Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelainan Sistem Pencernaan Kholifatun Nurjannah 0910211110.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelainan Sistem Pencernaan Kholifatun Nurjannah 0910211110."— Transcript presentasi:

1 Kelainan Sistem Pencernaan Kholifatun Nurjannah

2 1. Parotis (penyakit gondong): Penyakit yang di sebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar air ludah di bagian bawah telinga. Akibatnya kelenjar ludah menjadi bengkak atau membesar.

3 2. Xerostomia : Istilah bagi penyakit pada rongga mulut yang di tandai rendahnya produksi air ludah,kondisi mulut yang kering membuat makanan kurang tercerna dengan baik.

4 3. Tukak lambung: Terjadi karena adanya luka pada dinding lambung bagian dalam. Maka secara teratur sangat di anjurkan untuk mengurangi resiko timbulnya tukak lambung

5 4. Apendisitis (infeksi usus buntu): Dapat merembet ke usus besar dan menyebabkan radang selaput rongga perut.

6 5. Diare: Penyakit yang di sebabkan oleh infeksi bakteri/protozoa pada usus besar. Karena infeksi tersebut proses penyerapan air di usus besar terganggu akibatnya feses menjadi encer.

7 6. Konstipasi (sembelit): Terjadi akibat penyerapan air yang berlebihan pada sisa makanan di dalam usus besar. Akibatnya feses menjadi sangat keras. Sehingga sulit di keluarkan untuk buang air besar.

8 7. Kanker Kurang lebih 90-95% dari tumor ganas sistem pencernaan berasal dari sel penghasil-mukus usus atau lambung. Tumor ganas dari usus besar hampir selalu berasal dari epitel kelenjarnya dan merupakan penyebab kematian terbanyak kedua di Amerika serikat

9

10 Kanker usus (besar rectum) atau sering disebut kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada jaringan kolon/usus besar atau rektum. Kanker usus besar dan kanker rektum memiliki banyak kesamaan. Kanker usus berkembang secara perlahan selama bertahun-tahun. Sebagian besar kanker bermula sebagai polip usus. Polip adenoma ini dapat berkembang menjadi kanker. Lebih dari 95% dari kanker usus besar dan rektum adalah adenokarsinoma. Kanker ini dimulai pada sel- sel yang melapisi bagian dalam usus besar dan rektum.

11

12 Penyebab kanker usus hingga saat ini belum diketahui pasti. Namun ada beberapa faktor resiko yang meningkatkan terjadinya kanker usus, antara lain:  Usia: golongan orang tua (berusia diatas 50 tahun) lebih beresiko terkena kanker usus  Pola makan minim sayuran dan buah-buahan  Obesitas atau penderita diabetes  Merokok dan/atau pecandu alkohol  Riwayat polip usus atau penyakit usus: orang-orang yang sering mengalami polip usus, penyakit ulcerative colitis ataupun penyakit Crohn, lebih besar resikonya untuk terkena kanker kolorektal  Riwayat kanker usus dalam keluarga: Jika Anda memiliki keluarga dekat (orangtua atau saudara kandung) yang menderita kanker ini, risiko Anda mungkin meningkat.

13  Sering kelelahan,  sesak napas,  diare atau sembelit,  darah merah atau hitam pada feces,  kehilangan berat badan,  sakit perut,  kejang-kejang,  kembung.

14 Beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah:  Kolonoskopi: teropong usus besar  Guaiac Fecal Occult Blood Test (‘gFOBT): untuk menemukan darah dalam tinja -gejala awal kanker usus, biasanya dilanjutkan dengan kolonoskopi  Enema barium: tablet barium dimasukkan ke dalam usus besar melalui anus kemudian dilakukan foto rontgen  Digital Rectal Examinations (DRE): colok dubur  Test penanda tumor CEA dan CA 19-9, yaitu melalui pengambilan sample darah untuk meneliti adanya peningkatan protein tertentu yang terkait dengan keberadaan kanker usus.

15  Stadium 0 merupakan tahap ditemukannya sel-sel kanker hanya pada lapisan terdalam kolon atau rektum.  Stadium I merupakan tahapan dimana sel-sel kanker telah tumbuh ke dinding dalam kolon atau rektum, tetapi tapi belum tembus keluar.  Stadium II merupakan tahapan kanker yang mungkin telah menyerang jaringan di sekitarnya, tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening.  Stadium III merupakan tahapan dimana kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya, tetapi belum menyebar ke bagian tubuh yang lain.  Stadium IV merupakan tahapan kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh yang lain, misalnya hati atau paru-paru.

16

17 Empat jenis utama pengobatan untuk kanker kolorektal adalah: - Pembedahan - Radioterapi - Kemoterapi - Target terapi Tergantung pada tahap kanker anda, dua atau lebih jenis pengobatan dapat digunakan pada saat yang sama, atau dilakukan satu persatu.

18 Tindakan terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker usus adalah :  rajin mengkonsumsi serat (biji-bijian, buah- buahan dan sayuran).  Hindari makanan yang berbahan pewarna, pengawet, alcohol dan rokok.  Banyak minum air putih  hindari stress.  Dapat meminum supplemen vitamin dan herbal, untuk meningkatkan daya tahan Anda.

19  pencernaan.htm pencernaan.htm  gejala-kanker-usus-besar.htm gejala-kanker-usus-besar.htm  usus.htm usus.htm  1.html 1.html  n=com_content&view=article&id=77 n=com_content&view=article&id=77

20


Download ppt "Kelainan Sistem Pencernaan Kholifatun Nurjannah 0910211110."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google