Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 1.Penyakit Radang Usus Buntu akut (mendadak). Pada kondisi ini gejala yang ditimbulkan tubuh akan panas tinggi, mual-muntah, nyeri perut kanan bawah,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " 1.Penyakit Radang Usus Buntu akut (mendadak). Pada kondisi ini gejala yang ditimbulkan tubuh akan panas tinggi, mual-muntah, nyeri perut kanan bawah,"— Transcript presentasi:

1

2

3  1.Penyakit Radang Usus Buntu akut (mendadak). Pada kondisi ini gejala yang ditimbulkan tubuh akan panas tinggi, mual-muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit agak terbongkok, namun tidak semua orang akan menunjukkan gejala seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, atau mual-muntah saja.

4

5  3.Hambatan aliran lendir ke sekum Appendiks menghasilkan lendir 1-2 ml per hari, lendir itu secara normal dicurahkan ke dalam lubang apendik dan selanjutnya mengalir ke sekum.  Terhambatnya aliran lendir dari appendiks tersebut akan membentuk sumbatan pada appendiks yang menimbulkan peradangan pada daerah appendiks dan infeksi pada appendiks.

6

7

8  Kemungkinan apendisitis dapat diyakinkan dengan menggunakan skor Alvarado.  Sistem skor dibuat untuk meningkatkan cara mendiagnosis apendisitis adalah sbb.:

9 The Modified Alvarado Score Skor GejalaPerpindahan nyeri dari ulu hati ke perut kanan bawah 1 Mual-Muntah1 Anoreksia/kelainan makan, tidak selera makan 1 TandaNyeri di perut kanan bawah2 Nyeri lepas1 Demam diatas 37,5 ° C1 Pemeriksaan LabLeukositosis2

10 The Modified Alvarado Score Skor Hitung jenis leukosit shift to the left 1 Total 10 Interpretasi dari Modified Alvarado Score: 1-4 : sangat mungkin bukan apendisitis akut 5-7 : sangat mungkin apendisitis akut 8-10 : pasti apendisitis akut

11  Diduga kuat berpotensi memunculkan penyakit ganas ini, yaitu:  cara diet yang salah (terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan protein,  rendah serat, obesitas, pernah terkena kanker usus besar, berasal dari keluarga yang memiliki riwayat kanker usus besar, pernah memiliki polip di usus, umur (risiko meningkat pada usia di atas 50 tahun), jarang melakukan aktivitas fisik, sering terpapar bahan pengawet makanan maupun pewarna yang bukan untuk makanan, dan merokok.

12  Selain kelainan genetik, makanan yg dikonsumsi berpengaruh pd timbulnya kanker kolorektal (usus besar).  Salah satu makanan yang terbukti mampu mencegah kanker ini adalah buah apel. Dalam riset laboratorium yang dilakukan para peneliti dari Jerman, Dr Dieter Schrenk, diketahui komponen dalam apel bisa meningkatkan produksi butyrate, untuk menghalangi terbentuknya HDAC (histone deacetlyases).  Menurunnya produksi HDAC akan menekan pertumbuhan sel pra kanker dan sel tumor.

13

14  Kondisi-kondisi lain seperti irritable bowel syndrome (usus besar yang kejang), ulcerative colitis, penyakit Crohn, diverticulosis, dan penyakit bisul perut (peptic ulcer) dapat mempunyai gejala-gejala yang mempunyai kemiripan kanker kolorektal.

15 Menentukan dan mendiagnosa adanya penyakit radang usus buntu (Appendicitis) oleh Pasiennya. Diantaranya adalah: 1. pemeriksaan fisik, 2. pemeriksaan laboratorium dan 3. pemeriksaan radiology

16

17  Dengan tindakan tungkai kanan dan paha ditekuk kuat / tungkai di angkat tinggi-tinggi, Rasa nyeri di perut semakin parah. Kecurigaan adanya peradangan usus buntu semakin bertambah bila pemeriksaan dubur dan atau vagina menimbulkan rasa nyeri juga. Suhu dubur (rectal) yang lebih tinggi dari suhu ketiak (axilla), lebih menunjang lagi adanya radang usus buntu.

18 Pada pemeriksaan laboratorium darah, yang dapat ditemukan adalah kenaikan dari sel darah putih (leukosit) hingga sekitar – /mm3.  Jika terjadi peningkatan yang lebih dari itu, maka kemungkinan apendiks sudah mengalami perforasi (pecah).

19  Foto polos perut dapat memperlihatkan adanya fekalit. Namun pemeriksaan ini jarang membantu dalam menegakkan diagnosis apendisitis.  Ultrasonografi (USG) cukup membantu dalam penegakkan diagnosis apendisitis (71 – 97 %), terutama untuk wanita hamil dan anak-anak.  Tingkat keakuratan yang paling tinggi adalah dengan pemeriksaan CT scan (93 – 98 %). Dengan CT scan dapat terlihat jelas gambaran apendiks.

20

21  Penuhnya Empedu dengan batu tdk akan kita ketahui dlm keadaan normal, baru diketahui setelah dokter melakukan USG Hati dan Empedu.  Menurut Dokter : Operasi kantung empedu dgn mengangkat kantung empedu dengan operasi besar ataupun laparaskopi.  Biaya yang akan kita keluarkan untuk operasi tsb berkisar antara juta. (Untuk operasi saja)

22  Batu empedu tak banyak dirisaukan orang, tapi sebenarnya semua perlu tahu karena kita hampir pasti mengindapnya.  Apalagi karena batu empedu bisa berakhir dengan penyakit kanker. "Kanker sendiri tidak pernah muncul sebagai penyakit pertama" ( Dr. Lai Chiu- Nan)

23  Tahap 1 : Selama lima hari berturut-turut minumlah empat (4) gelas sari buah apel segar setiap hari, atau makanlah empat atau lima buah apel segar (tergantung selera)  Fungsi buah apel berkhasiat melembutkan batu empedu.  Selama masa ini boleh makan seperti biasa.

24

25

26

27  Wasir adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan.  Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan.  Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik.  Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati.

28  Gejala wasir dalam adalah ada darah yang keluar dari anus saat BAB / B uang Air Besar.  Jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus diambil tindakan operasi untuk membuang wasir.  Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal.

29  Gejala wasir dalam adalah ada darah yang keluar dari anus saat bab / buang air besar. Jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus diambil tindakan operasi untuk membuang wasir. Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal.

30  1. Terlalu banyak duduk 2. Diare menahun 3. Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormon 4. Mempunyai riwayat keturunan penderita wasir 5. Hubungan seks yang tidak lazim 6. Penyakit yang membuat mengejan penderita 7. Sembelit / konstipasi / obsitpasi menahun 8. Penekanan kembali aliran darah vena, dll.

31  Sebelum parah sebaiknya kita mengenal seperti apa penyakit wasir pada awal mulanya sehingga kita bisa obati sedini mungkin.  Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus.  Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan mengejan yang bisa memperparah wasirnya.  Selain itu biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.

32  Peningkatan tekanan vena disekitar rectum dan anus yang disebabkan oleh mengejan pada saat buang air besar.  Pada proses kehamilan dan kelahiran.  Beberapa karena faktor keturunan, disebabkan lemahnya klep vena membuka saluran anus pada pembuangan air besar.

33

34  1. Jalankan pola hidup sehat 2. Olah raga secara teratur 3. Makan makanan berserat 4. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc / toilet 5. Jangan merokok, minum minuman keras, narkoba, dll 6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar 7. Minum air yang cukup 8. Jangan menahan kencing dan berak 9. Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan 10. Jangan mengejan / mengeden / ngeden berlebihan 11. Jika tidak ingin pup / bab jangan dipaksa 12. Duduk berendam pada air yang hangat

35  Pengobatan wasir dilakukan berdasarkan tingkat keparahannya.  Bila wasir masih dalam derajat ringan, obat tradisional, terutama herba berkhasiat bisa sebagai alternatif. Menurut buku Terapi Herba, Buah, dan Sayuran 10 Penyakit Utama, ada beberapa resep herba untuk mengatasi wasir.

36

37

38

39

40

41

42

43

44

45

46

47

48

49

50


Download ppt " 1.Penyakit Radang Usus Buntu akut (mendadak). Pada kondisi ini gejala yang ditimbulkan tubuh akan panas tinggi, mual-muntah, nyeri perut kanan bawah,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google