Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

. PATOFISOLOGI SISTEM DIGESTIF PADA PENYAKIT ESOFAGUS, LAMBUNG DAN USUS HALUS Di susun Oleh : Aep Nurul Hidayah (RM 126201) Sri Dewi Sulastri (RKM 126214)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: ". PATOFISOLOGI SISTEM DIGESTIF PADA PENYAKIT ESOFAGUS, LAMBUNG DAN USUS HALUS Di susun Oleh : Aep Nurul Hidayah (RM 126201) Sri Dewi Sulastri (RKM 126214)"— Transcript presentasi:

1 . PATOFISOLOGI SISTEM DIGESTIF PADA PENYAKIT ESOFAGUS, LAMBUNG DAN USUS HALUS Di susun Oleh : Aep Nurul Hidayah (RM ) Sri Dewi Sulastri (RKM )

2 Pokok – Pokok Bahasan 1. Penyakit Pada Esofagus 2. Penyakit Pada Lambung 3. Penyakit Pada Usus Halus

3 1.Oesophagitis 2.Trauma esofagus 3.Kanker esofagus Penyakit Pada Esofagus

4 Oesophagitis 1. Pengertian Oesophagitis adalah suatu peradangan pada lapisan esofagus, saluran yang membawa makanan dari tenggorokan ke perut. Istilah umum untuk setiap peradangan, iritasi, dan pembengkakan kerongkongan, tabung yang mengarah dari bagian belakang mulut ke perut. 2. Etiologi Esofagitis disebabkan oleh infeksi atau iritasi di kerongkongan. Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri : Virus Jamur Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh

5 Trauma Esofagus 1. Pengertian Trauma adalah adalah cedera, baik fisik atau psikis (Dorland, 1998). Trauma esofagus adalah benda baik tajam atau tumpul, atau makanan yang tesangkut dan tejepit di esophagus karena tertelan. Baik secara sengaja maupun tidak sengaja. 2. Etiologi Pada anak penyebabnya antara lain adalah anomaly congenital, termaksud stenosis congenital, web, fistel trauma esophagus, dan pelebaran pembulu darah. Pada orang dewasa sering terjadi akibat mabuk, pemakai gigi palsu yang telah kehilangan sensasi rasa palatum, gangguan mental, dan psikosis.

6 Kanker Esofagus (Karsinoma Esofagus) 1. Pengertian Karsinoma esofagus merupakan pertumbuhan baru yang ganas terdiri dari sel-sel epitel yang cenderung menginfiltrasi jaringan sekitar esofagus dan menimbulkan metastafe pada saluran esofagus. (Dorland : 349, 2002) 2. Etiologi Faktor yang menyebabkan iritasi pada sel di dalam esofagus dan meningkatkan risiko kanker esofagus antara lain: Alkohol Cairan empedu yang naik Mengunyah tembakau Sulit menelan yang disebabkan achlasia Minum cairan yang terlau panas Kurang makanan buah dan sayuran Makan makanan awetan Gastroesophageal reflux disease (GERD) Obesitas Perubahan sel pra kanker pada esofagus (Barret’s esophagus) Pengobatan radiasi pada dada atau perut bagian atas Merokok

7 Penyakit Pada Lambung 1.Gastritis 2.Kanker Lambung

8 Gastritis 1. Pengertian Gastritis adalah peradangan atau iritasi pada lapisan perut, bukan penyakit tunggal. Sebaliknya, gastritis adalah suatu kondisi yang memiliki banyak penyebab. Umum bagi semua orang dengan gastritis adalah nyeri atau ketidaknyamanan di bagian atas perut (abdomen). 2. Etiologi Pola makan yang tidak teratur Jenis makanan yang terlalu pedas / asam Stres Emosi Pemakaian obat Adanya penyakit seperti luka bakar, pembedahan gagal ginjal. Alkohol dan rokok.

9 Kanker Lambung 1. Pengertian Kanker lambung adalah kanker yang berkembang di bagian perut dan dapat menyebar ke organ lainnya, terutama esofagus atau kanker ganas yang menyerang lambung, faktor risiko untuk kanker lambung adalah kebiasaan makan yang tidak sehat, radang lambung (gastritis kronis), polip, asap rokok dan alkohol. 2. Etiologi Perut terasa kembung Anemia Mudah lelah Berat badan menurun Seusai makan perut terasa penuh Bau mulut Muntah darah Kehilangan nafsu makan Nyeri perut bagian atas

10 Penyakit Pada Usus Halus 1.Dyspepsia 2.Ulkus Peptikum (Luka Usus) 3.Kanker Usus Halus

11 1. Pengertian Dyspepsia adalah penyakit yang menyerang usus dan mengindikasikan abnormalitas dalam sistem pencernaan. Dyspepsia lebih sering dikenal dengan nama indigestion (gangguan pencernaan). 2. Etiologi Pertumbuhan bakteri yang berlebihan dari usus kecil. Asupan kalsium tidak memadai dan menyebabkan osteoporosis Borok di usus duabelas jari atau lambung. Jenis ini kerap dinamai peptic ulcer. Efek samping obat-obatan tertentu, misalnya obat-obatan anti peradangan atau obat-obatan lain (misalnya antibiotik dan steroid). Dyspepsia

12 Ulkus Peptikum (Luka Usus) 1. Pengertian Ulkus Peptikum adalah luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi karena lapisan lambung atau usus dua belas jari (duodenum) telah termakan oleh asam lambung dan getah pencernaan. 2. Etiologi Etiologi dari ulkus peptikum, antara lain: Asam getah lambung terhadap resistensi mukosa. Golongan darah. Susunan saraf pusat Inflamasi bacterial Inflamasi non bacterial Infark Factor hormonal Tukak peptic akibat obat-obatan Herideter Berhubungan dengan penyakit lain (hernia diafragmatika, sirosis hati) (Hadi Sujono hal ).

13 Kanker Usus Halus 1. Pengertian Kanker usus halus adalah kanker yang mengenai organ usus halus atau usus kecil. 2. Etiologi Adapun penyebab – penyebab yang sering ditemukan pada penderita kanker usus halus adalah : Karena usia tua Kegemukan Sering merokok sering meminum minuman beralkohol Memiliki pola makan yang jelek dalam artian kurang memperhatikan waktu makan Makanan yang dimakannya juga tidak bergizi, seperti makanan dan minuman instan.

14 KESIMPULAN Sistem pencernaan atau sistem gastroinstestinal (mulai dari mulut sampai anus) adalah sistem organ dalam manusia yang berfungsi untuk menerima makanan, mencernanya menjadi zat-zat gizi dan energi, menyerap zat-zat gizi ke dalam aliran darah serta membuang bagian makanan yang tidak dapat dicerna atau merupakan sisa proses tersebut dari tubuh. Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia dibagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari - sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa - sisa makanan melalui anus.

15


Download ppt ". PATOFISOLOGI SISTEM DIGESTIF PADA PENYAKIT ESOFAGUS, LAMBUNG DAN USUS HALUS Di susun Oleh : Aep Nurul Hidayah (RM 126201) Sri Dewi Sulastri (RKM 126214)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google