Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Cristin Dita Irawati PGSD USD 2011.  Rongga Mulut Proses pencernaan pertama kali terjadi di dalam rongga mulut. Di dalam rongga mulut, makanan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Cristin Dita Irawati PGSD USD 2011.  Rongga Mulut Proses pencernaan pertama kali terjadi di dalam rongga mulut. Di dalam rongga mulut, makanan."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Cristin Dita Irawati PGSD USD 2011

2  Rongga Mulut Proses pencernaan pertama kali terjadi di dalam rongga mulut. Di dalam rongga mulut, makanan di kunyah dan dihancurkan oleh gigi, dibantu oleh lidah. Dalam rongga mulut juga ada enzim yang membantu pencernaan yaitu enzim amilase. Gigi manusia terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. (Kurang gambar)

3 1) Gigi seri berbentuk pahat berfungsi untuk mencengkeram dan memotong makanan. 2) Gigi taring berbentuk lancip dan runcing, berfungsi untuk menusuk dan mengoyak makanan. 3) Gigi geraham berbentuk rata bergerigi, berfungsi untuk mengunyah makanan Lidah juga membantu pencernaan makanan di dalam mulut. Dengan adanya lidah, kita dapat mengecap rasa manis, asin, asam, dan pahit. Lidah berfungsi dalam membantu proses menelan dan pencampuran makanan dalam mulut. Mengapa ketika kamu mengunyah nasi, lamakelamaan akan terasa manis? Di dalam mulut terdapat enzim untuk membantu pencernaan. Enzim tersebut dihasilkan oleh kelenjar ludah. Enzimnya disebut amilase. Enzim amilase berfungsi untuk mengubah zat tepung (amilum) menjadi zat gula.

4 Setelah dicerna di dalam mulut, makanan akan masuk ke dalam kerongkongan. Makanan didorong oleh otot kerongkongan menuju lambung. Gerakan otot ini disebut gerak peristaltik. Gerak peristaltik inilah yang menyebabkan makanan terdorong hingga masuk ke lambung Di pangkal leher, terdapat dua saluran, yaitu batang tenggorok dan kerongkongan. Batang tenggorok merupakan saluran pernapasan, sedangkan kerongkongan merupakan saluran makanan. Kedua saluran ini dipisahkan oleh sebuah katup. Jika kamu sedang makan, katup akan menutup. Ketika kamu bernapas, katup akan terbuka. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan berbicara ketika sedang makan. Jika kamu berbicara ketika makan, saluran pernapasan terbuka. Apabila makanan masuk ke tenggorokan, kamu dapat tersedak.

5  Dari kerongkongan, makanan masuk ke lambung. Di dalam lambung, makanan dicerna secara kimiawi dengan bantuan enzim yang disebut pepsin. Pepsin berperan mengubah protein menjadi pepton. Di dalam lambung terdapat asam klorida yang menyebabkan lambung menjadi asam. Asam klorida dihasilkan oleh dinding lambung. Asam klorida berfungsi untuk membunuh kuman penyakit dan mengaktifkan pep sin. Ketika proses pencernaan terjadi di lambung, otot-otot dinding lambung berkontraksi. Hal tersebut menyebabkan makanan akan tercampur dan teraduk dengan enzim serta asam klorida. Secara bertahap, makanan akan menjadi berbentuk bubur. Kemudian, makanan yang telah mengalami pencernaan akan bergerak sedikit demi sedikit ke dalam usus halus.

6  Usus halus merupakan tempat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Usus halus terbagi menjadi 3 bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap. Di dalam usus halus terdapat dua proses pencernaan, yaitu pencernaan secara kimiawi dan proses penyerapan sari makanan. Di dalam usus dua belas jari, terjadi pencernaan makanan dengan bantuan getah pankreas. Getah pankreas dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Getah pankreas mengandung enzim-enzim, seperti enzim amilase, enzim tripsin, dan enzim lipase.

7 Usus kosong terdapat di antara usus dua belas jari dan usus penyerapan. Di dalam usus kosong terjadi pula proses pencernaan secara kimiawi. Usus kosong memiliki dinding yang dapat menghasilkan getah pencernaan. Usus penyerapan adalah tempat penyerapan sari-sari makanan. Sari makanan adalah makanan yang telah dicerna secara sempurna. Di dalam usus penyerapan terdapat bagian yang di sebut vili. Vili banyak mengandung pembuluh darah. Vili inilah yang dapat menyerap sari-sari makanan.

8 Setelah melewati usus halus, sisa makanan masuk ke usus besar. Usus besar terbagi atas usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun. Perhatikan Di dalam usus besar, sisa makanan mengalami pembusukan. Pembusukan ini dibantu oleh bakteri Escherichia coli. Air dan garam mineral dari sisa ma kanan tersebut, akan diserap oleh usus kembali. Setelah itu, sisa makanan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk tinja (feses).

9 1. Mag (Radang Lambung) Penyakit ini ditandai dengan gejala lambung terasa perih dan mual. Penyakit mag disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika kita tidak segera makan pada saat lapar, lambung menjadi kosong. Akibatnya, asam lambung (asam klorida) yang dihasilkan untuk mencerna makanan melukai lambung.

10 2. Apendisitis (Radang Umbai Cacing) Radang pada umbai cacing ditandai dengan sakit pada perut sebelah kanan bawah dan biasanya disertai demam. Umbai cacing (apendiks) adalah tonjolan kecil pada usus buntu (sekum). Penyakit ini disebabkan adanya makanan yang masuk di apendiks dan membusuk. Pembusukan makanan di apendiks tersebut dapat mengakibatkan radang.

11 3. Disentri Penyakit disentri disebabkan oleh bakteri. Alat pencernaan yang diserang yaitu usus. Penyakit ini ditandai dengan muntah-muntah dan buang air besar terusmenerus. Disentri dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan makanan dan perlengkapan makan.

12 4. Sembelit Gejala penyakit sembelit yaitu susah buang air besar. Penyakit ini disebabkan makanan yang kita makan kurang berserat. Makanan kurang serat dapat mengganggu proses pencernaan. Serat makanan membantu penyerapan air di usus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air. Akibatnya, sisa makanan menjadi padat sehingga sulit dikeluarkan. Contoh makanan berserat yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan.

13 a. Makan makanan yang bergizi dan seimbang b. Menjaga kebersihan alat-alat makan dan bahan makanan. c. Minum air putih dalam jumlah yang cukup.

14 d. Makan secara teratur. e. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi secara teratur. f. Menghindari makanan yang terlalu panas dan dingin. g. Mengurangi makanan yang mengandung banyak gula, misalnya permen dan cokelat.

15 h. Mencuci tangan sebelum makan. i. Biasakan mengunyah makanan sampai halus agar mudah dicerna oleh lambung. j. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, misalnya buah-buahan dan sayur-sayuran

16

17 Pilihalah jawaban di bawah ini dengan benar, dengan melingkari salah satu jawaban yang paling benar ! 1. Jenis gigi seri berfungsi untuk.... a. memotong makanan b. mengoyak makanan c. mengunyah makanan d. membalik makanan 2. Makanan setelah dicerna akan diserap dan disalurkan ke seluruh bagian tubuh. Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada.... a. lambung b. usus halus c. usus besar d. kerongkongan

18 3. Pencernaan makanan secara kimiawi terjadi di.... a. mulut dan kerongkongan b. kerongkongan dan lambung c. lambung dan usus halus d. lambung dan usus besar 4. Lambung menghasilkan beberapa cairan yang membantu pencernaan makanan. Salah satunya yaitu asam klorida yang berfungsi untuk.... a. menyerap sari makanan b. membunuh kuman yang masuk bersama makanan c. melarutkan makanan yang keras d. menghaluskan makanan

19 5. Enzim ptialin berfungsi untuk mencerna karbohidrat menjadi zat-zat yang lebih sederhana. Enzim ptialin ini terdapat di dalam.... a. usus halus b. rongga mulut c. lambung d. kerongkongan 6. Penyakit dengan gejala bibir pecahpecah mudah menyerang jika kita.... a. kekurangan vitamin C b. makan tidak teratur c. kekurangan kalsium d. kekurangan air

20 7. Saat terjadi pergantian musim, banyak orang mudah terserang penyakit. Bahan makanan yang dapat menjaga kondisi badan agar tidak mudah terserang penyakit yaitu.... a. roti dan nasi b. jagung dan singkong c. keju dan sagu d. jeruk dan mangga 8. Menu makanan yang mengandung gizi seimbang yaitu... a. sepiring nasi, sepotong dendeng, sepotong tempe goreng, dan sebuah apel b. sepiring nasi, semangkuk kecil sayur bayam, dan sepotong semangka c. sepiring nasi, semangkuk kecil sayur kacang panjang, sebutir telur asin, dan sebuah pisang d. sepiring nasi, sepotong singkong goreng, sepotong rending daging, dan sebuah jeruk

21 9. Ketika mencuci beras sebelum dimasak, sebaiknya jangan diremas remas terlalu keras. Tindakan ini bertujuan agar.... a. vitamin B1 tidak rusak b. vitamin B1 tidak larut dalam air c. karbohidrat tidak rusak d. karbohidrat tidak larut dalam air 10. Kecambah kacang hijau mempunyai nilai gizi yang lebih baik jika dimakan.... a. mentah, karena kandungan mineralnya tinggi b. masak, karena vitaminnya bertambah c. mentah, karena vitaminnya tidak rusak d. masak, karena mineralnya tidak rusak

22 1. Sebutkan tiga bentuk gigi manusia dan fungsinya! 2. Sebutkan lima macam penyakit pada alat pencernaan dan penyebabnya! 3. Sebutkan lima contoh bahan makanan sumber tenaga! 4. Zat makanan apa yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, tetapi harus terpenuhi? 5. Jelaskan cara mengolah sayuran dari tahap persiapan sampai masak agar nilai gizinya tidak hilang!

23


Download ppt "Oleh : Cristin Dita Irawati PGSD USD 2011.  Rongga Mulut Proses pencernaan pertama kali terjadi di dalam rongga mulut. Di dalam rongga mulut, makanan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google