atau sumber daya yang dimiliki perusahaan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 4 AKUN DAN MANFAATNYA. Pengertian AKUN Akun adalah suatu media untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan atau sumber daya yang dimiliki perusahaan,"— Transcript presentasi:

1 BAB 4 AKUN DAN MANFAATNYA

2 Pengertian AKUN Akun adalah suatu media untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan atau sumber daya yang dimiliki perusahaan, seperti aktiva, hutang, modal, penghasilan dan beban.

3 AKUN T AKUN T Nama Perkiraan Sisi DebetSisi Kredit

4 AKUN DUA KOLOM Saldo KreditSaldo Debet Total KreditTotal Debet 7 4 53 4 2 Jan 2 1 2006 KreditRefKeterangan TanggalDebetRefKeterangan Tanggal

5 AKUN EMPAT KOLOM KreditDebet S a l d o KreditDebetRefKeteranganTanggal 4 3 2 Jan1 2006

6 PENGELOMPOKAN AKUN  Akun-akun neraca atau disebut juga akun riil,yaitu semua Akun yang terdapat di dalam neraca, seperti Akun aktiva, Akun hutang dan Akun modal.  Akun-akun perhitungan hasil usaha, atau disebut juga akun nominal, yaitu semua Akun yang terdapat di dalam laporan hasil usaha, yang mencakup Akun pendapatan dan Akun beban.

7 Buku Besar Akun Rill Akun Hutang Akun Aktiva Akun Biaya Akun Pendapatan Akun Modal Akun Nominal

8 PEDOMAN PENGISIAN AKUN + - AktivaHutang + - + - Modal + - Penjualan + - Beban + - Prive / Diveden

9 BUKU BESAR (GENERAL LEDGER) Buku Besar adalah kumpulan dari semua Akun/perkiraan yang dimiliki suatu perusahaan yang saling berhubungan satu dengan lainnya dan merupakan suatu kesatuan.

10 NERACA PERCOBAAN Neraca Saldo (Neraca Percobaan) adalah suatu daftar yang berisi seluruh Akun yang ada di dalam buku besar beserta saldo akhirnya pada akhir suatu periode akuntansi tertentu. Neraca Saldo (Neraca Percobaan) adalah suatu daftar yang berisi seluruh Akun yang ada di dalam buku besar beserta saldo akhirnya pada akhir suatu periode akuntansi tertentu.

11 LAPORAN KEUANGAN Perhitungan Hasil usaha adalah suatu laporan yang menunjukkan kemampuan koperasi dalam menghasilkan SHU dalam suatu periode akuntansi atau satu tahun.

12 LAPORAN KEUANGAN N e r a c a adalah suatu daftar yang menunjukkan posisi sumberdaya yang dimiliki koperasi, serta informasi dari mana sumber daya tersebut diperoleh.

13 AKUN-AKUN DALAM KOPERASI Kas Kas Piutang Anggota Piutang Anggota Perlengkapan kantor Perlengkapan kantor Peralatan kantor Peralatan kantor Uimtang usaha Uimtang usaha Utang Bank Utang Bank Simpanan sukarela Simpanan sukarela Dana-dana : Dana Anggota, Dana Pengurus, Dana Pegawai, Dana Pendidikan, Dana Pembangunan daerah kerja, Dana sosial. Dana-dana : Dana Anggota, Dana Pengurus, Dana Pegawai, Dana Pendidikan, Dana Pembangunan daerah kerja, Dana sosial. Simpanan pokok Simpanan pokok

14 AKUN-AKUN DALAM KOPERASI Simpanan wajib Simpanan wajib Modal sumbangan Modal sumbangan Modal Penyertaan Modal Penyertaan Cadangan Cadangan Partisipasi Bruto Partisipasi Bruto Partisipasi neto Partisipasi neto Pendapatan dari non anggota Pendapatan dari non anggota Beban operasional Beban operasional Beban pokok Beban pokok Beban perkoperasian Beban perkoperasian Sisa Hasil Usaha (SHU) Sisa Hasil Usaha (SHU)

15 Contoh: manfaat akun dalam akuntansi Pada awal tahun 2010, karyawan PT Duta Niaga yang berlokasi di suatu kawasan industri di Jakarta, ingin mendirikan koperasi. Direncanakan koperasi ini akan memiliki bidang usaha utama jasa simpan pinjam. Didirikan koperasi oleh 200 orang karyawan perusahaan tsb. Dan diberi nama Koperasi Sejahtera Mandiri. Untuk aktivitas harian, koperasi ini akan menggunakan salah satu ruangan di perusahaan tsb sebagai kantor.

16 Transaksi sebagai berikut (a) Pada tgl 2 April 2010, 200 orang karyawan PT Duta Niaga, pendiri koperasi, menyerahkan uang sebesar Rp500.000. per orang sebagai simpanan pokok anggota koperasi. (b) Tgl 6 april 2010, Koperasi Sejahtera Mandiri membeli peralatan kantor, spt kursi, meja, lemari arsif, komputer, printer dsb. Seharga Rp22.000.000. Pembelian peralatan kantor ini sebagian dibayar secara tunai dan sebagian secara kredit dari Toko ABC, salah satu supplier PT Duta Niaga. Dari jumlah itu, sebesar Rp7.000.000, telah dibayar tunai dan sisanya akan dibayar dalam waktu 4 bulan.

17 (c) Tgl 7 april 2010, Koperasi Sejahtera Mandiri membeli perlengkapan kantor, spt kertas, pulpen dsb. Seharga Rp2.000.000. Pembelian ini dilakukan secara tunai dengan menggunakan uang Koperasi Sejahtera Mandiri. (d) Pd tgl 2 Mei 2010, setiap anggota koperasi menyetorkan uang sebesar Rp25.000 per orang sbg simpanan wajib anggota. (e) Pd tgl 5 Mei 2010, Koperasi Sejahtera Mandiri memperoleh kredit usaha dari Bank Mandiri sebesar Rp60.000.000

18 (f) Pd tgl 6 mei 2010, sejumlah anggota koperasi menyimpan uangnya sbg simpanan sukarela sebesar Rp12.000.000 di Koperasi Sejahtera Mandiri. (g) Pd tgl 10 Mei 2010, Koperasi Sejahtera Mandiri memberikan pinjaman uang kpd 24 orang anggotanya sebesar Rp5.000.000 per orang, dengan nilai total pinjaman sebesar Rp120.000.000 dengan tingkat bunga sebesar 3% per bulan.

19 (h) Pd tgl 29 Mei 2010, anggota koperasi yang meminjam uang pada koperasi membayar angsuran pokok, bunga pinjaman, dan jasa provisi sebesar Rp18.000.000. Dari jumlah itu, sebesar Rp12.000.000 merupakan angsuran pokok pinjaman, sebesar Rp3.600.000 merupakan pembayaran bunga pinjaman, dan sebesar 2.400.000 merupakan jasa provisi. Pd tgl 30 Mei 2010, dibayar gaji 2 orang karyawan koperasi sebesar Rp600.000 per orang. Kedua karyawan mulai bekerja tgl 1 Mei 2010. Pd saat yg sama, koperasi membayar beban bunga pinjaman ke Bank Mandiri sebesar Rp900.000. (j) Pd tgl 31 Mei 2010, Koperasi Sejahtera Mandiri membayar sebagian utangnya


Download ppt "BAB 4 AKUN DAN MANFAATNYA. Pengertian AKUN Akun adalah suatu media untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan atau sumber daya yang dimiliki perusahaan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google